Sukses

Selangkah Lagi Harry Kane Lampaui Wayne Rooyne, Inilah 10 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Inggris

Liputan6.com, Doha - Timnas Inggris berhasil mengalahkan Senegal pada laga babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022. Bertanding di Al Bayt Stadium pada Senin dini hari waktu Indonesia (5/12) pasukan Gareth Southgate menang dengan skor telak 3-0.

Tiga gol kemenangan Inggris disumbang oleh Jordan Henderson dan Harry Kane di babak pertama, serta Bukayo Saka di paruh kedua pertandingan.

Nama Harry Kane pun langsung menjadi trending topic Twitter sampai dengan Senin pagi hari sekitar pukul 09.00 Wib.

Sebab, gol tersebut menjadi gol perdana Harry Kane di Piala Dunia 2022.

"Harry Kane akhirnya mendapatkan gol pertamanya di Piala Dunia 2022," tulis akun Twitter @brfootball. Unggahan itu mendapat 13ribu tanda suka (likes) dan dibagikan oleh banyak akun.

Gol pertama yang diciptakan Harry Kane juga menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak di Timnas Inggris.

Total gol yang berhasil disumbang Harry Kane untuk Inggris sebanyak 52, berada di bawah Wayne Rooyne dengan 53 gol. Selangkah lagi Harry Kane melampaui Wayne Rooyne.

Salah satu akun media bola @Squawka mentuit nama-nama pemain Inggris yang menyumbang gol terbanyak sepanjang sejarah.

 

"Gol terbanyak yang dicetak untuk Inggris dalam sejarah tim nasional senior pria dan wanita...

53 - Wayne Rooney

52 - Harry Kane

52 - Ellen White

49 - Bobby Charlton

Sedikit lagi, Harry #FIFAWorldCup

 

Selain Harry Kane, siapa saja sih pemain yang memiliki cetakan skor terbanyak sepanjang sejarah sepak bola tim nasional Inggris? Berikut daftarnya seperti dikutip dari situs Goal International pada Senin, 5 Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Wayne Rooney (53 Gol)

Wayne Rooney punya 119 caps dan 53 gol bagi The Three Lions --- julukan timnas Inggris. Hal yang membuatnya dijuluki pemain outfield dengan penampilan terbanyak, juga pencetak gol terbanyak bagi Inggris.

Di panggung internasional, Rooney mencetak empat gol selama Euro 2004. Dia juga bermain di tiga Piala Dunia selama 13 tahun karier internasionalnya.

2. Harry Kane (52 gol)

Rekor luar biasa kapten Inggris di level klub bersama Tottenham telah ditransfer ke panggung internasional dengan mulus. Di Piala Dunia Qatar 2022, Harry Kane berhasil mencetak gol perdananya.

3. Bobby Charlton (49 gol)

Legenda Manchester United dan Inggris ini membuat 758 penampilan untuk klubnya dan juga telah tampil 106 kali untuk tim nasional.

Dia dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik sepanjang masa dan memainkan peran integral dalam kemenangan Inggris di Piala Dunia 1966, mencetak dua gol di semi-final. Total 49 golnya merupakan rekor selama 45 tahun.

4. Gary Lineker (48 gol)

Lineker adalah pencetak gol terbanyak keempat Inggris dalam sejarah dan selalu bersinar di panggung Piala Dunia.

Dia memenangkan Sepatu Emas dengan enam gol di Piala Dunia 1986 dan juga mencetak empat gol di Piala Dunia 1990 untuk membantu timnya mencapai semi-final di Italia.

3 dari 4 halaman

5. Jimmy Greaves (44 gol)

Legenda Tottenham Hotspur ini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dan merupakan pencetak gol terbanyak keempat untuk Inggris.

Dia tampil di Piala Dunia 1962 dan 1966 dan merupakan striker pilihan pertama Inggris --- serta pencetak gol terbanyak sepanjang masa --- pada 1966 sebelum cedera membuatnya kehilangan tempatnya, dengan Geoff Hurst masuk dan kemudian membawa tim nasional menuju kejayaan.

6. Michael Owen (40 gol)

Michael Owen menjadi terkenal di dunia internasional pada Piala Dunia 1998 di Prancis. Dalam turnamen itu dia menjadi pemain termuda dan pencetak gol termuda untuk Inggris pada saat itu.

Dia juga satu-satunya pemain Inggris yang mencetak gol di empat turnamen besar dan secara total telah dicap sebanyak 89 kali.

7. Nat Lofthouse (30 gol)

Legenda Bolton ini mencetak lebih dari 250 gol untuk klub, dan dia memiliki salah satu rasio gol-ke-pertandingan terbaik dari semua pemain Inggris dengan jumlah golnya yang berasal dari hanya 33 caps.

Dia juga merupakan pencetak gol terbanyak untuk Inggris sebelum dia disalip oleh Bobby Charlton. 

4 dari 4 halaman

8. Alan Shearer (30 gol)

Alan Shearer, pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Premier League, juga membawa performanya ke kancah internasional dengan jumlah golnya berasal dari 63 caps. Dia adalah pencetak gol terbanyak di Euro 96 dan juga tampil di Piala Dunia 1998 dan Kejuaraan Eropa 2000.

9. Tom Finney (30 gol)

Seorang pemain satu klub yang terkenal di Preston North End tercinta, Finney mereplikasi performa terbaiknya di dalam negeri. Dia mencetak 187 gol dalam 433 penampilan, di panggung internasional. Dia membuat 76 penampilan untuk Inggris dan sempat menjadi pencetak gol terbanyak.

10. Frank Lampard (29 gol)

Lampard adalah the other players dari apa yang disebut Generasi Emas yang, karena berbagai alasan, tidak pernah bermain dengan potensi penuhnya untuk Inggris.

Meskipun tidak mentransfer bentuk klubnya Chelsea ke panggung internasional secara lebih konsisten, kembalinya golnya yang mengesankan untuk Inggris membuatnya menjadi salah satu gelandang pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS