Sukses

5 Pemain Ini Diprediksi Jadi Kunci Kemenangan Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022

Selain Lionel Messi dan Kylian Mbappe, terdapat nama-nama pemain lain yang berpotensi menjadi kunci kemenangan bagi negara Argentina maupun Prancis di Final Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Laga Argentina kontra Prancis pada Babak Final Piala Dunia 2022 di Qatar tinggal menghitung waktu. Dari 352 pesepak bola yang berpartisipasi dan memulai babak pembukaan pertandingan di Piala Dunia 2022, kini hanya tersisa 22 pemain yang akan saling berhadapan di lapangan untuk memperebutkan Trofi FIFA Piala Dunia.

Mayoritas masyarakat yang mengikuti pertandingan Argentina vs Prancis ini lebih banyak membicarakan tentang pemenang Ballon d'Or sebanyak tujuh kali, Lionel Messi dan pesepak bola berusia 23 tahun asal Prancis, Kylian Mbappe.

Nama Lionel Messi telah lama dipuji sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik. Beberapa orang pun mengungkapkan bahwa hanya kemenangan di Final Piala Dunia nanti yang mampu mengukuhkan julukannya sebagai Greatest of All Time (GOAT) dalam sepak bola.

Alih-alih jadi pertandingan antara duo pemain Paris Saint-Germain Messi dan Mbappe, ada nama-nama pemain lain yang berpotensi menjadi kunci kemenangan bagi Argentina dan Prancis di laga terakhir Piala Dunia Qatar ini. 

Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia kelima Messi yang saat ini berusia 35 tahun. Bersama Argentina, dirinya hampir memperoleh kemenangan di era Piala Dunia 2014. Saat itu menjadi kemenangan terdekat yang pernah ia capai sebelum dikalahkan Jerman dengan skor 1-0 di laga pamungkas. 

Berpartisipasi di Piala Dunia Qatar dan melaju sampai babak final mengubah beberapa hal tentang Messi. Ini dibuktikan dengan lima gol dan tiga assist yang ia peroleh hingga perjalanan menuju final. Kini, Messi menjadi pencetak gol terbanyak dari Argentina di Piala Dunia dengan total 11 gol dan berada di posisi terdepan untuk memenangkan gelar golden boot tahun ini.

Di sisi lain, Kylian Mbappe telah meraih lebih banyak kesuksesan di Piala Dunia. Hal ini dapat dinilai saat Prancis jadi juara pada Piala Dunia 2018 usai mencetak gol keempat dan mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di laga final. 

Pemain muda dari PSG ini telah mencetak 9 gol dalam dua Piala Dunia, termasuk 5 gol di Piala Dunia Qatar. Tidak hanya itu, dua assist yang ia peroleh turut menunjukkan bahwa dirinya yang juga mahir memberikan assist seperti halnya saat mencetak gol.

Tentunya, sepak bola bukanlah laga dua orang. Terdapat nama-nama pemain lain yang berpotensi menjadi kunci kemenangan bagi negaranya di Final Piala Dunia 2022. Melansir dari Olympics (18/12/2022), berikut nama-namanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Julian Alvarez - Argentina

Striker muda asal Manchester City, Julian Alvarez memulai dua pertandingan pertama turnamen di bangku cadangan. Namun, setelah itu dirinya mulai bergabung untuk memulai pertandingan dalam perjalanan Argentina ke babak final.

Di usianya yang ke-22, Alvarez telah berkontribusi dengan empat gol. Dua gol di semifinal melawan Kroasia serta kemampuannya yang tampak terhubung dengan Messi, menjadi alasan mengapa dirinya bisa jadi memegang kunsi kemenangan bagi Argentina.

 

3 dari 6 halaman

2. Antoine Griezman - Prancis

Mengutip situs Olympics (18/12/2022), tidak ada yang menduga Antoine Griezman yang sempat mengalami masalah karena kontrak membatasi waktu bermainnya, untuk memainkan peran utama di timnas Prancis dalam pertandingan Piala Dunia tahun ini.

Belum ada keputusan pasti dari Didier Deschamps. Namun, transformasinya menjadi box-to-box midfielder telah mengubah Griezman sehingga memainkan peran kunci dalam mematahkan serangan lawan.

Setelah melawan Inggris di perempat final, kemampuan Griezman untuk menarik pemain keluar dari posisinya memberi Prancis ruang untuk mengeksploitasi lini belakang lawan mereka. Ini merupakan prestasi yang ia ulangi saat melawan Maroko dan memainkan peran penting dalam gol pertama Prancis.

 

4 dari 6 halaman

3. Enzo Fernandez - Argentina

Pemain muda Argentina lainnya yang telah menikmati kampanye Piala Dunia adalah Enzo Fernandez. Pemain berusia 21 tahun ini telah mencetak gol untuk menaklukkan Meksiko di babak penyisihan grup dan telah menaikkan reputasinya sebagai salah satu pemain muda paling bersemangat di Eropa.

Enzo Fernandez menjalani kariernya di Benfica bersama dengan bintang Piala Dunia Portugal, Goncalo Ramos. Fernandez menjadi bagian dari empat pemain lini tengah yang menahan Kroasia di semifinal.

Keterampilan bermainnya dalam membuka pertahanan diharapkan mampu memberikan kekuatan tambahan bagi Argentina memenangkan Trofi Piala Dunia yang terakhir diperoleh pada 1986.

 

5 dari 6 halaman

4. Olivier Giroud - Prancis

Di usianya yang ke-34 tahun, Olivier Giroud awalnya tidak diprediksi menjadi starter untuk Prancis di Qatar. Namun, cedera yang dialami pemenang Ballon d'Or, Karim Benzema telah membuat striker AC Milan ini menjadi striker pilihan pertama Didier Deschamps selama Piala Dunia Qatar.

Mengantongi total empat gol dalam Piala Dunia 2022 sejauh ini, membuat Giroud menempati posisi kedua dalam daftar pencetak gol, sejajar dengan Alvarez dari Argentina. Giroud menyalip Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak di Prancis selama turnamen ini dengan total gol yang ia cetak.

 

6 dari 6 halaman

5. Karim Benzema - Prancis

Satu lagi pemain kunci dari Prancis untuk Final Piala Dunia. Pesepak bola asal klub Real Madrid, Karim Benzema dikenal sebagai pencetak gol produktif. Benzema sempat mengalami cedera dalam latihan, sebelum akhirnya kembali diberi izin dari klubnya untuk kembali bermain di babak final.

Namun, mengutip dari Olympics (18/12/2022), belum ada keputusan resmi dari Deschamps ataupun Benzema mengenai hal ini. Meski begitu, tak boleh dilupakan bahwa pemain berusia 34 tahun ini telah mencetak 34 gol untuk timnas Prancis dalam 97 penampilan. Ia juga sedang berada dalam puncaknya di pertandingan kali ini dengan Ballon d'Or.

Meskipun terdengar tidak adil bagi pemain yang tidak berperan dalam kampanye Piala Dunia Prancis untuk mendapatkan tempat di pertandingan terakhir, Benzema bisa menjadi kunci bagi Prancis memenangkan Trofi Piala Dunia 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.