Sukses

Elon Musk Janjikan Twitter Bisa Posting Tweet Panjang, Tuai Pro Kontra Warganet

Seperti yang kita ketahui, saat ini Twitter hanya bisa diisi 280 karakter dalam satu tweet.

Liputan6.com, Jakarta - Semenjak membeli Twitter, Elon Musk menjanjikan adanya perubahan-perubahan di Twitter. Kini orang terkaya nomor satu di dunia itu mengatakan bahwa dia akan membuat Twitter bisa membuat tweet lebih panjang dibanding biasanya.

Hal itu dikonfirmasi Elon Musk melalui unggahan di akun Twitter-nya @elonmusk.

"Twitter will soon add ability to attach long-form text to tweets, ending absurdity of notepad screenshots (Twitter akan segera menambahkan kemampuan untuk melampirkan teks bentuk panjang ke tweet, mengakhiri absurditas tangkapan layar notepad)," tulisnya dalam cuitan yang diunggah pada Sabtu, 6 November 2022.

Seperti yang diketahui, selama ini Twitter hanya bisa diisi 280 karakter dalam satu tweet. Karena tidak bisa diisi tulisan yang panjang, sering kali untuk mengakali keterbatasan karakter, para pengguna Twitter akan membuat utas atau thread. 

Thread adalah rangkaian tweet yang saling terhubung sehingga menjadi cerita yang bisa disimak oleh pengguna lain. 

Namun bila terlalu malas membuat utas, warga Twitter biasanya menuliskan apa yang ingin disampaikan pada aplikasi notepad atau catatan lain, lalu men-screenshot-nya dan mengunggah sebagai foto. Cara ini terbilang lebih efektif.

Kini setelah kepastian adanya fitur baru Twitter yang disampaikan Elon Musk tersebut, respons yang diterima cukup beragam. Beberapa warga Twitter ada yang senang.

"Ini akan menjadi fitur (baru) yang hebat!" tulis salah satu warga Twitter.

"Akhirnya aku bisa menulis (men-tweet) sepanjang apa yang aku mau!" tulis warga Twitter lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet yang Tidak Senang

Di sisi lain, banyak juga warga Twitter yang tidak senang dengan adanya fitur baru ini.

"Saya yakin jika ada jajak pendapat pengguna Twitter, ini (fitur tweet panjang) tidak akan berada di 25 teratas daftar keinginan," tulis salah satu warga Twitter.

"Saya bertanya ke (orang-orang) sekeliling dan tidak ada yang menginginkan (fitur tweet panjang) itu," tulis warga Twitter lainnya.

"Twitter benar-benar tentang pemikiran sekilas, di-posting seminimal mungkin (tweet pendek). Apakah kita meninggalkan konsep ini & menuju pendekatan microblogging? Saya merasa ini menghilangkan seluruh inti Twitter untuk orang biasa & hanya menguntungkan bisnis dan tokoh masyarakat..," tulis warga Twitter lainnya lagi. Dia merasa nanti Twitter akan kehilangan salah satu ciri khasnya.

 

3 dari 4 halaman

Respon Bercanda

Ada juga yang mereson dengan bercanda.

"Akhirnya saya bisa men-tweet seluruh naskah Bee Movie dalam satu tweet," canda salah satu warga Twitter. Bee Movie (2007) merupakan salah satu film kontroversial. Di Twitter film animasi ini sering dijadikan candaan.

"Hebat karena sangat sulit untuk membaca semua teori konspirasi hanya dengan 280 karakter," tulis warga Twitter lainnya dengan nada sarkas.

Perlu diketahui bahwa Twitter menjadi salah satu media sosial yang paling banyak berisikan konspirasi dan semacamnya. Dilansir Fortune, Minggu (6/11/2022), teori konspirasi membanjiri Twitter beberapa jam setelah akusisi Elon Musk.

Ada juga warga Twitter yang bercanda nanti saat fitur itu sudah bisa diterapkan, dia akan menulis tweet yang sangat panjang. 

4 dari 4 halaman

Update Baru

Elon Musk sebelumnya memberi tahu bahwa Twitter akan memungut biaya US$8 dolar atau setara Rp125 ribu bagi akun yang ingin tanda centang biru mereka tetap ada. Kebijakan baru ini banyak menuai pro dan kontra dari warganet. 

Di sisi lain, Elon Musk menjanjikan beberapa kelebihan dari akun centang biru berbayar nantinya. Akun-akun bercentang biru akan memiliki kelebihan berupa jadi prioritas. Prioritas di sini merujuk pada fitur prioritas dalam balasan, sebutan, pencarian. 

Berbagai fitur berbayar di akun centang biru ini dianggap Elon Musk sebagai sesuatu yang penting untuk menghalau spam dan penipun yang kerap muncul di Twitter.

Nantinya, akun yang bercentang biru akan lebih dulu muncul di permukaan Twitter saat dicari atau dalam sebuah komentar. 

Selain itu, kelebihan lain dari centang biru berbayar adalah kemampuan untuk mem-posting video dan audio lebih lama. Umumnya, durasi video yang dapat di-posting di Twiter hanya berdurasi 2 menit 20 detik. Bagi versi Twitter Ads, durasi video dapat lebih panjang namun masih terbatas, yakni 10 menit.

Kelebihan lainnya, akun Twitter centang berbayar nanti akan menerima iklan lebih sedikit dibanding akun biasa. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.