Sukses

Aman untuk Kulit, 9 Bahan Alami Ini Ampuh Menangkal Nyamuk

Bagi Anda yang kulitnya sensitif, simak berikut 9 bahan alami menangkal gigitan nyamuk dan aman untuk kulit.

Liputan6.com, Jakarta Ketika musim hujan datang biasanya nyamuk berkeliaran lebih banyak pada biasanya. Itu mengapa orang biasanya rentan terhadap gigitan nyamuk saat musim hujan. Dikutip dari Healthline, Jumat (11/11), spesies nyamuk yang beragam seperti malaria yang lebih menyukai tubuh kotor, bakteri dan keringat. Yang lain tertarik pada karbon dioksida atau bau tertentu. 

Biasanya kita menangkal nyamuk-nyamuk ini dengan lotion, krim, dan obat nyamuk berbahan kimia (berbasis DEET), hal ini bagi orang yang memiliki kulit sensitif bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Produk seperti itu lebih baik dihindarkan agar tidak menimbulkan masalah keseriusan yang lebih besar. Sebisa mungkin pakailah bahan-bahan alami yang ramah lingkungan dan terutama tidak berisiko dalam kesehatan. Simak, berikut 9 bahan alami untuk menangkal nyamuk yang bisa kamu pakai di rumah, dilansir Healthline, Jumat (11/11/2022).

1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan bahan alami yang dapat kamu gunakan selain lotion yang mengandung bahan kimia dan telah digunakan sejak tahun 1940-an. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menyetujui minyak kayu putih sebagai bahan yang efektif dalam pengusir nyamuk. Sebuah studi tahun 2014, menunjukkan bahwa campuran 32 persen minyak kayu putih dan lemon memberikan perlindungan lebih dari 95 persen terhadap nyamuk selama 3 jam.

2. Lavender

Bunga lavender yang dihancurkan dapat menghasilkan aroma dan minyak yang dapat mengusir nyamuk. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus tak berbulu menemukan minyak lavender efektif untuk mengusir nyamuk dewasa.

Lavender memiliki kualitas analgesik, antijamur, dan antiseptik. Ini berarti bahwa selain mencegah gigitan nyamuk, juga dapat menenangkan kulit. Cara pengaplikasiaannya cukup mudah tinggal hancurkan bunga, ketika keluar sarinya lalu balurkan ke tubuh. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Minyak Kayu Manis

 

Menurut sebuah studi di Taiwan, minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk. Minyak kayu manis juga dapat bertindak sebagai pengusir nyamuk dewasa, terutama nyamuk macan Asia. Untuk membuat larutan 1 persen yang diencerkan, campurkan 1/4 sendok teh (atau 24 tetes) minyak untuk setiap 4 ons air. Lalu, tinggal disemprotkan ke bagian kulit.

4. Minyak Thyme

Minyak ini cocok mengusir nyamuk malaria, minyak thyme adalah salah satu yang terbaik dalam memberikan perlindungan. Penelitian ini dilihat dari 5 persen minyak thyme yang dioleskan pada kulit tikus tidak berbulu memberikan tingkat perlindungan 91 persen. Pengaplikasian ramuan semprotan thyme ini campurkan 5 tetes thyme dengan 200 gram air. 

 

3 dari 4 halaman

5. Minyak Kedelai

Menurut Laboratorium Entomologi Medis Universitas Florida, produk berbasis kedelai seperti Bite Block Kids (2 persen minyak kedelai) dapat memberikan perlindungan jangka panjang dari nyamuk.

Selain minyak kedelai, Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak serai ke dalam campuran rumah Anda. Kombinasi tersebut telah teruji dapat melindungi dari berbagai spesies nyamuk.

6. Citronella Oil (Minyak Sereh Wangi)

Citronella adalah minyak esensial alami dan efektif yang umum yang bekerja melawan nyamuk. Terbuat dari campuran herbal dan penyulingan dari tanaman daun sereh wangi. Saat berada di luar ruangan, lilin sereh wangi dapat memberikan perlindungan ekstra hingga 50 persen.

Penelitian dari "Natural products for the control of malaria" mengatakan bahwa formulasi serai wangi penting untuk seberapa efektif. Ketika produk diformulasikan dengan benar, ini sama efektifnya dengan DEET (bahan kimia) dan dapat melindungi Anda hingga 2 jam. Jika formulanya tidak tepat, serai wangi dapat menguap dengan cepat dan membuat Anda tidak terlindungi.

4 dari 4 halaman

7. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh, atau minyak melaleuca, adalah minyak esensial populer dari Australia. Minyak ini dikenal karena sifat antiseptik, antimikroba, dan anti-inflamasi. Tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa minyak pohon teh mungkin merupakan pengusir serangga yang efektif.

8. Geraniol

Geraniol adalah sejenis alkohol yang digunakan sebagai pewangi atau perasa. Ini berasal dari minyak tumbuhan seperti serai wangi, serai, dan mawar. Sebagai bahan dalam pengusir nyamuk, diketahui efektif selama 2 hingga 4 jam, tergantung pada spesiesnya. Jauhkan minyak ini dari mata Anda dan cobalah untuk menghindari menggunakannya jika Anda memiliki kulit sensitif. 

9. Minyak Neem

Sebuah penelitian tentang keefektifan minyak neem di Ethiopia menemukan bahwa minyak ini menawarkan perlindungan dari nyamuk lebih dari 70 persen selama 3 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.