Sukses

Mengenal Si Cepat WiFi 7 yang Segera Hadir

WiFi adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang menghadirkan internet tanpa kabel, pada tahun mendatang perangkat gadget, akan menggunakan sistem WiFi 7.

Liputan6.com, Jakarta - WiFi merupakan sebuah jaringan protokol yang digunakan oleh perangkat gadget seperti komputer, smarphone, laptop, untuk terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel atau biasa disebut nirkabel

Sebuah jaringan WiFi terbaru yakni WiFi 7 akan menjadi standar wireless konektivitas yang akan datang, dikutip dari Gizchina, Senin (14/11/2022).

WiFi 7 masih dibentuk sebagai draf, selain itu prosesor ponsel yang dapat menggunakan WiFi 7 ini dari Mediatek Dimensity 9200. 

Kecepatan dari WiFi 7 berpotensi melipatgandakan dari kecepatan WiFi saat ini yaitu 6E, yang terbaru dan tercepat di pasar, sebanyak empat kali lipat, selain itu area yang tercover dari jangkauan WiFi 7 semakin luas. 

Peningkatan dari WiFi 7 ada tiga, yaitu lebih banyak bandwidth, cepat, dan sedikit latensi.

Dikarenakan jaringannya yang semakin luas, WiFi 7 memakai spektrum 6GHz seperti yang sudah terjadi dengan peningkatan dari WiFi 6 ke WiFi 6E, dan bisa ditingkatkan sampai 7.125GHz. 

Saluran akan berkisar dari 160MHz hingga 320MHz, menurut spesifikasi WiFi 7 saat ini, yang mungkin tidak banyak berubah setelah dirilis secara resmi. Kecepatan maksimal yang dipakai oleh WiFi ini ditaksir sampai 48Gbps.

Selain itu, waktu respons jaringan akan menjadi salah satu faktor yang akan meningkat dengan diperkenalkannya WiFi 7. Karena agregasi saluran di WiFi ini harus memastikan bahwa latensi lebih rendah. Dengan memungkinkan data seluler untuk ditransfer pada beberapa saluran pada saat yang bersamaan.

WiFi 7 akan hadir pertama kali pada router dan notebook sebelum masuk ke smartphone.

Pada Januari 2024 mendatang, MediaTek mendemonstrasikan WiFi 7 dan Intel telah mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengadopsi WiFi 7 di laptop PC pada 2024 dengan teknologi yang muncul di pasar utama tahun depannya, 2025.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penggunaan WiFi 7 di Perangkat Intel

Dikutip dari Techmonitor.ai, pembuat chip Intel dan Broadcom telah mendemonstrasikan instalasi lintas vendor pertama WiFi 7, generasi berikutnya dari teknologi nirkabel. 

Diketahui kecepatan WiFi 7 yang diuji coba pada chip intel ini mencapai lebih dari 5Gbps di jaringan nirkabel Over-The-Air. 

 

Apa yang ditingkatkan dari WiFi 7?

WiFi 7 juga menjanjikan kapasitas jaringan lima kali lebih besar daripada yang dimungkinkan melalui WiFi 6E, 100 kali lebih baik "latensi kasus terburuk" dan 15 kali lebih baik latensi untuk perangkat augmented reality dan virtual reality, Intel mengungkapkannya selama demonstrasinya.

WiFi 7 juga menyertakan modulasi 4K QAM yang memungkinkan penggunaan spektrum yang lebih efisien yang tersedia untuk perangkat dan koneksi simultan di beberapa band karena "operasi multi-tautan" dan efisiensi pemanfaatan saluran yang ditingkatkan.

Ini semua memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih besar dalam hal bagaimana spektrum dan bandwidth digunakan, yang akan menguntungkan berbagai kasus penggunaan.

3 dari 4 halaman

Empat Fitur Kunci WiFi 7

Dilansir laman resmi Intel, intel menawarkan beberapa fitur kunci dari skenario penggunaan WiFi 7, yakni sebagai berikut:

1. Standar Evolusi WiFi

Fitur WiFi 7 akan memperluas inovasi WiFi 6 dan WiFi 6E untuk tidak hanya memungkinkan kecepatan yang lebih cepat, tetapi juga secara dramatis meningkatkan daya tanggap dan keandalan untuk penggunaan di masa depan yang menuntut konsistensi dan presisi ekstrem.

2. 320 MHz Channels & 4K QAM

Menggunakan saluran 320 Mhz, WiFi 7 memungkinkan kecepatan yang jauh lebih cepat dengan mengemas lebih banyak data ke dalam setiap transmisi.

Serta, 4K QAM (Quadrature Amplitude Modulation) memungkinkan setiap sinyal untuk menanamkan data dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan 1K QAM dengan Wi-Fi 6/6E.

Manfaat untuk laptop WiFi 7 pada umumnya adalah potensi kecepatan data maksimum hampir 5,8 Gbps.

Kecepatan 2,4 kali lebih cepat daripada 2,4 Gbps yang dimungkinkan dengan WiFi 6/6E dan dapat dengan mudah mengaktifkan streaming video 8K berkualitas tinggi atau mengurangi pengunduhan file 15 GB yang sangat besar menjadi sekitar 25 detik dibandingkan dengan satu menit pada WiFi 6E. 

4 dari 4 halaman

Fitur Kunci Lainnya

3. MLO dan Deterministic Latency

Dengan MLO (Multi-Link Operation), perangkat WiFi 7 dapat secara bersamaan terhubung pada dua band. Hal ini memungkinkan kecepatan yang lebih cepat melalui agregasi.

Kedua band dapat digunakan secara bersamaan untuk berbagi data serta untuk meningkatkan keandalan dengan latensi yang sangat rendah dan tepat.

(MLO) memungkinkan Acces Point (AP) untuk melakukan manajemen lalu lintas tingkat lanjut dengan menetapkan koneksi spesifik ke band tertentu, memindahkan klien secara dinamis di seluruh saluran untuk melakukan penyeimbangan beban dan memprioritaskan traffic data. 

4. Multi Resource Units (RU) and Puncturing

Dengan WiFi 6/6E lama, ketika bagian mana pun dari saluran berkecepatan tinggi yang besar sedang digunakan oleh perangkat lain, seluruh saluran tidak tersedia dan saluran yang berbeda harus digunakan.

Namun dengan adanya Multi-RU Puncturing perangkat WiFi 7 akan dapat menggunakan bagian lain dari saluran berkecepatan tinggi yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.