Sukses

Sosok Jude Bellingham, Pemain Muda Pencetak Gol Pertama Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kemenangan Inggris atas Senegal pada laga babak 16 besar berhasil mengantarkannya menuju perempat final Piala Dunia 2022. Tak tanggung-tanggung, tim asuhan Gareth Southgate itu membantai Senegal dengan skor telak 3-0.

Tiga gol Inggris diciptakan oleh Jordan Henderson dan Harry Kane di babak pertama serta Bukayo Saka di paruh kedua pertandingan.

The Three Lions memang sudah menampakkan ambisinya dimulai dari laga perdana mereka di Piala Dunia kali ini. Dalam laga Grup B melawan Iran yang dihelat di Khalifa International Stadium pada Senin (21/11/2022) lalu, Timnas Inggris berhasil menang dengan skor 6-2 atas Iran.

Salah satu pencetak skor sekaligus sebagai gol pembuka di pertandingan perdana tersebut yaitu Jude Bellingham. Rupanya, itu gol internasional pertama Bellingham di tim senior bersama Timnas Inggris.

Padahal, punggawa Borussia Dortmund itu usianya belum genap 20 tahun. Momen tersebut lantas menjadi capaian membanggakan bagi Bellinhgham. Apalagi dirinya kini masuk dalam jajaran pemain termuda yang mencetak gol untuk The Three Lions di Piala Dunia, setelah legenda Michael Owen.

Melansir PlanetSport, Senin (5/12/2022), Jude Bellingham adalah gelandang Inggris yang bermain untuk klub Bundesliga Borussia Dortmund serta tim nasional Inggris.

Pemain muda ini sudah memiliki nomor punggung yang dipensiunkan di klub masa kecilnya, Birmingham, serta dipanggil ke skuad Inggris Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

Di dalam negeri, ia telah mengangkat trofi DFB-Pokal 2021 bersama Dortmund, dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik di Bundesliga pada musim 2020/21 dan masuk dalam tim terbaik Bundesliga musim ini pada 2021/22.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menggeluti Dunia Sepak Bola Sejak Dini

Lahir pada 29 Juni 2003, Bellingham bergabung dengan Birmingham pada 2010 sebagai bagian dari pengembangan tim U-8. Pada saat ia berusia 14 tahun, ia memberi kontribusi di skuad U-18 sebelum melakukan debutnya untuk U-23, pada usia 15 tahun.

Pada musim 2019/20, Bellingham menjadi pemain termuda yang bermain untuk Birmingham, berusia 16 tahun.

Dia melakukan debut untuk klub dalam pertandingan Piala EFL melawan Portsmouth pada Agustus, sebelum melakukan debut liga 19 hari kemudian melawan Swansea City.

Sang gelandang mencetak gol pertamanya untuk klub pada debut kandangnya, mencetak gol kemenangan dalam kemenangan 2-1 atas Stoke City.

3 dari 4 halaman

Meninggalkan Klub Masa Kecilnya

Sudah menjadi anggota penting Birmingham City, Bellingham dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik EFL bulan November.

Pada Januari 2020, ada sejumlah klub terkemuka Eropa yang mengendus-endus Bellingham, dengan Manchester United dilaporkan telah menawarkan biaya yang fantastis untuk jasanya. Namun, terlepas dari spekulasi, Bellingham tetap bertahan dengan klub masa kecilnya, membantu mereka mencegah degradasi ke League One.

Dia menyelesaikan musim dengan empat gol dari 44 pertandingan di semua kompetisi. Di EFL Awards, ia dinobatkan sebagai Championship Apprentice of the Year dan EFL Young Player of the Season.

Jelas bahwa Bellingham akan meninggalkan St Andrews, The Blues kemudian memensiunkan jersey nomor 22-nya untuk mengenang dan menginspirasi orang lain.

4 dari 4 halaman

Gol Internasional Pertama

Pada 2020 saat usianya baru menginjak 17 tahun, Bellingham bergabung dengan klub sepak bola Jerman, Borrusia Dortmund. 

Bellingham melakukan debutnya dalam pertandingan DFB-Pokal melawan tim kelas tiga MSV Duisburg, mencetak dua gol. Dengan demikian, ia menjadi pencetak gol termuda klub dalam kompetisi tersebut, serta pencetak gol termuda klub dalam pertandingan kompetitif apa pun.

Bellingham membuat penampilan senior pertamanya untuk Inggris dalam pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia pada November 2020.

Untuk mengakhiri musim terobosannya di Dortmund, Bellingham dipanggil ke skuad Euro 2020 Gareth Southgate.

Penampilan luar biasa Bellingham untuk Dortmund pada musim 2021/22, membuat pemain berusia 19 tahun itu memaksa masuk ke dalam rencana tim utama Inggris.

Dia terpilih untuk Piala Dunia 2022 di Qatar dan mencetak gol pertama Inggris di turnamen melawan Iran pada pertandingan pembukaan grup. Itu adalah gol internasional pertama Bellingham.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS