Sukses

Daftar 48 Negara yang Bakal Berlaga di Piala Dunia FIFA 2026

48 negara mulai mempersiapkan untuk tampil di Piala Dunia FIFA 2026.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 telah berakhir, kini saatnya memulai perjalanan baru dalam pertandingan sepak bola internasional.

Para penggemar siap menanti ajang empat tahun sekali ini untuk kembali melihat tim nasionalnya berlaga. Nantinya akan ada peraturan yang berbeda antara Piala Dunia 2022 dengan Piala Dunia FIFA 2026.

Piala Dunia yang baru akan mengalami peningkatan jumlah peserta dan menorehkan sejarah baru sebagai edisi terbesar sedunia.

Berbeda dengan Piala Dunia sebelumnya, Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 tim nasional yang akan berlaga. 45 negara di antaranya akan melalui babak kualifikasi dan ditambah dengan 3 negara tuan rumah.

Dengan begitu, waktu pelaksanaan akan berlangsung lebih lama dari biasanya. Hal ini dikarenakan, lebih banyak tim, lebih banyak pertandingan, lebih banyak waktu kickoff, sehingga Piala Dunia 2026 akan memakan waktu lebih.

Pelaksanaan Piala Dunia 2026 belum diumumkan secara resmi. Akan tetapi, dapat dipastikan Piala Dunia terbaru akan berlangsung selama periode pertengahan tahun, antara Juni dan Juli.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, FIFA akan menyelenggarakan ajang sepak bola terbesar dengan tuan rumah Piala Dunia 2026 di tiga negara.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Selasa (20/12/2022), Piala Dunia 2026 akan digelar di 16 kota yang menjadi tuan rumah pertandingan.

Di antaranya terdapat 11 tempat yang berlokasi di Amerika Serikat, yakni Seattle, San Farncisco, Los Angles, Dallas, Houston, Kansas City, Philadelphia, Atlanta, Miami, Boston dan New York.

Sedangkan, sisanya bermarkas di Meksiko, yakni di Montereey, dan Guadalajara. Terakhir berada di Kanada, yakni Vancouver dan Toronto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daftar 48 Tim di Piala Dunia 2026

Sebelumnya Piala Dunia 2022, hanya diisi dengan 32 tim nasional. Saat Piala Dunia 2026 akan ada peningkatkan jumlah menjadi 48 tim yang akan berlaga.

Jika diambil dari 32 timnas di Piala Dunia 2022 dan coba dikembangkan menjadi 48 tim yang akan berlaga di Piala Dunia 2026 nantinya. Mengutip dari ESPN, sebagai keperluan ilustrasi Piala Dunia 2026, tempat kualifikasi tambahan telah diberikan kepada negara-negara terbaik berikutnya dalam kompetisi kualifikasi untuk setiap konfederasi.

AFC (Asia): Australia, Iran, Irak, Jepang, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab

CAF (Afrika): Aljazair, Kamerun, DR Kongo, Mesir, Mali, Maroko, Nigeria, Senegal, Ghana, dan Tunisia

Concacaf (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia): Kanada, Kosta Rika, Jamaika, Meksiko, Panama, dan Amerika Serikat

CONMEBOL (Amerika Selatan): Argentina, Brasil, Chili, Kolombia, Ekuador, Peru, Urugay

UEFA (Eropa): Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Makedonia Utara, Serbia, Spanyol, Swedia, Swiss, Polandia, Portugal, Ukrania, dan Wales.

OFC (Oseania): Selandia Baru

(*) dicetak tebal adalah 16 negara tambahan yang akan berlaga.

3 dari 5 halaman

Prediksi Pengundian Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2026

Prediksi pengundian babak penyisihan grup di Piala Dunia 2026, akan diambil berdasarkan tim yang lolos ke Piala Dunia edisi 2022.

