Sukses

Tips Menghilangkan Stretch Mark dengan 10 Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta - Stretch Mark merupakan garis-garis yang muncul di perut, lengan, payudara, bahu, pinggul, bokong, dan paha. Stretch Mark memang tidaklah berbahaya, namun kemunculannya terkadang menurunkan rasa percaya diri bagi sebagian orang.

Dilansir dari laman Web MD, Selasa (6/9/2022), stretch mark seringkali disebabkan karena perubahan berat badan yang mendadak. Beberapa hal yang kerap menjadi penyebab stretch mark di antaranya seperti pubertas, kehamilan, mengalami kenaikan atau penurunan berat badan dengan cepat, obesitas, memakai krim yang mengandung steroid, serta memiliki anggota keluarga dengan stretch mark.

Sebagian orang yang memiliki stretch mark tentunya berharap agar garis atau goresan di kulit dapat memudar. Biasanya banyak orang memakai cream atau salep penghilang stretch mark untuk memudarkannya.

Ternyata, sejumlah bahan alami dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Karena itu, tak ada salahnya mencoba bahan-bahan alami berikut ini untuk menghilangkan stretch mark.

Berikut ini tips menghilangkan stretch mark dengan 10 bahan alami, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Lemon

Lemon dikenal memiliki sifat mencerahkan kulit. Anda dapat mencoba menggosok irisan lemon di kulit yang memiliki stretch mark agar garis-garis memudar dan kulit lebih cerah.

Anda juga dapat merendam kapas ke dalam perasan lemon, lalu taruh kapas tersebut di kulit selama 10-15 menit. Asam alami dari jus lemon akan membantu memudarkan stretch mark.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Gula

Salah satu bahan eksfoliator yang terkenal adalah gula. Kristal kecil gula dapat menggosok kulit mati dengan lembut sehingga kulit lebih halus dan bersih.

Berikut adalah cara membuat dan aplikasi scrub gula yang dapat Anda coba di rumah:

- Campur 1/2 cangkir gula dengan 1/2 cangkir minyak kelapa atau minyak almond. Masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk. Lulur gula yang telah siap akan seperti pasir pantai yang basah.

- Anda dapat menggosokkan campuran yang telah Anda buat ke kulit.

- Anda dapat membilas dengan air bersih, baik hangat atau suhu ruang.

Anda bisa menggunakan campuran tersebut seminggu 2 hingga 3 kali saat mandi atau berendam. Scrub yang Anda buat dapat Anda simpan dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas. Buatlah scrub baru jika scrub yang Anda buat telah menimbulkan aroma yang tidak sedap.

3. Pegagan (Centella Asiatica)

Anda mungkin sering mendengar bahwa Centella asiatica sering digunakan sebagai produk perawatan wajah, perawatan bekas luka, dan membantu menenangkan kulit sensitif.

Centella dipercaya mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen. Anda dapat menggunakan krim yang mengandung Centella asiatica untuk mencegah stretch mark saat hamil, atau memudarkannya.

3 dari 5 halaman

4. Minyak Argan

Minyak argan kaya akan vitamin E yang tentunya bagus untuk kulit. Minyak argan diketahui dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Selain itu, mengoleskan minyak argan ke daerah yang mengalami stretch mark dapat menyembuhkan jaringan yang rusak dan bertahap memudarkan bekasnya.

5. Lidah Buaya

Mengoleskan lidah buaya ke kulit dapat menenangkan dan melembabkan kulit. Anda dapat mengoleskan lidah buaya murni atau produk perawatan seperti krim, lotion, atau salep yang mengandung lidah buaya.

Penelitian menemukan bahwa lidah buaya dapat menyembuhkan kulit yang rusak. Stretch mark sendiri adalah jaringan parut dari kulit yang rusak. Karenanya, lidah buaya dianggap cocok untuk mencegah dan menghilangkan kondisi kulit ini.

6. Putih Telur

Anda dapat mencoba mengoleskan putih telur pada kulit. Putih telur adalah sumber nutrisi bagi kulit yang tinggi protein dan asam amino. Putih telur yang dioleskan pada kulit dapat membantu memudarkan bekas stretch mark dan mengencangkan kulit.

4 dari 5 halaman

7. Minyak Kelapa

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa memiliki berbagai manfaat bagi kulit? Minyak kelapa murni dapat memperbaiki kulit kering, mengatasi infeksi kulit, dan menyembuhkan luka dengan cepat.

Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang mengalami stretch mark dan memijatnya dengan lembut. Memijat tubuh dengan minyak kepala pun dapat mencegah adanya stretch mark di kulit.

8. Teh Hitam

Kaya akan vitamin dan mineral, teh hitam bagus untuk kulit. Terutama vitamin B12 yang membantu mengontrol pigmentasi kulit. Rebus beberapa sendok teh hitam dengan sedikit garam, dinginkan, dan oleskan campuran tersebut ke kulit Anda.

5 dari 5 halaman

9. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C dan E

Mengonsumsi makanan kaya vitamin C akan membantu tubuh melawan racun dan membantu penyembuhan luka di kulit. Anda dapat mengudap beri-berian, jeruk, kiwi, melon, nanas, bayam, paprika, tomat, hingga lobak untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C.

Konsumsi vitamin E pun sangat baik untuk menutrisi kulit dan membantu memudarkan stretch mark. Anda dapat mengudap almond, lobak, hazelnut, bayam, alpukat, brokoli, pepaya, hingga peterseli yang mengandung vitamin E.

10. Konsumsi Cukup Air Putih

Tak hanya perawatan pada kulit yang mengalami stretch mark, Anda juga perlu menghidrasi kulit dengan minum air putih yang cukup. Air putih dapat mengembalikan elastisitas kulit, membuat kulit kenyal dan lembut, serta mengurangi stretch mark.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS