Sukses

Paulo Bento Masuk Nominasi Pelatih Nasional Pria Terbaik 2022 oleh IFFHS

Paulo Bento resmi masuk ke dalam daftar nominasi Pelatih Nasional Pria Terbaik Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Nama Paulo Bento, mantan kepala pelatih tim nasional sepak bola Korea selatan masuk ke dalam kategori untuk nominasi penghargaan Pelatih Nasional Pria Terbaik oleh Federasi Internasional Sejarah Sepak Bola dan Statistik (IFFHS) pada Senin, (26/12/22).

Menurut pengumuman resmi IFFHS di laman resminya pada Minggu, (25/12/22) waktu setempat, Bento masuk ke dalam kategori nominasi tersebut bersama dengan Lionel Scaloni dari Argentina, dan Didier Deschamps dari Prancis.

Dilansir dari Yonhap, pencalonan Bento ini dinilai berdasarkan pencapaian dirinya atas penampilan tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2022 Qatar. Bento berhasil memboyong The Taeguk Warriors melaju hingga babak 16 besar dalam 12 tahun sejarah sepak bola negeri Ginseng tersebut.

Pelatih lainnya dari tim Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang juga mendapatkan nominasi dalam kategori ini adalah Graham Arnold dari Australia, Hajime Moriyasu dari Jepang, dan Herve Renard dari Arab Saudi.

Kategori pelatih tim nasional terbaik ini sudah ada sejak tahun 1996, mantan pelatih Spanyol Vicente del Bosque menerima kemenangan terbanyak dengan empat kemenangan pada 2009, 2010, 2012, 2013.

Tahun 2021 lalu, Roberto Mancini, yang memimpin tim nasional Italia memenangkan Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA juga mendapatkan penghargaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bersama Son Heung Min

Tak hanya Paulo Bento yang masuk dalam nominasi kategori pelatih tim nasional pria terbaik oleh IFFHS, sang pemain unggulan dari Korea Selatan pun juga masuk ke dalam daftar penghargaan.

Son Heung Min menjadi satu-satunya pemain Asia di antara 20 nominee Pemain Sepak Bola Pria Terbaik Dunia seperti Lionel Messi (Argentina, Paris Saint-Germain), Kylian Mbappe (Prancis, Paris Saint-Germain), Karim Benzema (Prancis, Real Madrid), Erling Haaland (Norwegia, Manchester City), Harry Kane (Inggris, Tottenham ), dan Mohamed Salah (Mesir, Liverpool).

Tambahan, Nama Son Heung Min juga kembali muncul untuk ketujuh kalinya sebagai pesepak bola terbaik Korea Selatan pada Jumat, (23/12/22) oleh Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA).

3 dari 4 halaman

Kesan Bento Selama Melatih Korsel

Ketika ditanya oleh awak media yang hadir terkait kesan yang ia tinggalkan untuk timnas Korea Selatan, pemilik nama lengkap Paulo Jorge Gomes Bento ini mengatakan bahwa The Taeguk Warriors merupakan sebuah tim yang fantastis.

“Grup yang fantastis. Pemain yang fantastis dengan etos kerja yang fantastis. Profesional yang sangat baik. Manusia yang sangat baik,” ungkap Bento.

Lebih lanjut, ia menambahkan, “Itu adalah pengalaman yang fantastis bagi saya dan staf saya yang akan saya ingat sampai hari-hari terakhir hidup saya," tambahnya.

Kemudian, ia menutup sesi wawancaranya tersebut dengan mengatakan, “Partisipasi kami membuat saya bangga dan puas. Ini adalah salah satu grup terbaik yang pernah bekerja sama dengan saya. Saya sangat bangga menjadi manajer mereka,” tutupnya.

4 dari 4 halaman

Pengumuman Penghargaan

Dilaporkan dari IFFHS, pengumuman pemenang penghargaan dari berbagai kategori yang dibuat, akan secara resmi dikeluarkan pada bulan Januari 2023 mendatang melalui laman resmi Federasi Internasional Sejarah Sepak Bola dan Statistik (IFFHS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.