Sukses

5 Film Bollywood di Netflix yang Cocok Ditonton saat Festival Diwali Hari Ini

Perayaan Diwali tahun ini jatuh pada 24 Oktober 2022, berikut 5 film untuk disaksikan di Hari Raya Diwali.

Liputan6.com, Jakarta - Deepavali atau yang juga disebut Diwali merupakan perayaan populer bagi umat Hindu. Diwali adalah festival lampu atau festival cahaya.

Hari raya umat Hindu ini jatuh pada Oktober atau November, sesuai dengan hitungan kalender Hindu. Untuk tahun ini, perayaannya jatuh pada hari ini, Senin (24/10/2022).

Diwali atau Deepavali adalah hari libur terbesar dan terpenting di India sepanjang tahun.

Mengutip laman National Geographic Kids, Senin (24/10/2022), nama perayaan ini berasal dari kata avali artinya deretan dan deepa yakni lampu tanah liat, yang dinyalakan orang India di luar rumah mereka untuk melambangkan cahaya batin yang melindungi dari kegelapan spiritual.

Festival ini sama pentingnya bagi umat Hindu seperti halnya hari raya Natal bagi umat Kristiani.

Bagi yang merayakan Diwali, ini menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Ini juga mungkin akan menjadi momen untuk mencari hiburan.

Salah satu hiburan yang dapat dinikmati pada perayaan ini yaitu dengan menonton film. Dengan mengandalkan layanan streaming, orang tidak perlu bepergian jauh untuk memilih film yang akan disaksikan.

Dalam momen ini, berikut 5 film Bollywood yang bisa ditonton di Netflix untuk merayakan Diwali:

 

1. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Film populer ini mengisahkan cinta terlarang, seperti yang terjadi dalam film Romeo dan Juliet, selain drama keluarga yang penuh rahasia dan penipuan.

Setelah menikahi seorang wanita miskin, Rahul yang kaya tidak diakui oleh ayahnya dan pindah ke London untuk membangun kehidupan baru.

Bertahun-tahun kemudian, adik laki-lakinya yang sekarang sudah dewasa, Rohan, memulai sebuah misi untuk membawa Rahul kembali ke rumah dan menyatukan kembali keluarganya. Film ini menampilkan adegan Diwali yang ikonik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lagaan: Once Upon a Time in India (2001)

Dimulai dengan sebuah kisah klasik, film yang dibintangi oleh Aamir Khan ini adalah film drama olahraga yang berlatar belakang di India saat di bawah pemerintahan Inggris.

Satu desa terancam kenaikan pajak, tetapi para petani yang perkasa memutuskan untuk menentang keputusan yang menindas, menantang Inggris untuk bermain kriket.

Potongan pertama film ini hampir tujuh jam, tetapi pembuat film menurunkannya menjadi 3,7 jam.

3 dari 5 halaman

3. Rang De Basanti (2006)

Film ini berkisah tentang sekelompok siswa yang berpartisipasi dalam proyek dokumenter tentang pejuang kemerdekaan selama pemerintahan kolonial.

Namun, rangkaian peristiwa berubah ketika ketidakadilan politik dalam kehidupan mereka sendiri menjadi jelas.

Mungkin kamu juga perlu menyiapkan beberapa lembar tisu. Film yang menguras air mata ini dibintangi oleh Aamir Khan dan Soha Ali Khan.

4 dari 5 halaman

4. Jab We Met (2007)

Film komedi romantis ini mengisahkan seorang pengusaha yang depresi dan kaya raya. Hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis yang periang.

Mereka bertemu di kereta api dan dia memutuskan untuk ikut dengannya untuk pulang ke rumah. Dia akan menikahi orang lain, tetapi tentu saja, ada hal-hal tidak berjalan sesuai rencana.

5 dari 5 halaman

5. Zindagi Na Milegi Dobara (2011)

Film ini mengisahkan tiga teman masa kecil, Arjun, Kabir, dan Imran, yang bersatu kembali untuk melakukan perjalanan selama tiga minggu. Mereka berangkat ke Spanyol dan bertemu dengan Laila, yang jatuh cinta dengan Arjun.

Kabir dan tunangannya, Natasha, mengalami kesalahpahaman yang begitu besar, sementara Imran ingin bertemu dengan ayah kandungnya, seorang seniman. Selama perjalanan mereka, setiap teman memilih permainan yang berbahaya untuk diikuti oleh kelompoknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.