Sukses

6 Langkah yang Wajib Dilakukan Jika Ingin Miliki Rambut Sehat dan Berkilau

Untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau lakukan deretan perawatan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan banyak orang. Rambut yang sehat akan membuat pemiliknya merasa nyaman dan percaya diri.

Akan tetapi, untuk mencapai hal tersebut mungkin tidak selalu mudah. Faktor-faktor seperti pola makan yang tidak sehat, polusi, gaya hidup, dan penggunaan produk perawatan rambut yang salah, semuanya dapat menyebabkan helai rambut kusam dan tidak berkilau.

Jika kamu berjuang dengan masalah ini, maka hal pertama yang perlu kamu ubah adalah rutinitas perawatan rambut harianmu. Melansir Bebeautiful.in, Rabu (19/10/2022), terdapat dasar-dasar rutinitas perawatan rambut yang baik.

Perawatan dasarnya yaitu seperti selalu membiarkan rambut mengering secara alami. Kemudian, keringkan dengan handuk. Kamu juga perlu menghindari panas dari pengering rambut setiap kali kamu mencuci rambut.

Gunakan catokan hanya setelah rambut kamu benar-benar kering dan ingatlah untuk menggunakan semprotan pelindung panas sebelum dan sesudah menggunakan alat penata rambut panas.

Jika rambut kamu kusut, gunakanlah sisir bergigi lebar atau jari-jarimu. Lakukan juga pemangkasan secara teratur untuk menjaga ujung rambut agar tidak bercabang dan rusak.

Selain itu, jika kamu tidak tahu harus dari mana untuk memulai perawatan rambut, Mrunal Shah Modi, seorang dokter kulit dari Shine, Skin, Hair and Laser Clinic di Mumbai, India, menjelaskan bagaimana rutinitas perawatan rambut harian yang ideal, terlepas dari jenis rambut kamu. Berikut ini 6 langkah perawatan rambut harian yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan rambut sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pijat Minyak (Oil Massage)

Memijat rambut kamu dengan sedikit minyak ampuh untuk melembapkan dan menjaga kondisi helai rambut secara intens. Praktik ini sangat penting untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan rambut harian jika kamu memiliki rambut kering dan kusut.

Dr. Modi mengatakan, minyak melumasi kutikula luar, melembapkan rambut, dan mengurangi rambut kusut. Pijatan minyak yang lembut meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan rambut.

Beberapa minyak memiliki nutrisi penting yang mencegah rambut rontok dan rambut beruban prematur. Jika kamu memiliki kulit kepala yang kering dan gatal, maka minyak ini bekerja dengan sangat baik dalam kasus tersebut. Akan tetapi, jika kamu memiliki ketombe yang parah dan infeksi kulit kepala lainnya, kamu tidak boleh mengoleskan minyak sampai diobati,” ujar Dr. Modi.

3 dari 7 halaman

2. Pembersihan (Cleanse)

Langkah berikutnya yaitu membersihkan rambut. Saat membersihkan rambut, sangat penting untuk menggunakan sampo yang secara khusus cocok untuk jenis rambut kamu.

Dr. Modi menyarankan untuk mencuci rambut dan kulit kepala dengan pembersih bebas sulfat yang lembut dua sampai tiga kali seminggu. Hal ini penting untuk menjaga kulit kepala tetap bersih.

Selain itu, suhu air juga memainkan peran yang sangat penting. Pastikan bahwa airnya tidak terlalu dingin atau sangat panas karena akan menghilangkan kelembapan dan membuat rambut menjadi kering," imbuhnya.

4 dari 7 halaman

3. Pemakaian Kondisioner (Condition)

Terlepas dari jenis rambut kamu, mengkondisikan rambut kamu sangatlah penting. Pemakaian kondisioner membantu mengurangi rambut kusut, memerangi kekeringan, dan membuat rambut kamu jauh lebih mudah diatur setelah pengeringan.

Selain itu, rambut yang dikondisikan dengan baik tidak terlalu kusut. Oleh karena itu, kondisioner bekerja dengan baik untuk mengurangi kerusakan dan menjaga kesehatan rambut.

"Oleskan kondisioner hanya pada ujung rambut dan bukan pada kulit kepala. Biarkan selama setidaknya empat sampai lima menit dan kemudian cuci dengan air dingin," kata Dr. Modi.

Mengaplikasikan kondisioner ke kulit kepala akan menyebabkan penumpukan produk dan membebani rambut. Alasan mengapa penting untuk mencucinya dengan air dingin adalah karena hal ini membantu menyegel kutikula dan menambah kilau rambut.

5 dari 7 halaman

4. Perbaikan (Repair)

Setiap dua hingga tiga minggu sekali, sangat penting untuk menukar kondisioner kamu dengan masker rambut untuk mengurangi rambut kusut, memberikan kilau, dan memperbaiki kerusakan.

"Polusi dan panas membuat rambut kamu tampak sangat kering dan kusut. Merawat rambut kamu dengan masker rambut membantu mengembalikan hidrasi dan membuat rambut lebih lembut dan berkilau,” ujar dr. Modi.

Masker juga melembabkan dan menutrisi rambut dan juga meningkatkan kekuatannya. Masker yang dibeli di toko jauh lebih bermanfaat, tetapi penggunaan masker rambut buatan sendiri secara teratur sekitar dua hingga tiga kali juga akan bermanfaat," ia menyambung.

6 dari 7 halaman

5. Perawatan dengan Serum (Treat)

Untuk rambut yang benar-benar sehat, bersinar, dan tidak terlihat kusut, sangat penting untuk menggunakan serum rambut setiap kali selesai keramas. Sama seperti serum yang ampuh untuk kulit, serum rambut juga diperkaya dengan bahan aktif. Tekstur serum yang ringan dapat menembus jauh ke dalam rambut dan kulit kepala. Hal itu dapat melindungi, merawat, dan memperbaiki helai rambut.

7 dari 7 halaman

6. Melindungi (Protect)

Langkah terakhir, tetapi sangat penting dalam rutinitas perawatan rambut harian kamu adalah melindungi rambut. Rambut dapat mengalami banyak kerusakan sepanjang hari, karena polusi, masalah lingkungan, alat panas, pola makan, dan pilihan gaya hidup umumnya, sehingga membuatnya tampak kusam dan keriting.

Untuk mencegah kerusakan ini, cara yang sederhana namun efektif adalah dengan mengaplikasikan kondisioner tanpa bilas. Produk ini membantu membentuk lapisan pelindung di atas helai rambut kamu untuk mencegah kerusakan dan menjaganya agar tetap terlihat halus dan indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.