Sukses

Dokter: Jika Anda Mengalami 9 Gejala Ini, Bisa Jadi Terinfeksi Covid-19 BA.5

Berikut ini gejala yang menandakan Anda terinfeksi Covid-19 BA.5

Liputan6.com, Jakarta Meskipun publik ingin menempatkan COVID-19 jauh di belakang mereka, jelas virus itu belum selesai memakan korban. Meskipun kasus mulai menurun di dunia, namun virus itu masih ada dan memakan korban.

Rintangan terbaru dalam menghadapi COVID adalah munculnya subvarian BA.5, yang memiliki beberapa gejala spesifik yang membedakannya dari versi virus sebelumnya. Penelitian baru membantu menunjukkan dengan tepat apa yang harus Anda waspadai jika Anda merasa terkena COVID.

Sejak awal pandemi, perang melawan COVID-19 telah melibatkan upaya untuk tetap berada di depan varian baru yang memengaruhi tubuh secara berbeda. Untungnya, penelitian telah menunjukkan varian Omicron dan cabang-cabangnya menjadi versi virus yang lebih ringan, menghasilkan penyakit dan kematian yang lebih ringan pada mereka yang terinfeksi — terutama pada mereka yang divaksinasi dan mendapat booster.

Tetapi seperti yang disinggung sebelumnya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi subvarian BA.5 cenderung menunjukkan gejala yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang menderita Delta atau Alpha. Sekarang, penelitian telah menunjukkan tanda-tanda mana yang harus Anda cari jika Anda merasa sakit.

Lebih dari dua tahun berurusan dengan pandemi telah membuat publik waspada terhadap tanda-tanda peringatan spesifik COVID yang diyakini sebagai sinyal permulaan virus. Tetapi tim peneliti Norwegia dapat menunjukkan dengan tepat gejala apa yang mungkin disebabkan oleh Omicron dan subvarian BA.5 dengan menggunakan studi kasus wabah di pesta liburan pada akhir November yang diterbitkan dalam jurnal Eurosurveillance.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sembilan gejala spesifik bisa berarti Anda telah terinfeksi subvarian BA.5

Menurut The Independent, setelah mewawancarai 111 dari 117 tamu — 89 di antaranya telah menerima dua dosis vaksin mRNA tetapi tidak ada booster — para ilmuwan menemukan bahwa 66 orang telah dites positif COVID, dan 15 lainnya kemungkinan terinfeksi virus.

Para peneliti kemudian dapat mempersempit gejala yang dilaporkan dari masing-masing tamu pesta yang terinfeksi. Mereka menemukan bahwa yang paling umum adalah batuk yang mengganggu, pilek atau hidung tersumbat, kelelahan atau lesu, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, demam, dan bersin.

Selain hasil penelitian, pejabat kesehatan di Inggris juga menggunakan kedatangan Omicron untuk memperbarui daftar gejala potensial, menambahkan mual pada bulan April. Pada saat yang sama, menurut The Times, para ahli juga mencatat bahwa gejala yang sebelumnya umum seperti kehilangan rasa dan penciuman atau sesak napas telah menjadi kurang umum dengan subvarian terbaru.

 

3 dari 4 halaman

Banyak gejala yang terasa sangat mirip dengan flu biasa

Sementara daftar gejala potensial yang diperbarui dapat mempermudah untuk mengetahui apakah Anda terkena BA.5, daftar ini juga sangat mirip dengan yang disebabkan oleh virus umum lainnya. Dalam beberapa kasus, sulit untuk membedakan apa sebenarnya COVID tanpa tes.

"[Strain ini] menyebabkan flu parah hingga penyakit seperti flu," Pritish Tosh, MD, seorang dokter dan peneliti penyakit menular di Mayo Clinic, mengatakan kepada HuffPost dalam sebuah wawancara Juli.

Yang lain mengatakan bahwa bahkan beberapa gejala dasar muncul lebih intens saat BA.5 menyebar. Dalam wawancara bulan Juli dengan The Times, Joseph Khabbaza, MD, seorang dokter paru dan perawatan kritis di Klinik Cleveland, mengatakan dia telah melihat peningkatan pada pasien yang melaporkan kemacetan sinus yang menyakitkan dan sakit tenggorokan parah yang disamakan dengan radang.

Tetapi bahkan jika virus mulai menyerupai penyakit yang lebih umum, itu masih mempengaruhi beberapa pasien secara serius. "Jika Anda berbicara dengan rata-rata orang yang memiliki COVID, banyak yang akan memberi tahu Anda bahwa itu adalah yang paling sakit yang pernah mereka alami tanpa pergi ke rumah sakit," David Souleles, direktur Tim Respons COVID-19 di University of California, Irvine , kepada HuffPost.

 

4 dari 4 halaman

Inilah cara Anda dapat mengobati beberapa gejala BA.5 yang lebih umum:

Meskipun subvarian terbaru mungkin baru, gejala yang ditimbulkannya tidak asing bagi kebanyakan orang. Dokter mengatakan bahwa mengobati beberapa penyakit BA.5 yang paling umum bisa sesederhana mencari pengobatan dasar untuk meredakannya—terutama untuk merawat sakit tenggorokan.

“Pendekatan terbaik biasanya adalah apa yang akan disarankan oleh orang tua kita,” Michelle Prickett, MD, spesialis pulmonologi dan perawatan kritis di Northwestern Medicine, mengatakan kepada The Times.

Dia menyarankan untuk mengonsumsi banyak cairan agar tetap terhidrasi dan membantu mengurangi peradangan di tenggorokan. Dia juga merekomendasikan berkumur dengan larutan air garam hangat beberapa kali sehari untuk membantu meringankan rasa sakit. Selain itu, katanya pasien dapat mengatasi gejala lain dengan meminum obat flu yang dijual bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • COVID

  • sub varian