Sukses

Aplikasi Konten Video Vlog Informatif Buatan Anak Bangsa Resmi Diluncurkan

Tidak dapat dipungkiri, saat ini media sosial memang telah menjadi channel utama bagi konsumen dalam menemukan atau mempertimbangkan pembelian produk/jasa tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri, saat ini media sosial memang telah menjadi channel utama bagi konsumen dalam menemukan atau mempertimbangkan pembelian produk/jasa tertentu.

Sebanyak 81% konsumen mengaku telah membeli sesuatu setelah melihatnya di media sosial, dan menurut GWI (GlobalWebIndex), 54% konsumen mengandalkan media sosial untuk mencari tahu lebih lengkap tentang spesifikasi produk tertentu.

Lebih jauh, 64% konsumen memutuskan untuk membeli produk tertentu setelah menonton konten berupa video.

Atas dasar itu, platform media sosial berbasis komunitas, Ituloh, resmi diluncurkan. Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang memungkinkan pengguna dan kreator media sosial membuat dan menemukan konten video review pengalaman dan rekomendasi yang jujur, terkini, dan informatif.

Menariknya, di aplikasi ini, semua pengguna baik kreator pemula maupun online shopper, bisa mendapatkan penghasilan dari konten review mereka.

"Karena itu, kami ingin mendigitalisasikan pengalaman ini melalui Ituloh, aplikasi yang membuka akses bagi semua orang untuk menunjukkan hal-hal yang sesuai minat mereka, dari produk Korea kekinian sampai hotel treehouse di Bali,” kata CEO dan Co-founder Ituloh,Christine Suwendy, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/12/2022).

Beberapa keunikan dari platform ini adalah adanya fitur komisi, pengumpulan poin, dan stiker-stiker lucu yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah dan merchandise menarik bagi setiap kreator yang berkontribusi dalam pembuatan konten.

Selain itu, pengguna juga bebas memilih untuk membuat atau bergabung ke komunitas yang diminati, di mana mereka dapat saling berbagi pengalaman, informasi, dan tren produk atau jasa terbaru lewat postingan video.

Walaupun baru dirilis, aplikasi ini sudah memiliki ratusan komunitas di berbagai kategori, mulai dari fesyen, parenting, perawatan dan kecantikan, pariwisata, dan topik lainnya yang terus bertambah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efektif untuk individu masa kini

Ituloh mengaburkan batas antara media sosial dan e-commerce dengan menyediakan link e-commerce marketplace terkait produk yang sedang direkomendasikan, sehingga memperpendek rantai proses dari discovery sampai ke pembelian. 

“Kehadiran Ituloh menjadi wadah yang menggabungkan konten video yang menghibur dengan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Ituloh! memiliki posisi yang strategis dibandingkan platform media sosial di pasaran, yang telah tersaturasi dengan konten berbayar. Dengan demikian, konsumen Indonesia tidak perlu lagi berpindah aplikasi antara mencari informasi produk (di e-commerce) dan review pemakaian produk (di media sosial),” ujar Christine. 

Cara ini terbukti efektif dalam menjangkau konsumen masa kini, terutama untuk kategori produk yang banyak mengandalkan rekomendasi komunitas, seperti fesyen, produk kecantikan dan kesehatan, serta produk untuk ibu dan anak.

"Kami melihat bahwa walaupun penetrasi e-commerce tengah meningkat di Indonesia, pengalaman konsumen dalam menemukan informasi produk dan berbelanja online belum maksimal. Mayoritas konsumen cenderung mengandalkan rekomendasi produk dari teman dan keluarga, atau mulut ke mulut (word of mouth)," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Akan mengadakan kopdar kreator

Dapat diunduh di Google Playstore dan Apple App Store, saat ini aplikasi Ituloh telah memiliki lebih dari 100.000 pengguna dan bekerjasama dengan lebih dari 10.000 kreator, mulai dari skala nano sampai mega.

Untuk mempererat hubungan dengan komunitas pengguna, aplikasi ini kedepannya akan mengadakan acara rutin bulanan dengan sebutan ‘Kopdar Kreator’ dimana kreator dapat saling bertemu dan berbagi cerita dan tips membuat konten.

 

"Kedepannya, kami berencana membangun fitur di aplikasi untuk menghubungkan brand dengan kreator dan komunitas yang relevan, agar mereka dapat menjalankan promosi/kampanye sesuai dengan target pasar yang tepat," ucap Co-founder Ituloh, Riswanto.

Selain itu, juga berencana membangun integrasi dengan marketplace e-commerce dan channel penjualan produk yang sedang trending dan disukai oleh pengguna, berdasarkan analitik dari engagement pengguna dan komunitas di aplikasi Ituloh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.