Sukses

7 Hewan Paling Langka yang Terancam Punah Saat Ini, Ada Badak Jawa dan Vaquita

Sekarang ini ada total 41.415 spesies dalam Daftar Merah IUCN, dan 16.306 di antaranya adalah spesies terancam punah.

Liputan6.com, Jakarta Suatu spesies diklasifikasikan terancam punah atau langka ketika populasinya telah menurun antara 50 hingga 70 persen dan ketika populasinya dibatasi hingga kurang dari 250 individu dewasa.

Sekarang ini ada total 41.415 spesies dalam Daftar Merah the International Union for the Conservation of Nature (IUCN) dan 16.306 di antaranya adalah spesies terancam punah. Angka ini naik dari 16.118 dibandingkan tahun lalu. Daftar tersebut termasuk hewan dan tanaman yang terancam punah. Berikut adalah 10 hewan yang paling terancam punah di tahun 2022:

1. Badak Jawa

Saat ini hanya 67 badak jawa yang diperkirakan tersisa di dunia, menjadikan spesies badak yang terancam punah ini sebagai salah satu spesies mamalia besar yang paling terancam di Bumi.

Saat ini status konversi badak jawa sangat terncam punah. Habitat badak jawa adalah hutan tropis. Badak jawa memiliki tinggi sekitar 1,3 meter dengan berat sekitar 900 kg hingga 2 ton.

Badak jawa adalah yang paling terancam dari lima spesies badak. Tiga subspesies badak yang sangat terancam punah ini diantaranya badak hitam, Jawa, dan Sumatra.

Saat ini, populasi kecil badak jawa hanya ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon di Jawa, Indonesia. Sebuah subspesies daratan utama dari badak jawa dinyatakan punah di Vietnam pada tahun 2011.

Yayasan Badak Internasional (IRF) bekerja sama dengan mitra lokal yaitu, Yayasan Badak Indonesia (Yayasan Badak Indonesia atau YABI) dan staf Taman Nasional Ujung Kulon untuk melindungi satu-satunya populasi badak Jawa di dunia sambil juga bekerja untuk memperluas habitat spesies di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Vaquita

Vaquita adalah lumba-lumba pelabuhan kecil asli daerah yang sangat kecil di bagian utara ekstrem Teluk California, Meksiko. Vaquita adalah Cetacea terkecil yang diketahui.

Keluarga Cetacea lainya yaitu paus, lumba-lumba, atau lumba-lumba yang hidup hari ini. Vaquita mencapai panjang hanya sekitar 1,2-1,5 m dan berat tidak lebih dari 45 kg.

Saat ini, spesies ini berada di ambang kepunahan dengan status konservasi sangat terancam punah. Terjerat jaring ikan secara tidak sengaja yang tak terhitung jumlahnya adalah penyebab utama kematian pada spesies ini di seluruh dunia.

3. Orang Utan 

Orang utan Kalimantan dan Sumatra, kedua spesies ini mengalami penurunan populasi yang tajam. Satu abad yang lalu mungkin ada lebih dari 230.000 orangutan secara total, tetapi orang utan Kalimantan sekarang diperkirakan sekitar 104.700 berdasarkan rentang geografis yang diperbarui (terancam punah) dan orang Sumatera sekitar 7.500 (sangat terancam punah).

Perusakan dan degradasi hutan hujan tropis, khususnya hutan dataran rendah, di Kalimantan dan Sumatera menjadi penyebab utama orangutan terancam punah.

Minyak kelapa sawit, bahan yang ditemukan dalam banyak produk makanan dan kosmetik sehari-hari, berkontribusi terhadap deforestasi yang cepat di Sumatera.

Habitat orang utan di Sumatra dan Kalimantan sedang dibuka pada tingkat yang mengkhawatirkan untuk dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. 5 tempat terbaik untuk melihat orang utan di alam liar adalah:

  • Lembah Danum, Sabah, Malaysia.
  • Gunung Leuser, Sumatera, Indonesia.
  • Sungai Kinabatangan, Sabah, Malaysia.
  • Tanjung Puting, Kalimantan, Indonesia.
  • Suaka Margasatwa Tabin, Sabah, Malaysia.

