Sukses

Duh, Stadion 974 Qatar Sempat Mati Lampu Saat Pertandingan Brasil vs Swiss Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Lampu di Stadion 974, Doha, Qatar meredup secara dramatis ketika pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 antara Brasil vs Swiss pada Senin (28/11). Momen tersebut terjadi di menit ke-44 saat Brasil siap mengambil tendangan sudut di babak pertama. Tepat sebelum tendangan dilakukan, keempat lampu sorot stadion redup secara bersamaan.

Hal tersebut membuat para pemain bingung, sementara wasit melakukan tindakan cepat untuk mengetahui apa yang terjadi. Kendati demikian, lampu menyala lagi kurang dari 10 detik dan pertandingan dilanjutkan dengan Brasil mengambil sepak pojok, yang akhirnya dihalau oleh Swiss.

Dilansir melalui Sportstar, pada Selasa (29/11/2022), meskipun alasan pemadaman listrik belum diketahui, ini adalah pertama kali masalah seperti itu muncul selama pertandingan Piala Dunia Qatar 2022.

Selain itu, hal tersebut akan menjadi catatan bagi otoritas Qatar, apalagi, Qatar adalah negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini. 

Momen aneh tersebut disebarkan oleh akun media Indonesia 'Extra Time Indonesia', @idextratime, dengan mengunggah tangkapan layar cuplikan streaming-nya di Twitter.

"Qatar mati lampu," tulis akun tersebut sebagai keterangan foto dikutip Selasa (29/11/2022).

Ragam komentar kocak dari warganet juga membanjiri unggahan tersebut.

"Ngakak juga mati lampunya," tulis akun @wsiden** yang dilanjutkan dengan tambahan video dengan keterangan "1001 kisah Piala Dunia di Qatar, lagi ada match seru tiba-tiba mati lampu.".

"Udah dibilang jangan nyetrika pas lagi masak nasi, jepret kan saklarnya," tulis akun @badadz****

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Stadion Berkapasitas 44.000 Kursi

Stadion dengan arena berkapasitas 44.000 kursi ini adalah tempat ketujuh yang dibangun khusus untuk Piala Dunia Qatar 2022. Sebelumnya dikenal sebagai Ras Abu Aboud, Stadion 974 telah diresmikan saat perhelatan Piala Arab yang dimulai pada 30 November 2021 silam.

Dilansir Times of Doha, Stadion 974 akan menjadi tuan rumah untuk tujuh pertandingan Piala Dunia 2022, hingga tahap Babak 16 Besar. Stadion 974 diklaim memiliki konstruksi lebih sedikit dan membutuhkan bahan material, sehingga mengurangi limbah serta meminimalisir jejak karbon pada proses pembangunannya.

Diketahui, venue ini dibangun menggunakan kontainer pengiriman, dan fakta menariknya bahwa 974 adalah jumlah kontainer pengiriman yang digunakan untuk membangun venue. Tak heran, dijuluki sebagai Stadion 974.

Tak hanya itu, 974 juga merupakan kode panggilan internasional Qatar dan itu juga berperan di balik nama stadion. Nama ini juga seharusnya mencerminkan posisi strategis stadion yang terletak dekat dengan Bandara Internasional Hamad, Bandara Doha dan Pelabuhan Doha.

3 dari 4 halaman

Stadion Pertama yang Bisa Dibongkar Pasang

Stadion 974 merupakan stadion pertama yang sepenuhnya dapat dibongkar dalam sejarah Piala Dunia. Stadion ini dianggap cukup menarik karena dapat sepenuhnya dibongkar setelah digunakan dalam sejarah Piala Dunia. Stadion ini dibangun menggunakan kontainer pengiriman dan rangka baja modular, yang mencerminkan sejarah maritim Qatar.

Desain stadion membuatnya menarik secara visual sekaligus memastikan efektivitas biaya, mengingat lebih sedikit bahan yang digunakan dibandingkan dengan stadion tradisional.

Selain itu, salah satu fitur yang paling menonjol dari venue Piala Dunia 2022 adalah Advanced Cooling Tech yang akan menjaga suhu di dalam stadion agar tetap optimal, baik untuk para suporter maupun para pemain.

Namun, Stadion 974 akan menjadi satu-satunya tempat Piala Dunia yang tidak akan memiliki teknologi pendingin. Stadion ini tidak membutuhkannya, mengingat desainnya yang inovatif dan berventilasi alami karena desain dan lokasinya yang sangat dekat dengan tepi laut.

4 dari 4 halaman

Tuan Rumah Influencer Cup

Stadion 974 sempat menjadi penyelenggara turnamen unik, yakni Influencer Cup. Itu adalah turnamen untuk pembuat konten dari berbagai belahan dunia yang berlangsung di Doha, Qatar, pada 28-29 Maret 2022 silam.

Acara ini diselenggarakan oleh Qatar Supreme Committee for Delivery and Legacy. Turnamen itu juga akan mengumpulkan Duta Warisan Qatar dan legenda FIFA lainnya seperti Cafu, Samuel Eto'o, Tim Cahill, Javier Mascherano, Lothar Matthaeus, hingga Marcel Desailly.

Di antara para peserta ada influencer terkenal seperti Billy Wingrove, Sean Garnier, Werevertumorro, dan Morena Beltran. Terlepas dari beragam fakta Stadion 974, tempat ini sangat mudah diakses karena lokasinya memang sangat strategis, yang mana terletak dalam jarak 4 km dari Bandara Internasional Hamad.

Juga sangat dekat dengan Bandara Doha dan Pelabuhan Doha. Venue ini juga mudah diakses menggunakan Doha Metro. Stadion ini terletak dalam jarak 800 m dari Stasiun Ras Abu Abboud di jalur emas metro. Bepergian ke sana kemari dari stadion untuk Piala Dunia harus menjadi hal yang menyenangkan bagi para penggemar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS