Sukses

Mudahkan Penonton Area Tribun Melihat Pertandingan Piala Dunia 2022, FIFA Luncurkan Mode AR

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan bergengsi ajang sepak bola tingkat dunia, Piala Dunia 2022 di Qatar, menjadi momen yang paling ditunggu bagi pecinta sepak bola. Pasalnya, setelah pandemi COVID-19 mereda, kini para penggemar bisa menyaksikan secara langsung pertandingan timnas kesayangan yang bermain di 8 stadion berbeda ini.

Harga tiket nonton Piala Dunia 2022 langsung di stadion Qatar pun dibanderol sekitar Rp288 ribu hingga Rp15 juta, sesuai dengan kategori yang kita pilih. Bagi penggemar bola yang menonton dari area tribun kini tak perlu lagi bersedih karena jarak yang jauh dan para pemain yang tidak terlihat dengan jelas.

Pasalnya kini FIFA resmi meluncurkan teknologi menonton dengan mode AR (Augmented Reality) bagi para penonton di area tribun. Teknologi tersebut memudahkan penonton untuk meninjau pemain mana saja yang bermain dan mengambil alih bola. Selain bisa meninjau pemain, teknologi AR ini juga mendukung tampilan 360 derajat.

@nazwif VR FIfa + 😍 #virtualreality #fifaplus #fifaworldcup2022 #viral #fypシ #trend #qatar2022 #fun #football #fypシ゚viral #fyi #foryoupage #foryou ♬ original sound - nazwif

Salah satu penonton @nazwif melalui akun TikTok-nya membagikan momen dirinya sedang menggunakan teknologi tersebut ketika ia berada di kursi area tribun.

Melalui unggahan videonya, Nazwif yang kala itu menonton di area tribun terlihat membuka aplikasi FIFA+ dan menyalakan mode AR. Namun, sebelum mode tersebut benar-benar aktif, ia harus memindai terlebih dahulu lapangan stadion tempat ia menonton pertandingan di hari itu.

Uniknya, saat laga tengah berlangsung, ia mencoba menekan salah satu pemain melalui layar ponselnya hingga muncul infografis ringkas terkait pemain yang ia pilih tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bikin Takjub Warganet

Usai melihat unggahan video TikTok dari Nazwif, warganet berbondong-bondong mengungkapkan rasa kagumnya terkait teknologi yang memfasilitasi para penonton area tribun tersebut.

Banyak yang mengatakan bahwa teknologi tersebut sangat keren dan patut diapresiasi atas keramahannya bagi para penonton area tribun yang tak bisa melihat dengan jelas timnas kesayangannya.

“Kereen,” tulis akun @penca**pr***.

“Keren banget bisa lihat para pemain dari jarak jauh jadi lebih jelas,” tulis akun @Ja***i.

“Teknologi ini mungkin dipakai sama komentator pas lagi mantau pertandingan,” tambah akun @makh******.

3 dari 4 halaman

Hadirkan Fasilitas Canggih Lainnya

Bukan hanya menyediakan fitur AR untuk menikmati pertandingan dari area tribun, pihak Qatar dan juga FIFA pun memiliki fasilitas canggih lainnya untuk menunjang hajatan sepak bola terbesar ini.

Mulai dari stadion ber-AC, ruangan berbasis sensor untuk difabel, sistem VAR untuk wasit, stadion yang megah, hingga bola Al Rihla yang memiliki sensor gerak untuk kecepatan.

4 dari 4 halaman

Pertandingan Argentina vs Australia

Usai kemenangan 2-0 saat melawan Polandia pada Kamis, (1/12/22) kemarin, timnas Argentina berhasil keluar sebagai juara Grup C dan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pada pertandingan selanjutnya, tim Tango akan bertemu pasukan dari Negeri Kanguru, Australia, yang keluar sebagai runner-up Grup D. Namun, timnas Argentina nampaknya perlu persiapan lebih matang usai rekan se-tim mereka, Angel Di Maria mengalami masalah pada kesehatannya.

Hal ini menyusul ditarik keluarnya sang pemain dalam laga pemungkas Grup C Piala Dunia 2022 kontra Polandia pada Kamis (1/12/2022) kemarin. Argentina sejatinya sudah mendapat peluang emas sejak babak pertama. VAR menghadiahi mereka tendangan penalti, tetapi gagal dieksekusi dengan baik oleh Lionel Messi.

Beruntung kesalahan itu tak melunturkan semangat La Albiceleste untuk meraih kemenangan. Dilansir dari Tyc Sports, Di Maria sudah melakukan pemeriksaan kesehatan pada bagian pahanya, namun tidak ditemukan tanda-tanda cedera. El Fideo pun diragukan bisa tampil dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada hari Minggu, (4/12/2022) mendatang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS