Sukses

Konsumsi Minyak Ikan Secara Teratur Terbukti Efektif Mencegah Gejala Covid-19 yang Parah

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menyelidiki apakah penggunaan minyak ikan secara teratur menurunkan risiko tertular infeksi sindrom pernapasan akut akibat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah penelitian baru-baru ini yang diposting ke server pra-cetak medRxiv, para peneliti menyelidiki apakah penggunaan minyak ikan secara teratur menurunkan risiko tertular infeksi sindrom pernapasan akut akibat Covid-19. 

Selain itu, mereka memeriksa apakah pengguna minyak ikan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit tersebut, termasuk rawat inap dan kematian dalam kelompok berbasis populasi nasional yang terdaftar di biobank Inggris Raya (UK).

Rupanya ada banyak bukti bahwa suplementasi minyak ikan memiliki efek menguntungkan pada fungsi kekebalan manusia, yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi SARS-CoV-2 dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup pada pasien Covid-19. 

Namun, bukti data ini terutama dari uji coba terkontrol acak dengan ukuran sampel yang tidak memadai. Secara keseluruhan, ada kekurangan studi kohort berbasis populasi skala besar yang mengevaluasi kegunaan suplemen minyak ikan dalam pengaturan dunia nyata.

Dilansir dari News Medical, dalam penelitian ini, peneliti merekrut 110.440 peserta biobank Inggris (54,44% perempuan) dengan usia rata-rata 55,5 tahun dari pusat di seluruh Inggris, Skotlandia, dan Wales. 

Mereka diminta untuk mengisi kuesioner layar sentuh terperinci pada awal untuk mencatat penggunaan suplemen minyak ikan secara teratur. Para peserta penelitian juga memberikan sampel biologis dan menjalani pengukuran fisik pada awal.

Tim mengidentifikasi penerimaan dan kematian rumah sakit terkait Covid-19 dari data rumah sakit rawat inap yang diperbarui hingga 30 September 2021. Tindak lanjut penelitian berlanjut hingga 12,1 tahun sejak penilaian awal atau berakhir pada saat diagnosis Covid-19, rawat inap rawat inap, atau kematian, mana yang terjadi lebih dulu.

Lebih lanjut, para peneliti menggunakan model bahaya proporsional Cox untuk mengevaluasi korelasi antara kebiasaan penggunaan minyak ikan dan tiga hasil studi, risiko infeksi SARS-CoV-2, rawat inap terkait Covid-19, dan kematian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelitian memiliki tiga set model

Mereka membagi peserta berdasarkan waktu tindak lanjut menjadi kurang dari 12,1 tahun dan lebih besar dari atau sama dengan 12,1 tahun sambil mengevaluasi risiko infeksi SARS-CoV-2. Kali ini adalah median waktu tindak lanjut dan waktu kemunculan Omicron.

Penelitian ini memiliki tiga set model. Pertama atau model studi dasar atau model 1 tidak disesuaikan. Model 2 adalah model yang telah disesuaikan sebelumnya untuk usia dasar dan jenis kelamin pria atau wanita. 

Model 3 adalah model multivariabel, disesuaikan akuntansi untuk beberapa variabel tambahan, termasuk etnis, pendapatan rumah tangga, merokok, dan konsumsi alkohol, konsumsi sayuran dan ikan non-berminyak, dan mineral dan suplemen makanan lainnya. Selain itu, mereka memplot kurva Kaplan-Meier berbobot untuk membandingkan probabilitas bebas peristiwa dari pengguna minyak ikan biasa dan non-pengguna.

Secara total, 29424 peserta dilaporkan menggunakan suplementasi minyak ikan pada awal. Populasi penelitian memiliki lebih banyak wanita, orang tua, perokok sebelumnya, dan terbiasa menggunakan suplemen vitamin dan mineral.  

Selain itu, pengguna minyak ikan ini menunjukkan prevalensi yang lebih tinggi dari hipertensi lama dan infark miokard. Model studi 2, disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin, menunjukkan penurunan 25% dan 31% dalam risiko masuk rumah sakit dan kematian Covid-19, masing-masing, di antara mereka yang terbiasa menggunakan minyak ikan.

3 dari 3 halaman

Pengguna minyak ikan memiliki risiko 12% lebih rendah terinfeksi Covid-19

Model 3, disesuaikan sepenuhnya untuk semua variabel, menunjukkan penggunaan minyak ikan terkait dengan rasio bahaya yang disesuaikan (aHRs) masing-masing 0,79 dan 0,72 untuk rawat inap dan kematian Covid-19 di rumah sakit. 

Meskipun kurva Kaplan-Meier tertimbang menunjukkan pengurangan risiko hasil Covid-19 yang merugikan dengan penggunaan minyak ikan, model ini tidak menunjukkan hubungan yang signifikan antara keduanya di antara peserta dengan lebih dari 12,1 tahun masa tindak lanjut.

Sebuah studi oleh Louca et al. menunjukkan pengguna minyak ikan biasa memiliki risiko 12% lebih rendah dari infeksi SARS-CoV-2 di Inggris ketika Omicron bahkan belum muncul. 

Studi terbaru menggunakan data Inggris terbaru, di mana pada Januari 2022, Omicron menyebabkan lebih dari 99% dari semua kasus berurutan. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan berbagai dampak penggunaan minyak ikan terhadap infeksi SARS-CoV-2 pada periode yang berbeda. 

Pada periode sebelumnya, penggunaan minyak ikan mencegah infeksi SARS-CoV-2, seperti yang diamati dalam penelitian Louca. Namun, penulis mencatat tidak ada efek minyak ikan yang digunakan pada tahap selanjutnya ketika Omicron menjadi varian SARS-CoV-2 yang dominan di Inggris.

Sebagai rangkuman, analisis penelitian menggunakan model bahaya proporsional Cox yang disesuaikan sepenuhnya menunjukkan bahwa kebiasaan penggunaan minyak ikan secara konsisten dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari rawat inap dan kematian terkait Covid-19 di rumah sakit. Juga, populasi yang ditindaklanjuti selama lebih dari 12,1 tahun tidak menunjukkan tanda-tanda risiko infeksi SARS-CoV-2 yang lebih rendah karena penggunaan minyak ikan secara teratur.

Studi ini menjelaskan mekanisme biologis yang mengatur manfaat terkait penggunaan minyak ikan untuk hasil terkait Covid-19. Bahan utama minyak ikan adalah asam lemak tak jenuh ganda omega-3 (n-3 PUFA), yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. 

Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa n-3 PUFA melemahkan respons imun yang tidak terkontrol di paru-paru setelah infeksi bakteri atau virus. Dengan demikian, penggunaan minyak ikan dapat meningkatkan hasil klinis Covid-19, terutama pada pasien hipertensi, onkologi, dan diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Minyak Ikan