Sukses

7 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Bobotnya hingga 15 Kg

Liputan6.com, Jakarta - Kucing menjadi hewan peliharaan yang memiliki berbagai macam jenis dan ras. Pembagian ras pada kucing ditentukan dari ciri fisik, asal negara, dan bahkan pada bobot tubuhnya.

Kucing yang termasuk dalam ras berukuran besar umumnya memiliki ketahanan fisik yang kuat, cenderung lebih aktif dan percaya diri.

Meskipun kucing berukuran kecil lebih terlihat imut dan lucu, namun kucing ras besar bisa juga dijadikan peliharaan yang tak kalah menyenangkan.

Kucing memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Mulai dari bulunya yang indah dan lembut, matanya yang memikat, hingga sikapnya yang kadang bikin kita geleng-geleng kepala. 

Pada umumnya, kita lebih tertarik dengan kucing kecil. Apalagi mereka yang baru berumur beberapa bulan. Namun ternyata, ada sejumlah ras kucing yang justru disukai karena tubuhnya yang jumbo.

Mereka bisa dibilang jauh lebih besar daripada kucing yang sering kita jumpai. Bahkan ada yang melebihi ukuran anjing. Oleh karena itu, ketahui beberapa ras kucing berukuran besar seperti melansir dari Animals, Rabu (30/11/2022).

1. Savannah

Ras kucing terbesar di dunia jatuh pada Savannah, yang mana memiliki penampilan mirip dengan hewan cheetah alias macan tutul. Ras kucing yang sangat populer di Amerika Serikat ini dapat berukuran panjang sekitar 40-46 cm dengan berat badan berkisar 6,8 – 13,6 kilogram.

Dengan ukuran itu, jelas saja Savannah disebut sebagai ras kucing terbesar di dunia. Selain itu, ras kucing Savannah juga telah dinobatkan sebagai ras kucing terpanjang di dunia menurut Guinness World Records.

Ciri utama dari ras kucing Savannah adalah penampilannya yang nampak liar dan buas, sebab sangat mirip dengan cheetah. Dengan bulu yang tebal, tubuh besar dan tinggi, kaki yang panjang, serta telinga berbentuk segitiga.

Meski begitu, ternyata ras kucing satu ini sangat baik dan ramah. Bahkan ras kucing Savannah juga sangat setia terhadap pemiliknya, layaknya anjing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Maine Coon

Sebagai salah satu ras kucing paling populer di dunia, maine coon memiliki tubuh yang besar dengan sifat yang penyayang. Mereka juga suka bermain dengan manusia.

Ras kucing ini kerap mendapatkan penghargaan sebagai “Kucing Domestik Terbesar,” termasuk di Guinness World Record sebagai kucing terpanjang.

Hal ini dapat dimaklumi mengingat rata-rata bobot seekor maine coon bisa berkisar di antara angka 4 sampai 8 kilogram. Bahkan, ada yang beratnya mencapai 15 kilogram.

Ciri fisik lain dari kucing ini adalah cakar bulat besar, ekor panjang, dan memiliki warna bulu yang cenderung gelap.

3. Ragdoll

Sekilas jika diperhatikan, ras kucing yang satu ini memang nampak fluffy nan menggemaskan, ditambah matanya yang berwarna biru cerah. Ras kucing Ragdoll sangat populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, bahkan banyak selebritas juga turut memeliharanya.

Ciri utama dari ras kucing Ragdoll adalah badan dan panggulnya yang besar serta dadanya yang lebar. Berat badannya sekitar 5,4-9 kg untuk jantan, sementara pada betina sekitar 5,4-6,8 kg.

Ragdoll cenderung mudah beradaptasi dengan hewan lainnya, sekalipun itu kucing ras lain, anjing, hingga hamster. Tidak hanya itu saja, Ragdoll suka sekali mengeong dan memiliki kepribadian yang jinak serta manja.

Uniknya, ras kucing Ragdoll ini memiliki rentang usia yang lebih panjang, yakni sekitar 15-20 tahun. Bahkan, usianya akan semakin panjang jika kucing jenis ini lebih banyak menghabiskan hidupnya di dalam ruangan, sebab dapat menurunkan risiko paparan penyakit.

3 dari 4 halaman

4. British Shorthair

Mata besar dan tubuh kekar menjadi ciri khas dari kucing British Shorthair. Awalnya kucing ini dikembangkan sebagai hewan pekerja untuk memburu hewan-hewan pengerat di Inggris.

British Shorthair terkenal sebagai kucing yang independen dan tidak banyak menuntut. Mereka tergolong pendiam dan pemalu. Bulunya kerap berwarna biru dan tidak terlalu suka digendong.

Bobotnya sendiri berkisar di angka 4 sampai 8 kilogram. Kamu harus mengatur pola makannya dengan benar karena kucing ini berpotensi obesitas.

5. Chausie                                                 

Sebagai pecinta alam, kucing Chausie terkenal sebagai hewan yang cerdas dan atletis. Mereka seolah memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Perlu dicatat, mereka termasuk kucing yang suka dengan rutinitas dan tidak menyukai perubahan.

Chausie merupakan perpaduan antara kucing domestik dengan kucing hutan liar, sehingga penampilan fisik mereka seperti kucing hutan. Mereka memiliki kaki yang panjang dengan berat mencapai 11 kilogram.

Sudah kebayangkan betapa beratnya kucing ini jika kamu peliharanya di rumah? Maka dari itu, jenis kucing peliharaan ini termasuk ke dalam spesies kucing terbesar di dunia yang masih hidup saat ini.

4 dari 4 halaman

6. Norwegian Forest

Norwegian Forest alias kucing hutan Norwegia juga menjadi salah satu ras kucing alami yang berasal dari daerah di Norwegia. Kucing ras ini termasuk pada jajaran kucing terbesar di dunia, yang tak kalah besar dari ras Maine Coon.

Kucing ras satu ini sangat senang untuk tinggal bersama dengan peliharaan lain, salah satunya adalah hewan anjing. Ciri umum dari ras kucing Norwegian Forest adalah badannya yang besar dengan kaki panjang dan ekor yang selalu mengembang.

Meskipun terlihat garang, tetapi kucing ras Norwegian Forest ternyata sangat ramah dan mudah dekat dengan anak-anak.

7. Turkish Van

Ciri khas dari kucing ini adalah warna putih pada bulunya. Kucing Turkish Van terkenal dengan kemampuan melompatnya yang hebat. Mereka juga terkenal sebagai kucing yang atletis, cerdas, dan aktif.

Mereka kerap meminta perhatian ke pemiliknya. Berbeda dengan kucing kebanyakan, Turkish Van terkenal menyukai air dan dijuluki “Kucing Renang” di negara asalnya, Turki. Bobot kucing ini berkisar di angka 3 sampai 9 kilogram.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS