Sukses

Maroko Ukir Sejarah, Sukses Jadi Tim Afrika Pertama Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022

Maroko berhasil memberikan kejutan bagi seluruh pecinta Piala Dunia. Hal itu dikarenakan Maroko berhasil menghentikan perjalanan Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar ini.

Liputan6.com, Jakarta - Maroko berhasil memberikan kejutan bagi seluruh pecinta Piala Dunia. Hal itu dikarenakan Maroko berhasil menghentikan perjalanan Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar ini. 

Portugal harus menerima keunggulan Singa Atlas ini, dengan skor yang menembus gawang pertahanan Portugal 1-0 di laga perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Meski terhitung hanya menorehkan 1 skor, lewat sundulan En Nesyri di babak pertama, tapi Maroko mampu mempertahankan keunggulan itu sampai akhir laga. 

Melansir laman Livemint.com, Minggu (11/12/2022), berkat kemenangan di babak perempat final ini, Maroko menorehkan sejarah baru bagi tim negara Afrika.

Lantaran, Maroko menjadi negara Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia. 

Bahkan dikutip dari laman Aljazeera, Irak mengklaim bahwa kemenangan Maroko bukan hanya membanggakan untuk Maroko, tetapi juga bagi seluruh benua Afrika dan seluruh bagian dari negara Arab. 

Sang pelatih, Walid Regragui mengaku bahwa Portugal bukan lawan yang mudah dikalahkan, dan mereka bermain sangat bagus. 

"Kami menghadapi tim Portugal yang sangat hebat," kata Regragui.  

Sebelumnya, Regragui juga berpesan kepada timnas untuk memberikan sejarah baru untuk Afrika. 

"Kami memanfaatkan semua yang kami miliki, kami masih memiliki pemain yang cedera. Saya memberi tahu orang-orang sebelum pertandingan bahwa kami harus menulis sejarah untuk Afrika. Saya sangat senang, sangat senang," dia menambahkan. 

Gelandang timnas Maroko, Abdelhamid Sabiri mengatakan bahwa dia ingin mengakhiri kutukan. 

"Tidak ada yang mengira kami bisa melakukannya. Saya katakan minggu lalu bahwa kami ingin mengakhiri kutukan," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Memenangkan Setiap Pertandingan

Lebih lanjut lagi, Sabiri menambahkan bahwa dia dan timnya memiliki tujuan yang sama yakni memenangkan setiap pertandingan. 

"Kami menjalani satu pertandingan dalam satu waktu. Kami ingin memenangkan setiap pertandingan," jelas Sabiri. 

Pemain sayap Maroko, Sofiane Boufal mengungkapkan bahwa pencapaian ini terasa seperti mimpi. 

"Ini gila. Kami hidup dan kami bermimpi, dan kami tidak ingin bangun. Saya merinding," kata Boufal.

3 dari 4 halaman

Berkat Kerja Keras

Selain itu, Boufal mengungkapkan bahwa pencapaiannya ini merupakan hasil kerja keras. 

"Semua yang kami capai ini, kami pantas mendapatkannya. Kami bekerja keras. Ini belum selesai. Masih ada semi final dan Insya Allah final," ungkapnya. 

Momen bersejarah bagi benua Afrika ini, menyita seluruh perhatian warga benua Afrika, termasuk Presiden Chad Mahamat Idriss Deby. 

Melansir laman Reuters, Presiden Chad Mahamat Idris Deby menuliskan dukungan penuh pada timnas Maroko, lewat akun Twitter resminya. 

"Bersejarah dan luar biasa! Kualifikasi Singa Atlas ke semifinal Piala Dunia 2022 adalah milik seluruh Afrika. Dukungan penuh kepada perwakilan Afrika, untuk hadapi grand final. Juara dunia Afrika, ya itu mungkin, InsyaAllah!," cuitnya, yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

4 dari 4 halaman

Perayaan

Selanjutnya, Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifah juga turut memberikan ucapan selamat kepada Raja Maroko Mohammed VI atas pencapaian bersejarah internasional uang luar biasa. 

Pangeran Dubai Mohammed bin Rashed juga turut memberikan ucapan selamat kepada timnas Maroko. 

"Tidak ada suara yang lebih keras daripada suara Maroko di Piala Dunia!," katanya. 

Perayaan kemenangan Maroko ini dimeriahkan oleh ribuan penggemar di Gaza. Dilansir dari Venue, Yumna El Sayed dari Al Jazeera, aula olahraga terbesar di Gaza dipenuhi oleh ribuan penggemar yang mendukung Maroko, mereka terlihat turun ke jalan, menari dan bernyanyi untuk kemenangan bersejarah itu. 

Para pendukung di sana melihat hasil tersebut sebagai hasil sejarah dan kemenangan untuk semua negara Arab, bukan hanya untuk Maroko. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.