Sukses

Lionel Messi Antar Argentina Juarai Piala Dunia 2022, Pertama Sejak 1986

Lionel Messi cetak sejarah, antar Argentina juara Piala Dunia 2022, Piala Dunia pertama Argentina sejak 1986.

Liputan6.com, Jakarta - Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 usai menumbangkan juara bertahan Prancis dalam adu penalti (4-2) di Stadion Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember 2022.  Kemenangan tersebut menjadi sejarah baru bagi Lionel Messi dan tim Argentina. Pasalnya, Tim Tango telah puasa gelar juara Piala Dunia sejak 1986. 

Mengutip eurosport.uk, Senin (19/12/2022) Kapten Argentina, Lionel Messi, membuat sejarah baru dalam kariernya. Untuk pertama kalinya sejak mengikuti ajang Piala Dunia di 2006, Messi akhirnya menyelesaikan puasa gelar Piala Dunia, dengan membawa pulang trofi Piala Dunia ke negaranya.  

Sekadar informasi, bagi pemain berusia 35 tahun itu, trofi Piala Dunia adalah satu-satunya trofi yang masih belum dimiliki di puncak kariernya yang gemerlap. Kemenangan atas Prancis membuat Argentina menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya, sejak 1986. 

Kala itu di tahun 1986, Diego Maradona membawa La Albiceleste jadi juara Piala Dunia. Dengan begitu, Argentina telah menjadi pemenang Piala Dunia sebanyak tiga kali, yakni di edisi 1978, 1986, dan 2022. 

Mengutip SportingNews, Lionel Messi dianggap sebagai pemain terhebat di dunia. Messi menjadi permata mahkota generasi modern Argentina. Ia mendapat julukan La Pulga, yang berarti memiliki tubuh kecil. 

Karier Messi begitu gemilang selama 18 tahun ini. Kini, pemain Argentina bernomor punggung 10 itu bermain di PSG. Messi memulai debut pertama tim nasional Argentina pada tahun 2005.

Namun selama bertahun-tahun kariernya di timnas, Messi tak banyak membantu Argentina mengangkat trofi internasional, Argentina masih miskin gelar di turnamen internasional. 

Sebelum 2021, Messi membawa Argentina mencapai tiga kali final turnamen Copa Amerika dan satu kali final Piala Dunia di 2014. Namun, Argentina kalah di semua final tersebut.

Namun usaha memang tidak pernah menghianati hasil, Messi pertama kali dapat membuktikan ke dunia melalui karier internasionalnya di Copa America pada tahun 2021. Kini di Piala Dunia Qatar, Messi membawa La Albiceleste ke gelar Piala Dunia pertamanya sejak 1986. Setelah 36 tahun, trofi Piala Dunia akhirnya dibawa pulang lagi ke Argentina. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Piala Dunia 2022 Memang untuk Messi

Mengutip ESPN, Piala Dunia 2022 memang khusus diperuntukkan bagi Messi untuk menutup kariernya yang gemilang. Selama pertandingan Qatar 2022, Messi mencetak gol setiap pertandingan, kecuali ketika penyisihan grup melawan Polandia. 

Messi mencetak gol-gol besar saat Argentina melawan Meksiko dan Australia. Ia juga memberikan assist luar biasa untuk Nahuel Molina dan Julian Alvarez masing-masing melawan Belanda dan Kroasia. Terakhir di final melawan Prancis, ia membawa Argentina menuju kemenangan dengan mencetak gol penalti di babak pertama.

Piala Dunia 2022 pun menjadi turnamen yang sempurna bagi Messi dalam segala hal, seolah menjadi hiasan sempurna untuk kariernya yang tak tertandingi.

3 dari 4 halaman

Penantian Bagi Amerika Selatan Selama 20 Tahun

Argentina mengakhiri penantian 20 tahun Amerika Selatan untuk memenangkan Piala Dunia dengan mengalahkan juara bertahan Prancis di Qatar.

Bagi negara-negara di Amerika Selatan, trofi Piala Dunia terakhir dipersembahkan oleh Brasil, pada tahun 2022. Trofi tersebut sekaligus menjadi gelar Piala Dunia kelima bagi tim Samba. 

Akhirnya, pada tahun 2022, Argentina mengakhiri dominasi Eropa di turnamen Piala Dunia. Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis masing-masing telah memenangkan Piala Dunia sepanjang 2022. 

Sementara, Argentina mewakili Amerika Selatan masuk ke final Piala Dunia pada 2014 namun dikalahkan Jerman. 

4 dari 4 halaman

Daftar Penghargaan Piala Dunia 2022

Berikut adalah daftar lengkap peraih penghargaan individual di Piala Dunia 2022:

FIFA Young Player Award: Enzo Fernandez (Argentina)

Golden Glove Award: Emiliano Martinez (Argentina)

Golden Boot Award: Kylian Mbappe (Prancis)

Golden Ball Award: Lionel Messi (Argentina).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.