Sukses

Viral di TikTok, Menlu Retno Marsudi Ternyata Pakai HP BlackBerry Loh!

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini viral di sosial media (sosmed) TikTok sebuah video yang memperlihatkan Menteri Luar Negeri atau Menlu Retno Marsudi menggunakan handphone (HP) BlackBerry.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @mizaaarr, terlihat Menlu Retno Marsudi berpakaian kemeja kuning lengkap dengan pita kecil bergaris putih coklat, berada di samping Presiden Joko Widodo atau Jokowi sedang menggenggam HP BlackBerry.

"HP nya bu Mentri bukan main! Anak sekarang gak tau nih brand wkwkwkwk #BlackBerry #G20 #Bali #Jakarta #KTTG20 #iPhone #Samsung #FYP," tulis akun TikTok @mizaaarr menyertai unggahannya, Senin 14 November 2022.

Hingga artikel ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat 2,8 juta akun, 106 like, dan 2.916 komentar.

Seperti yang kita ketahui, tipe HP BlackBerry saat ini sudah jarang sekali digunakan. Kebanyakan orang memilih menggunakan produk Apple, Samsung, atau pun tipe lainnya.

Oleh karena itu, dalam unggahan video tersebut, para pengguna TikTok lainnya pun menanyakan apa tipe HP BlackBerry yang digunakan Menlu Retno.

"itu BB Key2. OSnya pake Android Oreo. kalo dulu iya blm Android," tulis @afdalamran.

"itu BlackBerry Keytwo (android)," jawab @yonayapena.

"anjaaayy...BANGGA GW BRO😅😅...GW JG MAKE BlackBerry KEY2 DOOONG," tulis @daviix13.

Namun jangan main-main, harga HP BlackBerry Key2 yang dipakai Menlu Retno pun tidak sembarangan. Pengguna akun TikTok menyebut harganya bisa sampai Rp10 juta.

"blackberry key 2 itu yang dipake sekitar 7jtan," kata @indiartopr.

"9-10 juta," timpa @salsabilasunarto.

Tak sampai disitu, para pengguna akun TikTok juga menyebut alasan kemungkinan Menlu Retno masih memakai HP BlackBerry. Disebut, HP BlackBerry memiliki sistem keamanan yang luar biasa hingga sulit disadap.

"yg gw tahu banyak CEO2 atau bos2 gede pake BlackBerry. soalnya tingkat sekuriti anti hack & firewall berlapis2 dibandingkan android atau iPhone.," tulis @foxchlor.

"karena blackberry ada surikiti nya bagus," kata @hasan_al_asy.

"BlackBerry tuh debest sama Security system' nya," tulis @s_rfd6sr.

"blackberry adlh hanphone yg paling ternyaman,jd banyak petinggi dunia yg masih memakai tu," kata @www.tiktok.comkalahsllu.

"Tapi klaim nya BB emang gitu kan, satu2 nya sistem HP yg gak bisa di sadap," jawab @dicky__darmawan.

Lantas, tipe apa dan bagaimana spesifikasi HP BlackBerry yang digunakan oleh Menlu Retno? Berikut dihimpun Liputan6.com:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi BlackBerry Key2

Tipe handphone yang dipakai oleh Menlu Retno Marsudi adalah BlackBerry Key2.

Dikutip dari gsmarena.com, Selasa (15/11/2022), BlackBerry saat ini sudah meninggalkan Operating System lamanya, dan beralih ke Operating System Android.

