Sukses

Mengenal Istilah Vestiphobia, Fobia Terhadap Pakaian

Liputan6.com, Jakarta - Kalian mungkin pernah mendengar tentang Arachnophobia (takut laba-laba) dan bahkan ketakutan lain seperti Ophidiophobia (takut ular) atau Agoraphobia (takut ruang terbuka/keramaian) dan banyak fobia unik dan aneh lainnya.

Tetapi hanya sedikit orang yang pernah mendengar tentang Vestiphobia atau ketakutan terhadap pakaian. Para ilmuwan percaya bahwa fobia ini dapat muncul dari beberapa tempat atau keadaan yang berbeda, termasuk alergi terhadap kain tertentu atau pengalaman sebelumnya dengan pakaian.

Mengutip laman The Fact Site, Senin (28/11/2022) Peristiwa traumatis yang melibatkan pakaian atau kain dapat menyebabkan Vestiphobia pada seseorang.

Tentara dan orang lain dengan riwayat bekerja di militer telah diketahui banyak yang memiliki fobia ini. Pakaian dengan rompi anti peluru, sepatu bot militer atau item pakaian lainnya biasanya memberikan pengalaman buruk untuk mereka sehingga fobia dapat dipicu.

Beberapa orang telah mengklaim bahwa Vestiphobia bisa turun-temurun, dengan kata lain jika ayah atau ibu seseorang memiliki rasa takut terhadap pakaian, ada kemungkinan lebih tinggi keturunan mereka punya rasa takut yang sama.

Namun, hanya ada sedikit bukti untuk hal ini dan dikatakan bahwa fobia anak disebabkan karena mereka tumbuh dengan menyaksikan orang tua mereka menderita Vestiphobia. Untuk itu kita perlu mengenal fobia unik ini dengan mengetahui apa saja fakta-fakta yang ada didalamnya. 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gejala Vestiphobia

Seperti banyak fobia lainnya, gejalanya sebagian besar terkait dengan kepanikan dan kecemasan. Gejala-gejala yang dirasakan oleh setiap individu akan berbeda tergantung pada tingkat keparahan rasa takut mereka.

Tetapi kebanyakan orang dengan Vestiphobia akan melaporkan gemetar, hiperventilasi atau merasa terperangkap dan di luar kendali atau merasa terengah-engah serta merasakan pusing atau mual yang berlebih.

Seperti halnya alergi dan ketakutan lainnya, beberapa orang mungkin mengalami lebih banyak gejala daripada yang lain. Gejala-gejala tersebut bahkan dapat bervariasi pada kesempatan yang berbeda, misalnya, berkeringat berlebihan pada suatu hari, tetapi kemudian tiba-tiba tubuh mengalami gemetar hebat pada hari yang lain. Semakin banyak trauma dan ketakutan yang dirasakan seseorang semakin banyak gejala yang mereka alami.

3 dari 4 halaman

Penyembuhan untuk Vestiphobia

Hipnoterapi adalah pengobatan umum yang digunakan oleh banyak orang dengan fobia, termasuk Vestiphobia. Karena rasa takut akan pakaian dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, hipnoterapi bisa efektif dalam mengubah alam bawah sadar untuk meminimalkan fobia.

Dokter akan sering meresepkan obat untuk pasien yang menderita Vestiphobia, meskipun hal ini dapat menyebabkan efek samping yang cukup parah. Pasien juga diketahui menderita gejala putus obat setelahnya meski obat juga dapat menekan rasa takut untuk sementara waktu.

Terapi bicara juga bisa efektif dalam menghilangkan sebagian atau semua rasa takut yang dirasakan oleh penderita Vestiphobia. Meskipun ini bisa memakan waktu beberapa bulan, efeknya lebih permanen daripada pengobatan.

4 dari 4 halaman

Kenali Ciri dan Cara Pencegahan

Banyak di antara para penderita fobia ini terjadi karena perasaan ketakutan dan trauma yang mereka alami sekian lama. Untuk itu kita perlu untuk melakukan pencegahan dengan mengenali ciri-cirinya.

Carilah pakaian dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan tubuh kita maupun lingkungan. Bagaimanapun berpakaian adalah salah satu aspek yang penting dalam kehidupan.

Ketika kalian merasa tidak nyaman ketika mengenakan pakaian tertentu, kenali dan cari tahu mengapa pakaian itu dapat memberikan rasa tidak nyaman terhadap kalian. Hindari dengan tidak menggunakan pakaian seperti itu lagi agar rasa ketakutan dan tidak nyaman akan menjadi makin besar.

Segeralah untuk memeriksakan diri ketika kalian mulai Vestiphobia agar lebih cepat dilakukan tindakan terapi, karena penyempuan fobia pada seseorang memerlukan waktu yang lama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS