Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Rambut di Jari Kaki Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi hal yang wajar jika tubuh manusia ditumbuhi banyak rambut. Beberapa rambut memiliki tujuan yang spesifik dan jelas, seperti rambut di kepala untuk melindungi kepala dari sinar matahari atau rambut pada alis dan bulu mata yang menjaga mata dari kotoran, debu, polutan, dan keringat agar tidak masuk ke mata.

Rupanya tak hanya di bagia kepala dan mata, rambut pun bisa tumbuh di jari kaki. Lantas apakah kalian bertanya-tanya mengapa ada rambut di jari kaki? Apakah hanya sekedar rambut yang tumbuh tanpa alasan atau bahkan memiliki manfaat yang tak kalian tahu?

Ternyata, rambut pada jari kaki dapat menunjukkan kondisi kesehatan kita. Dikutip dari romper, Jumat (02/12/2022), rambut pada kaki jari memiliki banyak manfaat dan sayangnya masih banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Ini hanyalah salah satu dari banyak hal tertentu pada tubuh, seperti rambut tubuh atau lengkungan kaki Anda yang dapat menunjukkan indikasi halus tentang masalah kesehatan mendasar.

Meskipun penting untuk tidak mendiagnosis diri sendiri sebelum berbicara dengan seorang profesional, mungkin perlu diselidiki jika kalian melihat perubahan besar dalam pertumbuhan rambut di jari kaki Anda.

Patrick McEneaney, Dokter Podiatrik (DPM), pemilik dan CEO Northern Illinois Foot & Ankle Specialists, menerangkan, "Ketika Anda memiliki pertumbuhan rambut yang baik di kaki Anda sebelumnya dan itu mulai hilang, saya pikir itu adalah hal yang mengkhawatirkan," kata McEneaney dikutip dari Romper. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat mengindikasikan kesehatan kalian dilihat dari rambut di jari kaki, berdasarkan situs romper, Jumat (02/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Sirkulasi Tubuh Sedang Tidak Baik

Jika kalian kehilangan rambut di jari kaki kalian dengan relatif cepat, itu bisa menjadi tanda bahwa sirkulasi kalian tidak terlalu bagus.

"Orang-orang [yang] memiliki suplai darah yang buruk, baik karena penyumbatan di arteri mereka, karena merokok, atau karena alasan metabolik lainnya... bisa kehilangan rambut pada jari kaki mereka," McEneaney menjelaskan.

Hal ini dapat meluas ke kaki bagian bawah jika sirkulasi tubuh bagian bawah kalian sangat buruk. Jika jari-jari kaki kalian tidak memiliki rambut (atau Anda kehilangan rambut), bicarakan dengan dokter karena,dalam beberapa kasus sirkulasi yang buruk bisa jadi layak untuk dilihat lebih dekat oleh seorang profesional.

2. Sedang Berhadapan dengan Perubahan Hormon Alami

Hormon secara alami bergeser sepanjang hidup seseorang dan dengan itu bisa terjadi beberapa perubahan pada rambut tubuh kalian. Jika kalian melihat rambut di jari kaki kalian menjadi lebih kasar atau berwarna lebih gelap, mungkin hormon kalian berfluktuasi seiring bertambahnya usia.

"Kadang-kadang itu karena masalah tiroid," McEneaney menjelaskan.

Tapi itu juga hanya sesuatu yang bisa terjadi seiring waktu. Ini tidak berarti bahwa ada sesuatu yang sangat salah, hanya saja tubuh Anda mengalami perubahan alami yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

"Rambut ini dapat berubah warna seperti rambut lainnya di tubuh Anda dan Anda juga bisa mendapatkan uban di jari kaki Anda," kata McEneaney.

3 dari 4 halaman

3. Pertumbuhan Rambut Dipengaruhi Gen Keluarga

Seberapa banyak rambut yang kalian miliki di jari-jari kaki, serta bagaimana perubahannya mungkin juga ada hubungannya dengan gen kalian.

"Ada beberapa orang yang secara genetik cenderung mengalami peningkatan kekasaran rambut seiring bertambahnya usia," kata Dr. Erum N. Ilyas, M.D., dokter kulit bersertifikat di Schweiger Dermatology.

Jadi, jika orang tua atau anggota keluarga besar kalian memiliki banyak rambut di jari kaki mereka atau menjadi lebih gelap atau lebih tebal seiring bertambahnya usia, rambut jari kaki kalian mungkin akan mengalami hal yang sama.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kalian bisa saja berurusan dengan kondisi autoimun yang disebut alopecia, yang mengakibatkan hilangnya rambut secara tiba-tiba dan biasanya muncul di masa kanak-kanak. Jika hal ini terjadi dalam keluarga kalian, ini bisa menjelaskan mengapa rambut jari kaki kalian menipis secara tiba-tiba.

4. Diet Mempengaruhi Pertumbuhan Rambut

Pola makan dapat memengaruhi hampir semua hal tentang kesehatan Anda, bahkan hal-hal yang mungkin tidak Anda duga  seperti pertumbuhan rambut.

"Jika [mereka] tidak mendapatkan pola makan yang tepat, orang bisa kehilangan rambut mereka tidak hanya di jari-jari kaki mereka, tetapi di area lain juga," kata McEneaney.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi (ambil contoh zat besi) dapat menyebabkan rambut kalian menjadi lebih tipis atau jarang. 

4 dari 4 halaman

5. Berpotensi Mengalami Penyakit Vaskular Perifer

Salah satu penyebab sirkulasi yang buruk adalah penyakit pembuluh darah perifer, jadi jika kalian melihat kerontokan rambut yang substansial di mana saja di tubuh Anda, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

"Sirkulasi yang buruk sering kali dapat mengakibatkan penurunan aliran darah ke pembuluh darah kecil yang mendukung pertumbuhan rambut," jelas Dr. Erum.

"Sirkulasi yang buruk dapat diakibatkan [dari] penyakit pembuluh darah perifer selain kondisi seperti diabetes. Selain sirkulasi yang buruk ke area-area ini, kondisi-kondisi ini, selain gagal jantung kongestif, juga berkontribusi terhadap edema atau pembengkakan kaki. Pembengkakan tambahan pada kaki juga dapat menyebabkan penipisan atau kerontokan rambut pada jari-jari kaki dan kaki," katanya.

7. Disfungsi Saraf 

Hilangnya rambut pada jari kaki juga bisa menjadi tanda yang mendasari kerusakan saraf.

"Misalnya, distrofi simpatis refleks dan sindrom nyeri regional kompleks adalah gangguan yang kurang dipahami yang mungkin memiliki komponen saraf dan peredaran darah, mengingat beberapa perubahan kulit seperti hipotrichosis atau penurunan pertumbuhan rambut yang dapat menyertai area yang terkena," kata Dr. Erum.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS