Sukses

Isi Goodie Bag Barang-Barang Mewah, Berapa Harga Tiket Piala Dunia 2022?

Merogoh biaya fantastis untuk menonton Piala Dunia, para suporter akan mendapatkan goodie bag barang-barang khas Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 telah resmi dimulai pada Minggu, 20 November 2022, dengan pertandingan antara Qatar vs Ekuador sebagai pembuka. Tentunya momen para penggemar bola saling menanti-nanti pertandingan selanjutnya untuk menonton negara favorit mereka saling bertanding.

Terlebih lagi, menonton Piala Dunia secara langsung untuk menyaksikan negara favorit mereka bertanding melawan tim-tim terbaik di dunia adalah impian bagi sebagian besar penggemar sepak bola.

Tetapi, mimpi itu akan berada di luar jangkauan banyak orang tahun ini, karena turnamen di Qatar telah ditetapkan sebagai tiket yang termahal bagi para pengunjung.

Melansir dari Insider, Senin (21/11/2022), tiket bukan satu-satunya aspek yang membuat dompet meringis, melainkan harga perjalanan serta akomodasi yang juga sangat mahal.

Sementara tiket di diskon untuk penduduk setempat, tapi bagi mereka yang berasal dari luar Qatar akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal.

Melansir dari Daily Mirror, Studi dari Sports Keller menyatakan bahwa harga tiket Piala Dunia 2022 di Qatar adalah yang termahal yang pernah ada untuk pertandingan Piala Dunia dalam 20 tahun terakhir, dengan harga tiket untuk final 59 persen lebih tinggi dari empat tahun lalu.

Para penggemar sepak bola yang menghadiri pertandingan Piala Dunia di Qatar, akan membayar hampir 40 persen lebih mahal untuk tiket pertandingan dibandingkan dengan mereka yang menonton edisi 2018 di Rusia.

Namun ternyata, di balik tiket dengan harga fantastis tersebut, terdapat fasilitas yang disediakan untuk para penggemar yang menonton secara langsung. Para suporter akan mendapatkan goodie bag barang-barang khas Piala Dunia 2022 Qatar.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hadiah Bagi Para Supporter

Salah satu penonton yang hadir di Piala Dunia Qatar, membagikan potret beberapa hadiah yang diberikan oleh tuan rumah ketika menonton laga pertandingan.

Akun dengan nama @_WithAlvin membagikan beberapa foto dengan keterangan “Hadiah untuk para penggemar di stadion hari ini.” 

Diunggah pertama kali oleh Alvin, terlihat dalam potret yang dibagikan dia mendapatkan sekantong parfum dan stick yang dapat dikunyah. Tampak bahwa tas hadiah disematkan di tiap bangku stadion sebelum para penggemar duduk.

Akun dengan nama @WsportTV juga memperlihatkan beberapa hadiah yang didapatkan para penggemar yang menonton pertandingan secara langsung. Tampak mereka juga mendapatkan souvenir mascot Piala Dunia, Laeeb dan bola dengan logo Piala Dunia Qatar.

3 dari 5 halaman

Harga Tiket Piala Dunia

Melansir dari situs resmi FIFA, harga tiket terbagi atas tiket satu pertandingan, tiket untuk tim tertentu, dan tiket bundling atau terusan untuk empat laga.

Harga tiket pun bervariasi sesuai kategorinya dan kategori 4 khusus termurah untuk warga Qatar.

Harga tiket laga pembuka (Senegal vs Belanda)

Kategori 1 dijual dengan harga 2250 Riyal Qatar atau sekitar Rp9,2 juta, adapun tiket termurah yang ditujukan khusus bagi warga Qatar dijual dengan harga 200 Riyal Qatar atau setara dengan Rp800 ribu.

Fase Grup

Kategori 1 yang merupakan tiket termahal dijual dengan harga 1000 Riyal Qatar atau sekitar Rp4,1 juta. Adapun tiket termurahnya dibanderol dengan harga 350 Riyal Qatar atau sekitar Rp1,4 juta.

Babak 16 Besar

Di babak 16 besar, tiket termahal dijual dengan harga 1000 Riyal Qatar atau setara Rp4,1 juta. Sementara tiket termurahnya dijual dengan harga 70 Riyal Qatar atau setara dengan Rp288 ribu.

Babak Perempat Final

Untuk babak perempat final, tiket termahal dijual dengan 1550 Riyal Qatar atau senilai Rp6,3 juta dan tiket termurahnya dijual dengan arga 300 Riyal Qatar atau senilai dengan Rp1,2 juta.

4 dari 5 halaman

Harga Tiket Babak Semifinal hingga Babak Final

Babak Semifinal

Pada babak ini, tiket termahalnya dijual dengan harga 3480 Riyal Qatar atau setara dengan Rp24 juta, dan tiket termutahnya dijual dengan harga 1200 Riyal Qatar atau sekitar Rp5 juta.

Babak Perebutan Tempat Ketiga

Pada babak ini, tiket termahalnya dijual dengan arga 1550 Riyal Qatar atau senilai dengan Rp6,3 juta, dan tiket termurahnya dijual dengan 300 Riyal Qatar atau senilai Rp1,2 juta.

Babak Final 

Babak yang ditunggu-tunggu ini dijual dengan harga 5850 Riyal Qatar atau setara dengan Rp24 juta untuk tiket termahal. Sedangkan tiket termurahnya dijual dengan 750 Riyal Qatar atau setara dengan Rp3 juta.

5 dari 5 halaman

Harga Akomodasi ke Qatar

Sama dengan harga tiket, harga akomodasi ke Qatar juga tidak murah. Melansir dari Insider, untuk ke Qatar, penggemar dapat melalui penerbangan dengan Qatar Airways yang menawarkan paket mewah yang mencakup penerbangan, akomodasi, dan tiket pertandingan.

Paket-paket ini mulai dari $3.500 atau sekitar Rp54  juta per orang, tetapi harganya bisa mencapai $7.000 atau senilai dengan Rp109 juta.

Ashley Brown dari FSA, sebuah badan perwakilan untuk pendukung sepak bola di Inggris dan Wales, mengatakan harga prospektif perjalanan ke Qatar akan menghentikan banyak orang untuk hadir.

"Di atas biaya penerbangan, masalah hak asasi manusia, dan akomodasi yang mahal - ini adalah penghalang besar bagi sebagian besar penggemar biasa,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.