Sukses

7 Rutinitas Pagi untuk Memulai Hari yang Lebih Baik

Menghabiskan waktu di pagi hari dengan cara tertentu dapat membuat hari lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup yang sehat dimulai setiap pagi. Menghabiskan waktu di pagi hari dengan cara tertentu dapat membuat hari yang dijalani lebih baik dari sebelumnya.

Ketika pagi hari segala sesuatunya mungkin mulai terasa buruk, dengan ini kamu dapat mengalami peristiwa negatif dan mengalami stres. Padahal, pagi hari merupakan penentu awal harimu selama satu hari penuh tersebut.

Sebaliknya, jika kamu memulai hari dengan energi positif dan perasaan yang terpusat, kamu akan lebih mampu menangani apa yang akan datang di hari itu dan dapat menikmati sisa harimu dengan lebih baik.

Tapi, jangan khawatir, ada beberapa cara memulai hari dengan baik yang bisa kamu ikuti. Cobalah satu atau beberapa lalu bereksperimenlah sampai kamu menemukan mana yang cocok untukmu.

Melansir Verywell Mind, Kamis (27/10/2022), berikut adalah 7 kebiasaan gaya hidup sehat yang dapat menjadi rutinitas pagi yang dapat membuat kamu lebih menikmati satu hari penuhmu dengan lebih baik dan juga menangani stres yang kamu alami. 

1. Minum Teh Hijau

Menyeruput secangkir teh hangat adalah aktivitas menenangkan yang akan membuat kamu merasa terpelihara dan membantu mempersiapkan diri untuk hari yang akan datang. Teh hijau sarat dengan antioksidan, jadi teh hijau adalah pilihan gaya hidup yang baik dan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menyetel Musik

Terapi musik telah terbukti mengurangi stres dan memiliki efek positif pada kesehatan. Kamu tidak perlu terapis untuk menikmati beberapa manfaat yang ditawarkan musik. Mendengarkan musik saat kamu bersiap-siap untuk memulai hari akan menciptakan energi positif dan rasa damai yang menenangkan.

Musik dapat melengkapi kebiasaan gaya hidup sehat lainnya, seperti menyetel musik dapat menambahkan rasa damai saat latihan yoga, menemani kamu saat berjalan atau lari pagi atau merangsang pikiran kamu dengan menulis jurnal.

3. Bersantai di Kamar Mandi

Banyak dari kita mandi di pagi hari dengan terburu-buru karena harus segera melanjutkan kegiatan sehari-hari lainya. Namun, mengapa kamu tidak mandi lebih awal atau mengambil beberapa menit ekstra agar dapat mandi dengan santai.

Saat kamu membiarkan air hangat mengendurkan otot, pikirkan kemungkinan yang ada di depan, pikirkan apa yang harus kamu syukuri dalam hidup dan ingat perasaan tenang ini.

Ketika kamu menghadapi tantangan sepanjang hari, pikirkan kembali perasaan santai ini. Kamu juga mungkin dapat mendekati penyebab stres yang kamu alami dari tempat yang lebih terpusat.  

 

3 dari 4 halaman

4. Makan Sarapan Seimbang

Jika Kamu biasanya memulai hari dengan roti dan kopi, ketahuilah bahwa sarapan dikenal sebagai makanan terpenting dalam menjalani hari karena alasan yang sangat baik.

Makan sehat di pagi hari dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan memenuhi kebutuhkan untuk mengatasi stres fisik dan mental. Tanpa sarapan, kamu akan kurang tangguh, baik fisik maupun mental. Pastikan untuk memiliki banyak protein dan buah, bukan hanya kafein dan kalori kosong.

5. Menulis jurnal

Menulis jurnal memiliki banyak manfaat kesehatan, manajemen stres dan juga dapat meningkatkan kesadaran diri. Menulis sekali sehari dapat membantu kamu merasa fokus, memproses emosi negatif, dan memecahkan masalah.

Luangkan waktu beberapa menit untuk merenungkan apa yang kamu rasakan dan nikmati di hari sebelumnya, fokus pada apa yang ingin kamu capai di hari mendatang, atau kamu juga dapat menulis apa yang kamu syukuri saat ini. 

 

4 dari 4 halaman

6. Jalan Pagi

Jalan pagi memiliki begitu banyak manfaat kesehatan terlebih lagi jalan pagi bisa membuat kamu siap untuk memulai hari, membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari, menurunkan tingkat stres dan mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan.

7. Lakukan Sedikit Yoga

Untuk tubuh yang sehat dan pikiran yang damai, beberapa aktivitas memberikan hasil yang sama baiknya dengan yoga. Cara yang baik untuk memulai pagi adalah dengan melakukan serangkaian pose yoga yang disebut Sun Salutations, yaitu rangkaian pose atau gerakan yoga yang dilakukan secara mengalir dan digabungkan dengan teknik pernapasan.

Menggabungkan semua kebaikan dari beberapa teknik manajemen stres seperti pernapasan diafragma, meditasi, peregangan, dan banyak lagi yang dilakukan saat yoga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan terbaik yang dapat kamu temukan.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.