Handphone ini juga seperti ponsel lainnya yang menggunakan layar touch screen, berbeda dengan BlackBerry zaman dahulu. Berikut spesifikasi lengkap dari BlackBerry Key2:

  • Network : GSM / HSPA / LTE.  HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Cat11 600/75 Mbps
  • Launching : 2018, June
  • Type Screen : LCD IPS, 4.5 inches, 60.0 cm2 (~55.2% screen-to-body ratio)Resolution 1080 x 1620 pixels, 3:2 ratio (~434 ppi density)Protection Corning Gorilla Glass 3).
  • OS : Android (8.1) Oreo 
  • Prosesor : Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • CPU : Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU : Adreno 512
  • Internal : 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM, Extended MicroSDXC
  • Kamera Belakang : Dual 12 MP, f/1.8, 1/2.3", 1.28µm, dual pixel PDAF12 MP, f/2.6, 1/3.4", 1.0µm, PDAFFeatures Dual-LED dual-tone flash, HDR, panoramaVideo 4K@30fps, 1080p@30fps
  • Kamera Depan :  Single 8 MP, f/2.0, 1/4", 1.12µmVideo 1080p@30fps
  • Charging dan Battery : Li-Ion 3500 mAh, non-removable charging 18W wired, QC3, 50% in 36 min.
3 dari 4 halaman

BlackBerry Key2 Buatan TCL

Dikutip dari mobilephonemuseum, smartphone Key2 bermerek BlackBerry diproduksi oleh TCL Communication dan diluncurkan pada sebuah acara di New York, Amerika Serikat.

Key2 adalah penerus KeyOne, yang muncul pada April 2017 sebagai perangkat BlackBerry pertama dengan keyboard fisik yang diproduksi di bawah perjanjian lisensi Blackberry dengan produsen lain.

BlackBerry Key2 memiliki kemiripan yang luar biasa dengan pendahulunya. Bagi pengamat biasa, perangkat ini tampak hampir identik, tetapi TCL mengklaim telah mendengarkan dengan seksama umpan balik dari pemilik versi awal dan telah membuat banyak pembaruan untuk meningkatkan perangkat.

Perbedaan utama adalah keyboard, yang memiliki tombol sedikit lebih besar. Ukuran keseluruhan perangkat tetap sama berkat bezel atas yang 25 persen lebih kecil.

Kegunaan keyboard ditingkatkan dengan perbaikan halus pada tombol miring dan mekanisme keypad jauh lebih lembut yang merupakan peningkatan besar pada model sebelumnya. TCL mengklaim bahwa nuansa keyboard terinspirasi oleh BlackBerry Bold 9900 yang sangat sukses.

Dalam pemasaran yang menyertai peluncuran Key2, digunakan strapline "ikon yang terlahir kembali" dan ada nuansa nostalgia dengan perangkat yang digambarkan sebagai "alat seluler terbaik untuk membantu pelanggan menghemat waktu" serta kemampuan untuk tetap terhubung "dengan aman dan terjamin".

4 dari 4 halaman

Key2 Jadi Blackberry Terakhir yang Dirilis

Key2 merupakan HP terakhir yang dirilis oleh BlackBerry, dibuat oleh manufaktur TCL Corporation dan mendapat hak untuk membuat dan menjual HP bermerek BlackBerry.

Dikutip dari zdnetTCL Communications, perusahaan yang telah merancang, memproduksi, dan menjual smartphone BlackBerry sejak 2016 akan berhenti menjual BlackBerry per 31 Agustus 2020.

Pada 3 Februari 2020, lewat Twitter resmi BlackBerry, menuliskan sebuah pesan singkat dengan pengumumannya kerjasama bersama TCL sudah tidak dilanjutkan. 

TCL akan terus mendukung perangkat yang ada hingga 31 Agustus 2022, dengan menawarkan layanan pelanggan dan garansi.

Patch keamanan Android terakhir untuk Key2 dan Key2 LE masing-masing akan dikeluarkan pada Mei 2020 dan Agustus 2020. Setelah itu, ponsel akan berhenti menerima pembaruan perangkat lunak.

Perlu diketahui, TCL Communications melisensikan hak atas ponsel BlackBerry dari BlackBerry Limited pada Desember 2016, dan telah merilis beberapa ponsel bertenaga Android di bawah merek tersebut, termasuk KeyOne dan Key2.

Perangkat-perangkat tersebut semuanya menggunakan versi Android yang disesuaikan yang mengimplementasikan beberapa fitur favorit pengguna BlackBerry, seperti BlackBerry Hub.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS