Sukses

Usai Depak Steven Gerrard, Aston Villa Buka Peluang Rekrut Dua Manajer Ini

Aston Villa sedang berburu manager baru dipertengahan musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Aston Villa sedang berburu manager baru dipertengahan musim ini. Santer dua nama mencuat, yakni Mauricio dan Unai Emery. Alhasil, keduanya menjadi favorit terdepan untuk menggantikan Steven Gerrard di Aston Villa.

Sebagaimana diketahui, Steven Gerrard resmi dipecat pada Kamis malam 19 Oktober 2022, tepat setelah Aston Villa kalah memalukan 3-0 di markas Fulham, sehingga para penggemar tandang Villa meneriakkan agar legenda Liverpool untuk pergi.

Selama Steven Gerrard menangani tim berjuluk The Villans mengalami fase menyedihkan sejak akhir musim 2021/2022 lalu.

Mereka saat ini berada di urutan ke-17 dalam tabel klasemen sementara, hanya lolos dari zona degradasi karena memiliki selisih gol yang lebih baik ketimbang Wolves yang berada zona degradasi.

Dilansir dari Metro.uk, Jumat (21/10/2022) pemilik dari Aston Villa memiliki ambisi serius, serta mungkin itu tercermin dalam siapa yang terdepan untuk pekerjaan itu.

Mauricio Pochettino dan Unai Emery menjadi dua nama teratas yang dinilai pas menggantikan Steven Gerrard.

Kedua manajer ini memiliki banyak pengalaman dalam menangani tim-tim top Eropa. Mauricio Pochettino dikenal saat masih bersama Spurs.

Puncak karirnya adalah membawa The Lilywhites ke final Liga Champions dan menjadi runner-up usai dikalahkan Liverpool, pada 2019 silam.

Namun,bersama raksasa PSG mengalami periode singkat usai dipecat oleh petinggi klub karena tak bisa membawa klub ini berbicara banyak di Liga Champions.

Sedangkan, Unai Emery tidak bahagia di Inggris bersama Arsenal, maupun dengan PSG. Akan tetapi, dirinya dihormati atas prestasinya di klub Spanyol Sevilla, yang di mana ia memenangkan tiga Liga Europa berturut-turut. Saat ini, Emery masih menangani dan terikat kontrak dengan Villarreal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Opsi Lain Jika Gagal Rekrut Pochettino dan Emery

Jika Aston Villa gagal mendapatkan kedua pelatih, Mauricio Pochettino dan Unai Emery. Maka petinggi klub mempunyai rencana cadangan berisikan nama-nama manager selanjutnya The Villans.

Nama-nama lain tersebut, yaitu manajer QPR Michale Beale, yang pada Kamis lalu baru saja menolak kesempatan untuk mengambil alih di Wolves, serta mantan pelatih Chelsea Thomas Tuchel, dan Thomas Frank dari Brentford.

3 dari 4 halaman

Statistik Steven Gerrard saat Menangani Aston Villa, Belum Genap Satu Musim Penuh

Gerrard datang ke Aston Villa dengan catatan mentereng di Rangers. Gerrard mampu membawa Rangers juara Premier League Skotlandia pada musim 2020/2021. Sebelum menerima pinangan Villa, dia disebut sebagai manajer masa depan Liverpool.

Gerrard resmi bekerja untuk Aston Villa pada November 2021. Dari periode itu hingga laga melawan Fulham, Gerrard telah melakoni 39 laga Aston Villa. Hasil tersebut bisa dibilang buruk bukan membaik.

Gerrard juga hanya mampu meraih 12 kemenangan, delapan hasil imbang, dan 19 kali menelan kekalahan dari 39 pertandingan.

Aston Villa selama ditangani legend Liverpool itu hanya memperoleh 45 gol dan 53 kali kebobolan.

4 dari 4 halaman

Sempat Menolak Mundur dari Aston Villa

Hal menarik menghiasai sebelum pemecatan Steven Gerrard. Satu jam sebelum keluar statement resmi, Gerrard dengan percaya dirinya mengatakan tak akan mundur dari kursi kepelatihan Villa.

“Kondisi ini sangat sulit bagi saya, mari kita lihat nanti apa yang akan terjadi, Akan tetapi, kalian sudah mengenal saya sejak lama bahwa ada sepak bola di dalam DNA saya dan saya tentu saja tidak akan mundur begitu saja,” ujar Steven Gerrard, dikutip dari Evening Standard, Jumat (21/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.