Sukses

3 Tokoh Pahlawan Nasonal Ini Sering Muncul dalam Film, Siapa Saja?

Untuk membuat tokoh-tokoh pejuang nasional Indonesia semakin kekal abadi namanya, seringkali mereka dikenang dalam bentuk film, buku, lagu, dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki banyak sejarah dan setiap bagian dari sejarah tersebut banyak di dalamnya kita temukan tokoh-tokoh pejuang yang perlu selalu diingat selalu pengorbanannya.

Hari Pahlawan menjadi salah satu hari peringatan yang dibuat untuk memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh pejuang nasional Indonesia. Hari Pahlawan di Indonesia setiap tahunnya jatuh pada tanggal 10 November.

Untuk membuat tokoh-tokoh pejuang nasional Indonesia tersebut semakin kekal abadi namanya, seringkali mereka dikenang dalam bentuk film, buku, lagu, dan lain-lain. Contohnya yang paling sering adalah Ir. Soekarno.

Pahlawan proklamator, bapak pendiri bangsa, sekaligus presiden pertama Republik Indonesia ini sudah sering muncul di film-fim nasional. Misalnya di film Pengkhianatan G 30 S/PKI (1984) dan sekuelnya Djakarta 1966 (1988). Ir. Soekarno muncul dalam peran aktor ternama Umar Kayam.

Baim Wong juga pernah tampil sebagai Soekarno, yakni dalam film televisi Ketika Bung di Ende (2013) yang hanya tayang di TVRI dan dalam film Jenderal Soedirman (2015). Deva Mahenra juga menjadi Soekarno muda di film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015). Lalu yang terkenal lainnya tentu Ario Bayu sebagai Soekarno di film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Berikut beberapa aktor yang pernah berperan sebagai Soekarno:

  • Soultan Saladin dalam film Gie (2005), Ruma Maida (2009), Soegija (2012), dan Sang Kiai (2013).
  • Mike Emperio dalam film The Year of Living Dangerously (1982).
  • Martin Schwab dalam film Soekarno Blues (1999).
  • Donny Damara dalam film Tjinta Fatma (2007).

Selain Soekarno, ada juga dua tokoh pahlawan Indonesia lain yang sering muncul di film:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta, atau yang juga dikenal dengan sebutan Bung Hatta, adalah salah satu pahlawan nasional yang paling sering didengar. Bersama dengan Soekarno, kedua tokoh pahlawan tersebut dikenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia.

Mohammad Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 dan meninggal pada 14 Maret 1980. Beliau adalah negarawan dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Presiden pertama Indonesia.

Di film, sosok Mohammad Hatta pernah diperankan oleh David Chalik dalam film dokumenter Kesunyian yang Berbisik (2002), Edwin Libels dalam Ruma Maida (2009), Lukman Sardi dalam Soekarno: Indonesia Merdeka (2013), dan Agustinus Gusti Nugroho dalam film Jenderal Soedirman (2015).

Perlu diketahui juga bahwa film mengenai Mohammad Hatta akan segera dibuat. Film ini akan dibuat oleh rumah produksi Percofia dan Inkopontren. Tarmizi Abka dipilih sebagai sutradara film ini. Untuk pemeran Mohamma Hatta, masih belum diumumkan. 

 

3 dari 4 halaman

R.A. Kartini

RA Kartini, atau yang bernama asli Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini, adalah seorang Pahlawan Nasional yang diakui sebagai pelopor emansipasi kebangkitan perempuan Indonesia. 

Setiap tahunnya pada tangga 21 April, di Indonesia dirayakan Hari Kartini. Dilansir situs Diskominfo, Hari Kartini dirayakan sebagai bentuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

Di film, sosok Kartini telah muncul beberapa kali. Paling terkenal oleh Dian Sastrowardoyo dalam film biografi Indonesia tahun 2017 berjudul Kartini garapan Hanung Bramantyo. Untuk sosok Kartini kecil di film ini diperankan oleh Neysa Chan, sedangkan Kartini remaja oleh Adelheid Bunga.

Selain Dian Sastrowardoyo, Neysa Chan, dan Adelheid Bunga dalam film Kartini (2017), sosok Kartini juga diperankan oleh Rania Putrisari dalam film Surat Cinta untuk Kartini (2016) serta Yenny Rachman dalam film R.A. Kartini (1982).

4 dari 4 halaman

Film Pahlawan Nasional

Itulah beberapa pahlawan nasional yang sering muncul di film. Untuk pahlawanan nasional lainnya, walau mereka tidak muncul sesering tiga nama di atas, bukan berarti perjuangan yang mereka keluarkan tidak sebanding. Berikut beberapa contoh film tentang pahlawan nasional yang cocok untuk ditonton. 

Tjoet Nja Dhien (1988)

Film Tjoet Nja Dhien (1988) merupakan film biografi yang menceritakan tentang perjuangan Tjoet Nja Dhien, atau yang oleh umum dikenal dengan nama Cut Nyak Dien. Film ini berkisah tentang perjuangan Tjoet Nja Dhien saat melawan penjajahan Belanda pada masa perang Aceh. 

Tjokroaminoto (2015)

Tjokroaminoto (2015) merupakan film bertema perjuangan Indonesia yang dirilis pada 2015 silam. Film ini mengisahkan mengenai guru bangsa yang berhasil menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia. Film garapan Garin Nugroho ini melibatkan beberapa aktor terbaik tanah air, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, hingga Sujiwo Tejo.

Jenderal Soedirman (2015)

Film Jenderal Soedirman (2015) berkisah tentang kehidupan sosok pejuang bernama Raden Soedirman yang beraksi pada era pasca-kemerdekaan sebagai panglima besar hingga menjadi Pahlawan Nasional Indonesia

Film yang dirilis pada 2015 ini berlatar pada peristiwa Agresi Militer Belanda II di Pulau Jawa pada 1948. Perjuangan Jenderal Soedirman yang gigih dalam memimpin pasukan melawan Belanda, menjadi sorotan utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.