Dalam format terdapat 48 tim nasional yang bisa diprediksi akan berpartisipasi di Piala Dunia 2026, sebagai berikut:

Grup A: Kanada, Wales, dan Aljazair

Grup B: Prancis, Korea Selatan, dan Nigeria

Grup C: Amerika Serikat, Serbia dan DR Kongo

Grup D: Portugal, Jepang, dan Mesir

Grup E: Swiss, Senegal, dan Uni Emirat Arab

Grup F: Belgia, Iran, dan Ekuador

Grup G: Polandia, Urugay dan Australia

Grup H: Makedonia Utara, Peru dan Kamerun

Grup I: Inggris, Kolombia, dan Jamaika

Grup J: Kroasia, Tunisia, dan Irak

Grup K: Ukrania, Maroko dan Arab Saudi

Grup L: Belanda, Argentina dan Panama

Grup M: Denmark, Chili dan Ghana

Grup N: Swedia, Brasil dan Selandia Baru

Grup O: Jerman, Kosta Rika dan Qatar

Grup P: Meksiko, Spanyol dan Mali

4 dari 5 halaman

Mengapa Ada Peningkatan Jumlah Tim Nasional di Piala Dunia 2026

Peningkatan jumlah timnas di Piala Dunia 2026 menjadi ekspansi terbesar yang pernah terjadi selama Piala Dunia berlangsung. Dimulai dari Piala Dunia 1930, 1934, 1938 dan 1950 dengan jumlah 13-16 negara.

Kemudian, di tahun 1954 menampilkan 16 tim, hingga meningkat menjadi 24 tim nasional pada Piala Dunia 1982. Terakhir, kebijakan 32 timnas yang berpartisipasi sampai sekarang ini dimulai sejak Piala Dunia 1998.

Peningkatan yang terjadi dari 32 menjadi 48 tim adalah kenaikan sebesar 50 persen. Hal ini akan mempersulit negara untuk menjadi tuan rumah dalam ajang internasional ini, karena kebutuhan lokasi dan infrastruktur.

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan nantinya pendapatan yang dihasilkan dari Piala Dunia akan diinvestasikan kembali untuk keperluan sepak bola.

“Meningkatkan ukuran tim yang dapat berpartisipasi akan meningkatkan investasi dalam pengembangan sepak bola, untuk memastikan bahwa tim dapat lolos,” kata Infantino.

5 dari 5 halaman

Ketentuan Terbaru di Piala Dunia 2026

Setiap konfederasi kontinental memiliki kebijakan masing-masing untuk menentukan bagaimana model kompetisi dan periode pertandingan kualifikasi.

Mengutip dari laman resmi FIFA, jadwal kualifikasi akan dimulai dengan CONMEBOL untuk memperebutkan tiket berlaga di Piala Dunia 2026. Kualifikasi ini akan dijadwalkan dimulai pada Maret 2023.

Selain itu, terdapat ketentuan terbaru untuk pertandingan Piala Dunia 2026, sebagai berikut:

Lebih Banyak Tim dan Pertandingan

Piala Dunia 1994 Amerika Serikat awalnya hanya dimainkan oleh 24 tim nasional yang memainkan total 52 pertandingan. Kali ini akan berbeda, Piala Dunia 2026 kemungkinan akan berlangsung dengan 104 pertandingan.

Lebih Banyak Kota Sebagai Tuan Rumah

Piala Dunia 1994 Amerika Serikat sebagian besar diadakan di East Coast, Amerika Serikat (Eastern Time; ET). Dari sembilan kota tuan rumah Piala Dunia 2026, hanya Stanford dan Pasadena yang berada di West Coast (Pasific Time; PT). Sedangkan, Chicago dan Dallas berada di zona waktu Central Time (CT).

Pada tahun 2026, Piala Dunia akan menampilkan 16 lokasi penyelenggaraan di tiga negara dengan lintas zona waktu.

Pacific Time (PT): Vancouver, Seattle, San Francisco dan Los Angeles

Central Time (CT): Guadalajara, Meksiko, Monterrey, Dallas, Houston, Kansas

East Time (ET): Atlanta, Miami, Boston, New York, Philadelphia, Toronto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.