Sukses

5 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Makanan Panas

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berbicara tentang makanan, beberapa orang ada yang suka makanan dalam kondisi panas dan juga ada orang yang suka dalam kondisi dingin.

Ada makanan yang lebih enak dinikmati saat panas, sementara beberapa makanan lainnya lebih baik dimakan saat dingin.

Tetapi beberapa makanan juga dapat dinikmati baik dalam keadaan panas atau dingin. Jadi, mana yang kamu pilih? Dan apa pentingnya?

Bagaimana kamu akan memilih untuk menikmati makanan, mungkin tampak seperti masalah kesukaan masing-masing, tetapi sebenarnya ada hal yang lebih dari pada itu.

Mungkin kamu bertanya-tanya apakah ada manfaat kesehatan dari menyantap makanan panas dan apakah itu sesuatu yang harus sering dilakukan?

Melansir Health Guide, Jumat (12/2/2022), berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari makan makanan panas:

 

1. Makanan panas memiliki rasa yang lebih segar

Jika kamu ingin menikmati makanan apa pun, makanlah selagi masih panas. Dengan begitu, kamu dapat menikmati makanan selagi masih segar, karena rasanya akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan ketika memakannya dalam keadaan dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Makanan Panas Lebih Mudah Dicerna

Salah satu alasan mengapa lebih baik memilih makanan panas daripada makanan dingin adalah karena makanan panas lebih mudah dicerna. Menurut penelitian, makanan yang hangat lebih mudah terurai saat dicerna.

Ini berarti tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan panas dibandingkan dengan makanan dingin. Pencernaan yang tepat adalah kunci untuk menyerap semua nutrisi penting yang kamu butuhkan dari makanan.

Dengan makanan dingin, tubuh kamu harus bekerja keras untuk memecah makanan menjadi potongan-potongan saat kamu mencernanya. Hal ini dapat menyebabkan buang air besar tidak teratur dan masalah lain yang dapat terjadi di perut.

Memilih untuk makan makanan panas daripada makanan dingin akan memastikan pencernaan lebih mudah dan juga akan menyebabkan penyerapan nutrisi yang tepat. 

3 dari 4 halaman

3. Makanan Panas Lebih Sehat dan Higienis

Makan makanan panas dianggap lebih sehat daripada makan makanan dingin. Hal ini karena kuman dan bakteri tidak dapat bertahan hidup di luar suhu tertentu.

Ini juga mengapa penting bagi kamu untuk memasak makanan dengan benar sebelum makan, karena itu adalah cara terbaik untuk memastikan makanan itu sehat dan tanpa kontaminan.

Jika kamu membiarkan makanan menjadi dingin, ada kemungkinan makanan terkontaminasi sebelum memakannya. Sebagai aturan, selalu pastikan kamu memanaskan makanan sebelum memakanya.

 

4. Makanan Panas Membantu Mengatur Suhu Tubuh

Manfaat kesehatan lainnya dari makan makanan panas adalah bagaimana hal itu memengaruhi suhu tubuh kamu. Makan makanan panas akan membuat suhu internal Anda hangat.

Inilah sebabnya mengapa makan makanan panas pada hari yang dingin, seperti saat hujan, selalu dianggap yang terbaik, karena ini adalah salah satu cara kamu dapat secara efektif menjaga diri kamu tetap hangat.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Dapat Meningkatkan Metabolisme

Manfaat kesehatan potensial lainnya dari makan makanan panas adalah bahwa hal itu mungkin membantu dalam mempercepat metabolisme kamu.

Makanan panas dapat meningkatkan metabolisme kamu dengan meningkatkan detak jantung kamu dan menghasilkan lebih banyak panas dalam tubuh, membuat kamu membakar lebih banyak kalori, melalui peningkatan metabolisme.

Dengan demikian, mengkonsumsi makanan panas atau pedas mungkin dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Perlu diingat bahwa tidak semua makanan dimaksudkan untuk dimakan dalam keadaan panas. Beberapa makanan paling baik dinikmati saat dingin dan mungkin tidak perlu dimasak sama sekali, misalnya salad.

Jika makanan harus dimasak sebelum kamu bisa memakannya, pastikan makanan itu panas sebelum kamu mulai memakannya. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh manfaat kesehatan dari makan makanan panas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS