Sukses

Lezat dan Simpel, 6 Camilan Sehat Pengganjal Perut di Tengah Malam

Liputan6.com, Jakarta - Siapa di antara Anda yang sering perutnya keroncongan di tengah malam? Tak jarang karena keburu lapar dan ingin makanan yang simpel-simpel, sebagian orang akan mengabaikan kandungan dari makanan tersebut.

Misalnya saja seperti langsung memasak mi instan atau memesan makanan cepat saji. Jenis makanan tersebut tidak boleh sering-sering dikonsumsi karena dapat menimbulkan berbagai komplikasi dan penyakit. 

Melansir dari Healthline, Sabtu (17/9/2022), direkomendasikan memilih makanan di bawah 200 kalori untuk camilan larut malam. Ini artinya Anda harus mencari alternatif camilan yang lezat dan mengenyangkan tetapi tetap sehat.

Banyak penelitian menemukan bahwa makan pada jam-jam tersebut membuat tubuh manusia menyimpan kalori dalam bentuk lemak. Hal inilah yang dapat menyebabkan kegemukan. Itulah mengapa Anda juga perlu memperhatikan jumlah kalori dari setiap makanan yang Anda konsumsi. 

Sebagian besar camilan yang sehat dikonsumsi tengah malam berasal dari buah-buahan. Ada pula produk-produk olahan lainnya tetap aman jadi teman makanmu. Penasaran ada makanan apa saja?

Yuk, intip sederet camilan sehat yang dapat dinikmati saat perut Anda keroncongan tengah malam berikut ini!

1. Sereal

Sereal tak hanya bisa dikonsumsi sarapan saja. Saat perut Anda mulai keroncongan di tengah malam, sereal  bisa jadi pilihan camilan yang sehat dan bergizi. Sereal gandum seperti oatmeal menjadi sumber serat yang bagus untuk tubuh.

Anda dapat mengkombinasikan sereal dengan tambahan susu dan topping seperti biji-bijian. Kandungan melatonin dalam biji-bijian sangat bagus untuk mendukung kualitas tidur Anda. Tiga per empat cangkir oatmeal hanya mengandung 124 kalori. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Kiwi

Selain mengenyangkan, buah kiwi dapat menjadi camilan yang kaya akan vitamin C. Dua buah kiwi hanya mengandung 93 kalori.

Penelitian mengungkapkan mengkonsumsi buah kiwi membantu membuat tidur jauh lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan buah kiwi mengandung serotonin yang membantu meningkatkan relaksasi. Serotonin juga membantu mengekang nafsu makan. 

3. Stroberi

Jika Anda ingin camilan dengan porsi besar yang tidak banyak mengandung kalori, stroberi untuk memuaskan rasa lapar Anda. Selain mengandung vitamin C, stroberi mengandung melatonin dalam jumlah besar yang membantu tidur lebih nyenyak. Satu cangkir (166 gram) irisan stroberi hanya mengandung 53 kalori saja.

3 dari 4 halaman

3. Yogurt

Yogurt kaya akan protein kasein. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi protein kasein di malam hari dapat membantu mengurangi rasa lapar di esok pagi.

Sebagai camilan di malam hari, pilihlah yogurt polos tanpa pemanis yang dapat dikombinasikan dengan buah-buahan seperti buah beri atau buah persik. Satu wadah (170 gram) yogurt polos tanpa lemak mengandung 94 kalori.

5. Pisang dengan Mentega Almond

Ngemil pisang yang dicelupkan ke dalam mentega almond tanpa pemanis dapat membantu meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh untuk mendukung tidur malam yang lebih nyenyak. Tak hanya lezat, dua kombinasi camilan ini hanya mengandung sekitar 165 kalori saja.

4 dari 4 halaman

6. Goji Berry

Goji berry menjadi salah satu camilan kaya antioksidan yang dapat membuat tidur nyenyak. Seperempat cangkir (40 gram) goji berry kering yang lezat ini hanya mengandung 150 kalori. Anda bisa menjadikannya sebagai topping dalam sereal. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.