Sukses

Cocok untuk Pemula, 8 Ikan Hias Ini Tak Mudah Mati di Akuarium

Akuarium air tawar cenderung lebih mudah dirawat daripada air asin, dan ikan air tawar lebih mudah dirawat bagi kamu yang masih pemula dan tak rentan mati.

Liputan6.com, Jakarta - Memelihara ikan di rumah menambah banyak manfaat bagi kesehatan kalian, seperti mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

Akuarium air tawar cenderung lebih mudah dirawat daripada air asin, dan ikan air tawar lebih mudah dirawat bagi kamu yang masih pemula dan tak rentan mati.

Ikan air tawar memiliki pilihan spesies warna-warni dan unik yang indah membuat akuarium kamu berkembang dengan kehidupan.

Jika kamu masih pemula berikut ikan hias air tawar yang tak mudah mati seperti dikutip laman Petland Texas, Selasa (13/12/2022):

 

1. Neon Tetra

Neon Tetra mungkin salah satu spesies air tawar yang paling terkenal, ikan ini miliki tubuh kecil, kurus, dan mudah dirawat yang ideal untuk pemula. Neon Tetra tidak tumbuh sangat panjang, panjangnya hanya mencapai 2,2 cm.

Mereka dikenal sebagai spesies yang sangat damai dan tenang. Mereka direkomendasikan jika dipelihara dalam kelompok dan dalam akuarium dengan bebatuan, tanaman, dan aksesori lain yang bisa mereka pakai sembunyi.

Ikan ini dapat dengan mudah dikenali karena tubuh mereka yang berwarna biru dan garis merah terang di tubuh mereka.

 

2. Guppy

Ikan guppy adalah spesies ikan lain yang menjadi hewan peliharaan yang sempurna untuk pemula.

Mereka sangat mudah dirawat, tetapi cenderung berkembang biak satu sama lain dengan cepat jika tidak dipisahkan sesuai dengan jenis kelaminnya.

Mereka memiliki berbagai warna, dengan ikan jantan lebih flamboyan --warna lebih menarik-- daripada betina.

Guppy juga dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi air dan memiliki kepribadian yang hidup, yang membuat mereka begitu populer.

Penting untuk menjaga suhu air tetap konsisten sekitar 50 derajat Fahrenheit - 84 derajat Fahreinheit atau sekitaran 10-29 derajat Celcius, sehingga mereka dapat hidup bahagia di dalam akuarium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Molly dan Ikan Cupang

3. Molly

Ikan molly yang kecil dan mudah bergaul adalah spesies air tawar yang mudah dirawat. Molly dapat tumbuh sekitar 3 sampai 4 inci atau sekitar 7 sampai 10 cm.

Ikan ini termasuk spesies ikan omnivora, yang berarti mereka dapat memakan tanaman dan hewan lainnya.

Hal unik makhluk air tawar ini adalah mereka melahirkan bayi mereka, tidak bertelur seperti ikan lainnya. Seperti Guppy, Molly mudah berkembang biak, jadi jika kamu tidak ingin banyak ikan cantik ini di akuarium, cukup simpan satu jenis kelamin.

 

4. Ikan Cupang

Ikan cupang adalah pilihan air tawar populer lainnya untuk akuarium. Mereka cenderung memiliki beragam warna yang indah dan mudah bergaul.

Ikan cupang dikenal karena sifatnya yang sangat teritorial dan agresif dengan ikan lain, terutama ikan jantan. Jika ikan cupang kamu cukup damai, mereka dapat dipelihara dalam akuarium besar dengan spesies ikan lainnya.

Hindari menempatkan mereka dalam akuarium dengan ikan yang tampak serupa, seperti ikan Guppy. Kamu juga harus menempatkan mereka dalam akuarium mereka sendiri, lengkap dengan substrat dan tanaman.

3 dari 4 halaman

Ikan Mas dan Angelfish

5. Ikan Mas

Ikan air tawar lain yang sangat populer, adalah ikan mas atau biasa disebut mas koki adalah spesies cantik yang dapat tumbuh hingga 14 inci atau sekitar 14 cm di alam liar.

Beberapa ikan mas liar dapat hidup hingga 25 tahun atau bahkan lebih lama. Ikan ini membutuhkan pemeliharaan yang konstan, seperti penggantian air mingguan dan filter. Ikan mas bisa datang dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan ras.

 

6. Angelfish

Angelfish adalah ikan air tawar populer yang dapat tumbuh hingga 6 inci atau sekitar 15 cm dan 8 inci atau sekitar 20 cm untuk tingginya. Mereka sangat cantik, dan memiliki berbagai warna dan pola.

Mereka dapat memakan tanaman dan hewan lain, seperti serangga kecil dan udang, tetapi harus dijauhkan dari ikan kecil. Angelfish bisa bersifat teritorial dan agresif, jadi yang terbaik adalah menyimpannya dalam akuarium tanpa banyak ikan lainnya.

4 dari 4 halaman

Zebra Danios dan Platy

7. Zebra Danios

Ikan yang sempurna untuk pemula, Zebra Danios atau zebrafish adalah ikan kecil dan pemeliharaan rendah yang biasanya tumbuh hingga 5 sampai 7 cm. Mereka perlu dipelihara dalam kelompok, jika tidak, mereka akan menjadi sangat stres.

Zebra Danios suka makan cacing, serangga, dan krustasea, mereka juga dapat diberi makan makanan ikan biasa. Namun perlu diketahui, ikan ini dikenal suka melompat keluar dari akuarium, jadi pastikan untuk menjaga akuarium tetap tertutup.

 

8. Platy

Platy adalah ikan air tawar yang hadir dalam berbagai warna eksotis. Mereka dikenal dengan ikan damai yang berkembang baik dengan ikan lain sekitarnya.

Ikan jenis ini membutuhkan campuran makanan nabati dan protein, meskipun mereka juga bisa makan makanan berbasis daging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.