Sukses

5 Rekomendasi Destinasi Liburan Bertema Sejarah di Qatar

Berikut ini adalah 5 rekomendasi tempat bersejarah di Qatar yang bisa para turis kunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Qatar saat ini menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 yang telah resmi digelar sejak 20 November 2022 lalu. Sebanyak 32 negara bersaing dengan unjuk kehebatan satu sama lain dalam menentukan siapa juaranya di Piala Dunia tahun ini.

Piala Dunia pada tahun ini juga dikabarkan menjadi Piala Dunia dengan biaya termahal sepanjang sejarah. Dikutip dari Forbes, Qatar bahkan sampai mengeluarkan $200 miliar dalam menyiapkan dan menyelenggarakan Piala Dunia 2022.

Qatar telah merombak penampilan negaranya dengan anggaran sebesar itu. Mulai dari pameran seni, lapangan bola, jalan, transportasi, dan sebagainya agar mata dunia tertuju padanya saat ini.

Ajang Piala Dunia juga diharapkan dapat menaikan destinasi wisata Qatar. Qatar juga memiliki cerita dan sejarahnya yang nampaknya layak diketahui semua turis yang datang ke sana. Nah bagi kalian yang ingin mengetahui deretan sejarah menarik tentang Qatar, berikut 5 rekomendasi tempat bersejarah di Qatar yang bisa dikunjungi para turis dilansir dari myholidays, Selasa (29/11/2022):

1. Msheireb Museums - Mengenal Sejarah Doha

Museum Msheiren adalah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Qatar dan tentu saja di antara atraksi wisata Doha teratas. Museum Msheireb adalah 4 keajaiban sejarah yang menunjukkan kekayaan sejarah perikanan Doha. Di antara banyak hal lain yang ditawarkannya, museum ini juga menunjukkan bagaimana Doha memulai perjalanannya sebagai desa nelayan kecil namun bisa bangkit. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memahami berbagai aspek sejarah Qatar langsung dari akarnya.

Bin Jelmood House, Mohammad Bin Jassim House, The Company House, dan The Radwani House adalah empat rumah berbeda yang merupakan bagian integral dari museum ini.

Museum ini tepat didefinisikan sebagai museum mutakhir, karena mewakili sejarah dan kehidupan orang-orang yang tinggal di Qatar dan meniru peran mereka untuk pengembangan dan modernisasi Qatar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. National Museum Of Qatar - Sejarah Qatar Dalam Tiga Bagian

Museum lain yang bisa dikunjungin ialah Museum Nasional Qatar. Berada di perairan Corniche di Doha, museum ini dibangun dengan pemandangan teluk yang luar biasa. Museum ini menunjukkan sejarah Qatar dalam tiga bagian permulaan, kehidupan sekarang, dan sejarah modern. Salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Doha dekat bandara, pengunjung yang datang ke sini bisa melihat hari-hari awal, kehidupan di Qatar, dan sejarah modern di negara ini yang cukup untuk membuat Anda jatuh cinta dengan negara ini.

Yang menarik dari museum ini adalah museum ini menampilkan karpet mutiara Baroda bersama dengan banyak atraksi Qatar lainnya. Ada total 11 galeri, kafe, restoran, dan taman sebagai fasilitas di museum.

Arsitekturnya yang telah membuat Museum Nasional Qatar menjadi daya tarik dan landmark ikonik. Dirancang oleh arsitek terkenal Jean Nouvel, museum ini merepresentasikan bentuk mawar padang pasir, yang memiliki makna penting dalam budaya Arab. 

3 dari 4 halaman

3. Mathaf - Surga Bagi Seni Modern

Berakar di kota pendidikan Doha dan sebuah Museum yang melayani seni modern, museum Mathaf of Modern Art Qatar memiliki lebih dari 9000 karya seni yang telah dikumpulkan selama rentang waktu 25 tahun.

Sekarang yang menarik dari museum ini adalah bahwa museum ini menyediakan tur gratis bagi para pengunjungnya dan menginformasikan segala sesuatu tentang karya seni tertentu sambil menyediakan layanan antar-jemput gratis bagi para pengunjungnya. Oleh karena itu, ini adalah tempat untuk dikunjungi bagi para pecinta seni.

Setiap koleksi seni yang signifikan di museum ini pernah dikumpulkan oleh Sheikh Hassan bin Mohamed bin Ali Al Thani. Dia berkeliling untuk mengumpulkan karya seni terbaik yang dipamerkan, mewakili kekayaan budaya Turki, Iran, dan negara-negara Asia dan Afrika Utara lainnya. Terdapat lukisan, karya di atas kertas, patung, instalasi, dan karya video yang berasal dari abad ke-19.

 

4 dari 4 halaman

4. Desa Budaya Katara - Sebuah Sorotan Dari Semarak Budaya Qatar

Sebuah tempat yang menyajikan sorotan sejati dari budaya Qatar yang semarak, Desa Budaya Katara adalah objek wisata sejarah yang sempurna yang menampung teater, taman, dua masjid yang dirancang dengan elegan, sejumlah besar galeri seni, dan banyak lagi. Anda dapat melihat sekilas sejarah Qatar yang menakjubkan atau menuju ke restoran di daerah tersebut untuk menikmati makanan yang sedang berlangsung selama malam hari.

Sebuah tempat yang membawa seseorang dalam perjalanan melalui masa lalu Doha, Desa Budaya Katara menggambarkan bagaimana Doha bangkit dari akarnya untuk menjadi kota seperti sekarang ini. Desa ini buka untuk umum dan waktu bukanya 24 Jam

5. Rumah Radwani - Artefak Sejarah Terbaik Qatar

Dibangun pada tahun 1920 dan salah satu contoh tertua dari sejarah Qatar, Rumah Radwani dimiliki oleh Aki Akbar Radwani dan keluarganya yang tetap memiliki rumah tersebut selama sekitar 70 tahun. Saat ini, rumah ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Qatar dan pengunjung yang datang ke sini bisa melihat artefak yang menakjubkan.

Faktanya, seperti yang dikatakan sejarah, keluarga tersebut pindah dari rumah pada tahun 1971 setelah rumah itu hancur. Pada tahun 2007, sebuah penyelidikan Arkeologi dilakukan, setelah itu, rumah ini dipugar dan dibuka untuk umum.

Siapa saja yang datang ke sini dapat mengikuti tur ke dapur, halaman, ruang tamu, dan area lain dari rumah ini untuk merasakan kecemerlangan sejarah Qatar yang sesungguhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.