 

3 dari 4 halaman

4. Gorila Gunung

Selama beberapa dekade, gorila gunung telah menjadi sasaran perburuan yang tidak terkendali, penyakit, hilangnya habitat, dan kerusakan akibat konflik manusia. Jumlah mereka anjlok dan mereka sekarang dianggap terancam punah.

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, yang menetapkan status konservasi spesies, mengubah status Gorila gunug dari “sangat terancam punah” menjadi “terancam punah” pada tahun 2008 seiring dengan peningkatan jumlah mereka. 5 Tempat Terbaik untuk Melihat Gorila di Afrika diantaranya adalah:

  • Rwanda, adalah rumah bagi lebih dari 600 gorila gunung.
  • Uganda.
  • Republik Demokratik Kongo.
  • Kongo Brazzaville.
  • Republik Afrika Tengah

5. Gajah Asia

Gajah Asia diklasifikasikan sebagai "terancam punah" oleh IUCN. Populasinya telah menurun sekitar 50 persen selama 75 tahun terakhir, dan diperkirakan ada 20.000 hingga 40.000 gajah Asia yang tersisa di alam liar.

Pada tahun 1976 gajah Asia terdaftar sebagai "terancam punah" di bawah U.S. Endangered Species Act (ESA) karena status mereka di bawah CITES dan ESA, perdagangan komersial gajah Asia.

Sekitar sepertiga gajah Asia di dunia hidup di penangkaran, sebagian besar di Asia Tenggara, tepatnya Thailand. Kemudian, Kenya di Taman Nasional Amboseli.

 

4 dari 4 halaman

6. Harimau

Harimau secara global terdaftar sebagai "terancam punah" di Daftar Merah Spesies Terancam Punah dalam IUCN. Subspesies Malaya dan Sumatra terdaftar sebagai “sangat terancam punah”. Subspesies yang ada diantaranya adalah Bengal, Indochina, Sumatra, Siberia, dan Malaya. 

Harimau memiliki tinggi sekitar 70-120 cm (Dewasa) dengan berat pada harimau jantan sekitar 90-310 kg (Dewasa) dan betina sekitar 65-170 kg (Dewasa), Kecepatan 49-65 km/jam (Dewasa) dan Umur 8-10 tahun (di alam liar)

Hari ini, harimau diperkirakan hanya ada 3.500 harimau yang tersisa di alam liar di seluruh dunia. Taman Nasional Bandhavgarh adalah tempat terbaik untuk menemukan harimau di alam liar.

7. Penyu Belimbing 

Penyu belimbing diberi nama karena cangkangnya. Mereka adalah spesies penyu terbesar dan juga salah satu yang paling bermigrasi, melintasi Samudra Atlantik dan Pasifik.

Penyu belimbing berada di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Mereka menempati perairan AS di Pasifik Barat, Pasifik Timur, dan Atlantik Barat Laut. Tempat bertelur penyu belimbing Pasifik terletak di garis lintang tropis di Pasifik timur dan barat di seluruh dunia.

Pengumpulan telur yang ekstensif dan tangkapan sampingan pada alat tangkap ikan adalah penyebab utama penurunan ini. NOAA Fisheries menetapkan semua populasi penyu belimbing sebagai terancam punah berdasarkan Undang-Undang Spesies Terancam Punah pada tahun 1970.

The Leatherback Trust adalah sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menyelamatkan penyu belimbing dengan mempromosikan konservasi penyu belimbing yang terancam punah. 5 tempat teratas untuk melihat Penyu adalah:

  • Kosta Rika: Playa Grande.
  • Indonesia: Kepulauan Gili.
  • Australia: Pulau Bangau.
  • Hawai: Pantai Laniakea.
  • Malaysia: Pulau Tioman.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.