Sukses

Performa Mohamed Salah yang Luar Biasa Bikin Jurgen Klopp Bahagia

Dibalik Kemenangan dari Man City, Jurgen Klopp mengaku bahagia terhadap performa Salah yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Liverpool berhasil permalukan Manchester City 1-0, pada matchday ke-11 Liga Inggris 2022/2023. Laga ini berlangsung di Anfield Stadium, Minggu malam (16/10) kemarin.

Menariknya, Mohamed Salah menjadi aktor pembeda yang mencetak gol satu-satunya sekaligus membawa kemenangan bagi The Reds.  Setelah mereka mengawali musim ini dengan buruk sejak musim 2012/2013. 

Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengakui bahwa dirinya bahagia dengan penampilan penyerang andalan, Mohamed Salah berperan penting dalam mencetak gol 1-0.

“Benar-benar luar biasa. Jelas dia adalah salah satu dari dua striker di tengah bersama dengan Roberto Firmino," Kata Jurgen Klopp, dikutip dari MalayMail, pada Senin (17/10).

Dia juga menambahkan pemain asal Mesir tersebut diberi peran yang lebih luas dalam mengatur lini serang The Reds.

“Situasi sebelumnya benar-benar tidak beruntung karena dia belum mencetak gol di sana. Selain itu, bagus dalam menguasai bola, selalu mengancam di belakang, bekerja sangat keras, performa yang luar biasa,” tambahnya. 

Dengan demikian, dengan meraih kemenangan ini membawa Liverpool naik dua peringkat ke posisi delapan, masing-masing tiga kemenangan, empat hasil imbang, dan dua kekalahan dengan torehan 13 poin.

Sementara Man City tertahan peringkat kedua, selisih empat poin dari Arsenal selaku pemuncak klasemen dan juga menjadikan ini sebagai kekalahan perdana di musim 2022/2023, yang sebelumnya The Cityzen tampil superior sejak awal musim. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Baru Liga Champions

Mohamed Salah tak hanya menjadi aktor kemenangan atas Manchester City 1-0, pada pekan ke-11 Liga Inggris 2022/2023. Sebelum laga ini dimulai,  pemain asal Mesir tersebut mencetak sejarah baru di Liga Champions yang dimana mampu cetak hat-trick tercepat dalam kemenangan 7-1 atas Rangers di pertandingan pekan keempat Grup A di Ibrox, Kamis (13/10) lalu.

Salah masuk lapangan pada menit ke-68 menggantikan Nunez. Hanya delapan menit berselang, pemain berpaspor Mesir itu sukses merobek jala Rangers lewat tembakan kaki kiri melengkung khas dirinya. Empat menit kemudian, Salah kembali menggetarkan gawang McGregor. Salah semakin menggila ketika satu menit berselang, ia lagi-lagi menceploskan bola ke gawang tim tuan rumah.

Torehan tiga gol hanya dalam rentang waktu enam menit 12 detik ini pun membuat Salah memecahkan rekor hattrick dalam tempo tercepat sepanjang sejarah Liga Champions. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Bafetimbi Gomis yang mencetak tiga gol dalam tempo delapan menit ketika Lyon berhadapan dengan Dinamo Zagreb pada 2011 silam.

3 dari 4 halaman

Gol Terbanyak di Liga Inggris Dicetak oleh Pemain Afrika

Mohamed Salah dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik di Premier League. Predikat tersebut diraihnya berkat kemampuannya menjebol gawang lawan selama membela Liverpool.

Salah sudah mencetak 180 gol di Premier League selama lima musim di Liverpool. Ditambah dengan kariernya yang singkat di Chelsea, pemain Mesir itu sekarang mengumpulkan 193 gol di kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Salah berhasil melampaui rekor Didier Drogba (104) yang sempat menyandang status sebagai pemain asal Afrika dengan jumlah gol terbanyak dalam ajang Premier League. Pemain berusia 30 tahun itu sekarang memiliki jumlah gol yang sama di liga dengan legenda Liverpool Steven Gerrard.

4 dari 4 halaman

Prestasi Selama di Liverpool

Mohamed Salah direkrut dari AS Roma, pada tahun 2017 senilai £36,9 Juta atau sekitar Rp 640 Milyar. Tentu bagi Salah, Liga Inggris tak asing baginya karena pernah membela Chelsea,tapi harus gagal sehingga ia tak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dan membuktikan bahwa mampu beradaptasi.

Selama membela Liverpool, membawa liverpool juara Liga Inggris yang telah lama diimpikan dan gelar ke-6 Liga Champions pada tahun 2019 serta menyabet Golden Boot setelah mencetak 32 gol dari 36 laga.

Ia juga menjadi pemain pertama yang memenangkan 3 Premier League Player of the Month dalam musim yang sama. Performanya yang luar biasa memberinya banyak penghargaan pada akhir musim 2017–18, termasuk PFA Players' Player of the Year, Football Writers' Player of the Year dan PFA Fans' Player of the Year. Salah meraih tempat ketiga untuk the 2018 Best FIFA Men's Player.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini