Sukses

Hari Guru Nasional 2022, Warganet Berterima Kasih pada Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Tak sedikit warganet yang memberikan ucapan terima kasih kepada guru-guru yang telah berjasa di hidup mereka.

Liputan6.com, Jakarta Guru merupakan salah satu profesi yang paling berjasa. Saking berjasanya, guru mendapatkan hari spesialnya sendiri. Seperti di Indonesia misalnya, jasa guru diapresiasi dengan diadakannya Hari Guru Nasional yang selalu dilaksanakan setiap tahun yaitu pada tanggal 25 November. Sementara itu, untuk seluruh dunia, Hari Guru Dunia atau World Teachers’ Day diadakan setiap tahun pada 5 Oktober. 

Hari Guru Nasional dicetuskan pada tahun 1994 sesuai keputusan Presiden Soeharto, yakni dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Lalu juga ada pada UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Hari Guru Nasional diperingati bersamaan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sebagai pemimpin negara tentu tidak lupa mengucapkan sepatah dua kata dalam peringatan Hari Guru Nasional. 

"Kian ke depan, tantangan kian berat. Hanya dengan pendidikan yang baik, anak-anak kita akan siap memasuki masa depan dengan kompetisi yang sengit. Para guru menjadi tumpuan kita untuk mempersiapkan dan menempa anak-anak bangsa menghadapi tantangan dan mewujudkan harapan kita," ujar Pak Jokowi dalam unggahan media sosial resminya.

Kian ke depan, tantangan kian berat. Hanya dengan pendidikan yang baik, anak-anak kita akan siap memasuki masa depan dengan kompetisi yang sengit. Para guru menjadi tumpuan kita untuk mempersiapkan dan menempa anak-anak bangsa menghadapi tantangan dan mewujudkan harapan kita. pic.twitter.com/qMtjU5m2Xo

— Joko Widodo (@jokowi) November 25, 2022

 

Dalam unggahan yang sama, Pak Jokowi juga menggunggah gambar animasi bertulisan "SELAMAT HARI GURU NASIONAL" sebagai bentuk apresiasi. Selain oleh Jokowi, Hari Guru Nasional juga menjadi perbincangan hangat di Twitter pada saat ini, Jumat (25/11/2022). Tak sedikit warganet yang memberikan ucapan terima kasih kepada guru-guru yang telah berjasa di hidup mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapkan Selamat Hari Guru

Simak beberapa ucapan warganet di Twitter mengenai Hari Guru Nasional:

"Selamat Hari Guru buat seluruh guru, pendidik, dan pengajar di Indonesia 🙏👏 Semoga pendidikan di Indonesia semakin merata, bukan hanya jumlahnya aja tapi juga kualitas pendidikannya dan gaada lagi anak yang gabisa mengenyam pendidikan karena keterbatasan biaya. 🇮🇩💪," ucap salah satu warganet di Twitter.

"Ya Allah terharu liat sliweran status hari guru ini yah:') iya sih pengennya jg tiap hari adalah hari guru, tapi ini jg udah manis bangettttt sihh ❤️ selamat hari guru semua guru Indonesia. Makasih yah udah berjibaku mendidik generasi," ucap warganet lain. Dia merasa terharu melihat ucapan Hari Guru Nasional yang berseliweran.

"Selamat hari guru semua mahasiswa keguruan calon guru guru keren!❤️❤️❤️😍😍😍 Terima kasih telah memilih jadi pasukan pendidik garda terdepan nasional mendidik generasi masa depan yahhh," tulis warganet lainnya. Dia menilai guru adalah orang paling bertanggung jawab untuk mempersiapkan generasi muda selanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Quotes Spesial

Ada juga yang memberikan kata-kata mutiara untuk merayakan Hari Guru Nasional:

"'Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat,' oleh Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Selamat Hari Guru untuk semua insan yang mengabdikan diri demi kecemerlangan ilmu pengetahuan," ujar salah satu warganet meng-quotes ucapan Raden Mas Haji Oemar Said Tjokroaminoto, atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai H.O.S. Tjokroaminoto. 

"Memperingati HUT PGRI & Hari Guru Nasional: 'Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki, oleh Bung Hatta," tulisan warganet lain. Kali ini meng-quotes wakil presiden Indonesia pertama, Dr. Drs. H. Mohammad Hatta.

4 dari 4 halaman

Masih Belum Dihargai

"Teruntuk semua guru diseluruh dunia 🥰 Selamat Hari Guru Nasional ❤ terima kasih Pahlawan tanpa tanda jasa ❤🥰," tulis salah satu warganet memberikan selamatnya. Ia menyebut guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, yakni sebutan yang merujuk pada pengakuan bahwa guru adalah profesi yang sangat berharga tetapi tidak, atau kurang, mendapat pengakuan dari negara dan masyarakat.

Guru saat ini memang masih kurang mendapat pengakuan atau dihargai. Beberapa warganet menjadikan kesempatan hari spesial ini untuk mengkritik perlakuan pemerintah kepada guru. 

"Selamat hari guru nasional, pahlawan tanpa tanda jasa, semoga kesejahteraannya semakin diperhatikan oleh pemerintah, terutama nasib guru yang berada di pelosok daerah dan statusnya yang masih honorer 🙏 Pak Menteri @nadiemmakarim @kemenkeu dan @kemenpendidikan," ucap salah satu warganet.

"Dipikir-pikir lagi di hari guru gini kayanya guru indonesia lebih butuh apresiasi lewat bayaran yang layak daripada cuma sekedar ucapan 'selamat hari guru'," ucap warganet lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.