Sukses

Tips Bangun Bonding Ibu dan Anak, Dimulai Sejak Janin di Kandungan

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan kuat ibu dan anak yang dibangun sejak bayi lahir adalah salah satu hal terpenting dalam perkembangan bayi.

Ketika bayi mendapatkan apa yang dia butuhkan dari ibu seperti senyuman, sentuhan, atau pelukan, dia akan merasa dunia adalah tempat teraman dan nyaman baginya.

Bidan Jamilatus Sa'diyah, menjelaskan, penting melakukan komunikasi dengan janin sejak dalam kandungan. Sebab, sejak dalam kandungan, bayi sudah punya spirit atau ruh yang suci, yang mengartikan bahwa kehidupan sudah dimulai dari dalam kandungan.

"Inisiasi menyusui dini, menyusui secara eksklusif dilanjut sampai 2 tahun dan melakukan perawatan esensial bayi baru lahir adalah tips utama membangun bonding antara anak dan ibu," kata Jamilatus seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Liputan6.com pada Rabu, 30 November 2022.

Selain itu cara-cara berikut ini bisa dilakukan untuk membangun ikatan kuat antara ibu dan anak:

- Sering menyentuh dan memeluknya. Ini akan membuat si Kecil merasa nyaman

- Berikan respons ketika dia menangis. Ini akan memberi rasa aman untuknya

- Selalu mengajak bicara. Ini akan membantu bayi mengenali suara Anda dan bahasa yang Anda gunakan

- Bernyanyilah untuk si Kecil, baik untuk membuatnya senang atau untuk meninabobokannya

- Merawatnya dan memperhatikan kebutuhan si Kecil dengan tulus dan cinta, termasuk dalam hal pemilihan produk perawatan untuknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Produk Perawatan Kulit Bayi

Memilih produk perawatan untuk bayi tentu tidak boleh main-main karena kulit bayi memang masih sensitif.

Karena itulah Bebble hadir dengan ingredients terbaik untuk digunakan bayi sejak umur 0 bulan, seperti natural oil dan ekstrak herbal, hypoallergenic fragrances, dan dermatologically tested.

Selain produknya yang sudah berstandar Eropa dan teruji BPOM, Bebble juga bebas paraben, bebas alkohol, bebas SLS, bebas minyak mineral, tidak memakai pewarna buatan, dan tidak menerapkan uji coba pada hewan. Kemasannya pun sangat menggemaskan dan mudah dibawa.

Dengan semua keunggulan tersebut, kulit bayi pun tetap terlindungi dan ternutrisi sejak dia lahir. Orang tua menjadi lebih tenang merawat si kecil sehingga akan membantu memperkuat bonding dengannya.

Bebble memiliki banyak varian yang disesuaikan dengan usia dan jenis kulit bayi, dari kulit kering, normal, hingga sensitif.

Mums juga harus tau bahwa Bebble memiliki produk Nappy Rash Cream yang dapat dijadikan sebagai rescue cream saat muncul ruam kulit, dengan harga terjangkau dan hasilnya langsung dapat dirasakan karena dapat menenangkan kulit yang sedang bermasalah.

Bebble juga mengeluarkan produk untuk para Mums yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kulit pada ibu hamil yaitu strechmark, kulit mengendur, dan juga ada produk untuk mengatasi area puting saat menyusui.

 

3 dari 3 halaman

Tips Suami dan Istri

Sementara untuk membangun bonding antara suami dan istri, Bidan Jamilatus Sa'diyah memberikan tips berikut ini:

- Mengikuti kelas kelas persiapan persalinan, menyusui, postpartum dan perawatan bayi baru lahir. Kelas yang bisa diikuti oleh pasangan karena banyak suami yang sungkan ikut kelas juga dipengaruhi oleh budaya patriarki yang menyebut tugas ayah mencari nafkah, dan tugas melahirkan menyusui hamil dan merawat bayi hanya peran ibu.

"Padahal ayah punya peran yang besar dalam semua proses ini dan mempunyai manfaat yang banyak," katanya.

- Menjalin komunikasi yang efektif dan asertif

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS