Sukses

Ini 5 Alasan Mengapa Harus Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah

Memiliki hewan peliharaan membuat bahagia seseorang dan memberi banyak manfaat lainnya

Liputan6.com, Jakarta Manusia adalah menjadi makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, kita mendambakan persahabatan, cinta dan kasih sayang tidak hanya dari manusia lain tetapi juga dari hewan.

Pada awalnya, manusia bergantung pada hewan untuk membantu transportasi, mengangkut barang, bertani, dan lainnya. Semakin berkembang, manusia kemudian memelihara hewan dan menjalin persahabatan dengan mereka. Ini yang terus terjadi hingga kini.

Melansir laman Southherncrossvet, Minggu (20/11/22) berikut adalah 5 alasan mengapa setiap individu, termasuk Anda, harus mempertimbangkan untuk memiliki hewan peliharaan.

1. Sumber Cinta dan Kasih Sayang yang Tak Berujung

Cinta hewan peliharaan terhadap manusianya murni dan tanpa syarat Saat Anda membawa hewan peliharaan ke rumah Anda untuk pertama kalinya, terutama jika Anda telah menyelamatkan bayi berbulu kecil itu, mereka cenderung mengingatnya seumur hidup.

Ikatan yang dimiliki hewan peliharaan dengan manusianya tidak dapat diukur. Saat mereka semakin terikat dengan manusianya, beberapa hewan peliharaan bahkan mungkin mengalami kecemasan akan perpisahan saat terlalu lama dijauhkan dari tuannya. Terlepas dari situasi dan kehidupan pribadi Anda, kita semua dapat merasakan cinta tanpa syarat dalam hidup kita dari waktu ke waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menghabiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan Dapat Menghilangkan Stres

Menghabiskan waktu berkualitas dengan hewan peliharaan Anda telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi tingkat stres dan menurunkan tekanan darah tinggi. Membelai bulu hewan peliharaan Anda dapat menurunkan tekanan darah yang meningkat hingga 5-10%. Inilah alasan mengapa kucing dan anjing yang terlatih sering digunakan untuk terapi di rumah sakit, panti jompo, dan tempat lain yang membutuhkan pereda stres.

Selain itu, menghabiskan waktu bermain dengan hewan peliharaan kita juga berfungsi sebagai penghilang stres dan membantu melampiaskan frustrasi dan energi negatif.

3 dari 5 halaman

3. Hewan Peliharaan adalah Magnet Sosial

Hewan peliharaan kita dengan cepat menjadi pusat daya tarik ke manapun kita membawanya. Orang-orang berduyun-duyun ke arah mereka untuk membelai mereka hewan peliharaan yang lembut, untuk bermain dengan mereka atau hanya untuk menyapa dan mengagumi kelucuan mereka.

Ini memberi pemiliknya kesempatan untuk bertemu dan bergaul dengan orang baru dan dengan demikian memperluas lingkaran sosial mereka. Selain itu, hewan peliharaan sering memberi kita alasan untuk pergi ke luar rumah ketika kita seharusnya tidak memiliki energi  yang nyaman untuk keluar.

Bahkan terkadang saat kita tidak membawa hewan peliharaan kita, namun dapat membicarakannya dan membagikan foto dan videonya yang menghibur, lucu, dan menyenangkan untuk menjadi pembuka percakapan yang menarik.

 

4 dari 5 halaman

4. Paket hiburan

Selain menjadi kumpulan kegembiraan dan sumber cinta dan kasih sayang, hewan peliharaan kita juga merupakan paket hiburan tersendiri. Setiap hewan peliharaan cenderung memiliki kepribadiannya masing-masing yang menyebabkan keunikan atau kebiasaan tertentu yang tidak hanya menghibur, tetapi juga menggemaskan.

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda atau hanya duduk dan mengamati mereka saat Anda menjalani hari Anda sendiri membawa banyak hiburan, kegembiraan, dan tawa. Anda akan terkejut betapa seringnya keanehan dan kebiasaan khas hewan peliharaan Anda mengalihkan perhatian Anda dari masalah yang Anda alami dan membuat Anda terlibat dalam tawa yang lebih sehat untuk menjauhkan kebosanan.

5 dari 5 halaman

5. Keselamatan dan Keamanan

Sementara hewan peliharaan memberikan persahabatan dan sangat menyenangkan untuk dipeluk, mereka juga memberikan rasa aman. Anjing dikenal suka menggonggong dan membunyikan alarm saat rumah terancam dilanggar oleh orang luar. Anjing yang lebih besar sangat hebat dalam menjaga properti dan menakuti pencuri dan pihak lain yang tidak diinginkan.

Meski begitu, hewan peliharaan lain seperti kucing, kelinci, dan musang juga memberikan rasa aman karena keempat dinding rumah Anda. Mereka memberikan kenyamanan karena mengetahui bahwa akan ada seseorang yang menunggu Anda saat Anda tiba di rumah, seseorang yang mencintai dan bergantung pada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.