Sukses

Pemerintah Korsel Beri Medali Khusus Rayakan 10 Tahun Anniversary BTS

Liputan6.com, Jakarta- Perusahaan milik pemerintah Korea Selatan, Korea Minting and Security Corporation, mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan HYBE akan mempersembahkan medali di 10 tahun Anniversary BTS

Official Commemorative Medal yang akan dipersembahkan untuk 10 tahun debut Anniversary BTS telah dipersiapkan selama satu tahun terakhir.  

Mengutip Naver, Senin (28/11/2022), medali peringatan ini akan diproduksi dengan menggabungkan teknologi manufaktur kelas dunia Korea Minting Corporation dengan desain yang sangat artistik.

Perusahaan milik pemerintah yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan mencetak mata uang Korea Selatan, Korea Minting, Security Printing & ID Card Operating Corporation, itu pada 12 Maret 2018 lalu diketahui pertama kali mencetak medali untuk 9 member EXO atas pencapaian EXO di Hallyu Wave. 

Perusahaan ini sebelumnya juga telah merilis medali peringatan untuk menghormati tokoh sejarah dan landmark budaya Korea Selatan, serta koin peringatan untuk merayakan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018. 

Tahun ini, mereka merilis medali untuk BTS yang di desain dengan logo BTS dan angka 10. Kemudian tahun depan, medali peringatan kedua akan dirilis dengan motif potret masing-masing anggota.

“BTS berkembang sebagai superstar yang takan tergantikan di Korean Wave dan memiliki pengaruh budaya dan ekonomi global,” kata Korea Mint Corporation. 

Medali peringatan pertama akan dirilis melalui pusat perbelanjaan Korea Mint Corporation dan SNS resmi HYBE.

“Ini lebih bermakna dari apa pun untuk mempromosikan bisnis medali peringatan resmi bersama HYBE dalam perayaan ke-10 debut BTS,” kata presiden Korea Mint Corporation, Bang Jang Sang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

BTS dan Ekonomi Korea Selatan

Terlepas dari anniversary BTS sejak 10 tahun debutnya, boyband dengan segudang prestasi ini memberikan dampak yang cukup besar untuk Korea Selatan khususnya di bidang pariwisata, budaya, dan ekonomi. 

Berdasarkan angka, Hyundai Research Institute (HRI) pada 2018 melaporkan bahwa BTS berkontribusi lebih dari $3,6 miliar atau setara Rp56 triliun untuk ekonomi Korea Selatan setiap tahunnya. Hal tersebut ditaksir setara dengan kontribusi 26 perusahaan menengah Korea. 

Menurut laporan yang diperbarui pada tahun 2019, efek ekonomi BTS secara keseluruhan adalah 5,56 triliun won per tahun bagi Korea Selatan, yaitu sekitar $ 4,9 miliar.

HRI memprediksi bahwa dampak ekonomi BTS selama 10 tahun akan mencapai 56,2 triliun won ($49,8 miliar). Angka ini akan dengan mudah melampaui Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 yang mencapai 41,6 triliun won.

Mereka juga memperkirakan bahwa BTS dapat menghasilkan nilai ekonomi sebesar 41,8 triliun won pada periode 2014-2023.

3 dari 4 halaman

BTS dan Pariwisata Korea SelatanBTS

Menurut HRI, 796.000 orang asing mengunjungi Korea Selatan setiap tahunnya karena BTS mempromosikan industri pariwisata lokal. Dari 10,41 juta orang, 7,6 persen kunjungan pada 2017 dipengaruhi oleh grup Korea tersebut. HRI juga menyatakan bahwa satu dari setiap tiga belas wisatawan asing mengunjungi Korea Selatan pada 2017 berkat BTS.

Pemerintah Metropolitan Seoul memberikan pujian kepada BTS dalam membantu memulihkan industri pariwisata Seoul yang terkena dampak negatif dari larangan THAAD.

Organisasi Pariwisata Korea bahkan melakukan survei tentang tempat-tempat paling populer di Korea Selatan di mana lima lokasi teratas yang dipilih adalah tempat-tempat yang berhubungan dengan BTS.

Selain itu, konser Yet to Come Busan juga dilaporkan mendatangkan puluhan miliar dollar untuk Busan. Tiket pesawat dan penginapan habis serta taksi-taksi di Busan juga sibuk mengantar jemput penumpang yang datang khusus untuk BTS.

4 dari 4 halaman

BTS dan Ekspor Impor Korea Selatan

Pada Desember 2018, HRI juga mengungkapkan bahwa BTS bertanggung jawab untuk menyumbang $1,1 miliar (1,7 persen) terhadap total ekspor barang konsumen Korea yang mencapai $65,2 miliar pada 2017. 1,7 persen adalah persentase besar yang dikontribusikan hanya oleh satu artis Korea saja.

Alasan lain mengapa hal ini sangat besar adalah karena barang-barang ekspor seperti kosmetik, makanan, pakaian (di mana BTS memiliki dampak yang menarik) dianggap sebagai ekspor populer di Korea Selatan.

Dalam industri mobil, BTS saat ini menjadi duta global dari SUV Hyundai Motor Palisade. Menurut SM2 Networks, Hyundai Motor menerima 600 miliar won atau setara $504 juta berkat hasil promosi dari kolaborasi dengan grup ini.

Sistem Statistik Ekonomi Bank of Korea menyatakan bahwa BOP Korea Selatan (neraca pembayaran yang merupakan total transaksi ekonomi antara suatu negara dan dunia) untuk musik dan hiburan mencapai $114,7 juta pada kuartal pertama 2019 karena dua alasan utama, yakni hubungan yang membaik antara Cina dan Korea Selatan dan kesuksesan global BTS.

Menariknya, angka tersebut adalah surplus BOP tertinggi yang tercatat sejak kuartal ketiga 2016 yang tercatat sebesar $132,4 juta. Fakta bahwa BTS berkontribusi dalam meningkatkan surplus BOP adalah hal yang luar biasa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS