Sukses

Kylian Mbappe Berhasil Pecahkan Rekor Pele sebagai Top Skor Piala Dunia

Kylian Mbappe meluapkan jerih lelahnya saat pertandingan final Piala Dunia 2022 melawan Argentina.

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan paling dramatis di partai final Piala Dunia 2022 sudah berakhir. Hasil akhir mengantarkan Argentina menang Prancis  dengan adu penalti 4-2 (3-3) di Lusail Iconic Stadium, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Prancis harus menelan takdir kekalahannya meskipun pemain depan Prancis, Kylian Mbappe, tengah mengusung timnya dengan menyelesaikan hattrick melalui golnya dari titik putih pada menit ke-118.

Di usianya yang baru 23 tahun, Kylian Mbappe telah memenangkan lebih banyak dalam kariernya yang singkat daripada yang bisa dicapai oleh kebanyakan pesepakbola lainnya.

Melansir dari CNN, pada Senin (19/12/2022), penyerang Paris Saint-Germain ini sudah mengklaim lima gelar domestik di Prancis dan mencetak 250 gol dalam kariernya. Tak lupa dengan momen empat tahun lalu, di mana pada Piala Dunia 2018 ia mengangkat trofi emas Piala Dunia pertamanya.

Meski sudah membuktikan bahwa dia termasuk best of the best, Mbappe terus berkembang dari musim ke musim dan Piala Dunia tahun ini bisa dibilang terasa seperti saat dia melangkah sendirian sebagai pemain terbaik di dunia.

Selain menjadi pemain kedua yang hattrick di Piala Dunia 2022, Mbappe menjadi pencetak gol terbanyak selama gelaran Piala Dunia 2022 yang mana memecahkan rekor legenda sepak bola Brasil, Pele. Alhasil, ia berhak membawa pulang penghargaan Sepatu Emas Piala Dunia 2022.

Tidak ada pemain di bawah usia 24 yang mencetak lebih banyak gol daripada pemain Prancis itu. Geoff Hurst adalah satu-satunya pemain lain yang mencetak trigol, dengan treble-nya datang final 1966 untuk Inggris melawan Jerman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Menegangkan Final Piala Dunia 2022

Sebagian besar fokus tertuju hanya pada Messi dan Mbappe sebelum kick-off karena keduanya sama-sama bersaing untuk memperebutkan Sepatu Emas dan dipandang sebagai superstar yang memimpin tim mereka menuju kejayaan.

Beberapa poin ini menunjukkan momen menegangkan dalam memperebutkan juara Piala Dunia Qatar 2022, dikutip dari BBC.

- [Menit 23] Argentina 1-0 Prancis - Messi mencetak penalti

- [Menit 36 ​] Argentina 2-0 Prancis - Angel Di Maria menggandakan keunggulan Argentina

- [Menit 80] Argentina 2-1 Prancis - Mbappe membalas dengan penalti

- [Menit 81] Argentina 2-2 Prancis - Mbappe menyamakan kedudukan dengan tendangan voli yang menakjubkan

- [Menit 108] Argentina 3-2 Prancis - Messi mengembalikan keunggulan Argentina di perpanjangan waktu

-[Menit 118] Argentina 3-3 Prancis - Mbappe mencetak hattrick-nya untuk penentuan adu penalti

Argentina, yang kehilangan keunggulan dua kali selama pertandingan, akhirnya mendapatkan trofi untuk pertama kalinya sejak 1986, setelah Martinez menggagalkan tendangan penalti Kingsley Coman dan upaya Aurelien Tchouameni melebar.

3 dari 4 halaman

Rio Mavuba: Mbappe The Next Messi

Mantan pemain internasional Prancis dan pelatih Bordeaux saat ini, Rio Mavuba, mengatakan pada turnamen ini telah melihat tongkat estafet kebesaran diteruskan ke Mbappe.

“Di Piala Dunia ini, ada transfer kekuasaan dari Messi ke Mbappe,” katanya kepada CNN, menjelang pertarungan keduanya di final Piala Dunia pada hari Minggu (18/12).

“Messi masih salah satu yang terhebat, mungkin pemain terbaik sepanjang masa, tapi pada titik ini, Mbappé bisa makan di meja yang sama dengan Messi," ujar Mavuba

"Ketika dia fokus, dia mungkin pemain terbaik di dunia." tambahnya.

Tak hanya itu, menurut mantan kapten Paris Saint-Germain, Didier Domi, mengungkapkan bahwa atribut fisik Mbappe tidak dapat disangkal, kemampuannya untuk mengatasi tekanan yang begitu kuat itulah yang membedakannya dari yang lain.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, turun tangan awal tahun ini untuk memohon agar bintang muda itu tetap di PSG di tengah saga transfer yang melibatkan raksasa Spanyol Real Madrid.

Namun terlepas dari semua tekanan yang datang baik di dalam maupun di luar lapangan, Mbappe terus menghasilkan pencapaiannya.

"Permainannya sangat luar biasa, tetapi cara dia mengangkat tim, inilah yang paling membuat saya terkesan, secara mental," kata Domi kepada CNN.

“Kami tahu kualitasnya dengan kakinya, tetapi secara mental dia bertahan di zona itu, sebagai seorang pemimpin, selalu menjadi krusial bagi tim. Ini mengesankan," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Gol Mbappe jadi Trending Topic Twitter

Gol kedua dari pemain PSG itu tidak hanya memberi asa pada Prancis, tapi juga berhasil menarik perhatian para penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut. Salah satunya terlihat dari cuitan para penonton yang langsung menyerbu linimasa Twitter.

Menurut Elon Musk, gol yang diciptakan Mbappe untuk Prancis langsung membuat ramai Twitter. Bahkan, cuitan seputar gol tersebut menjadi yang tertinggi untuk gelaran Piala Dunia.

"24.400 tweet per detik untuk gol Prancis, tertinggi sepanjang sejarah Piala Dunia!" tulis Elon Musk seperti dikutip dari akun Twitternya, Senin (19/12/2022). Elon Musk sendiri diketahui turut hadir menyaksikan pertandingan final yang digelar di Stadion Lusail Iconic Qatar tersebut.

Selama pertandingan, ia pun sempat membagikan jalannya pertandingan tersebut melalui sejumlah cuitan di Twitter. Ia pun mengakui keseruan pertandingan final yang akhirnya dimenangkan oleh Argentina tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.