Sukses

Buat Pemula, 5 Langkah Awal Ini Bisa Kamu Coba Saat Melakukan Meditasi

Langkah-langkah mudah bagi kaum pemula yang ingin mencoba meditasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sering merasa berat menjalani hari-harimu? Meditasi bisa menjadi kegiatan yang dapat membantumu lebih bersemangat dalam menjalani hari. 

Apa itu Meditasi? Meditasi adalah praktik atau bentuk latihan menenangkan tubuh dan menjernihkan pikiran. Memiliki beragam manfaat, orang-orang yang rutin melakukan meditasi cenderung lebih tenang dan produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-berbeda memilih meditasi sebagai bagian dari hidup mereka. Mulai dari ingin mendapatkan ketenangan batin dan pikiran, meredakan stres dan tekanan, melatih mengelola emosi dan fokus, dan masih banyak tujuan lainnya yang ingin mereka capai. 

Nah, kamu tak perlu bingung lagi memulai langkah awal dalam menerapkan kegiatan positif ini. Yuk, intip deretan langkah mudah bagi kaum pemula yang ingin mencoba meditasi!

 

1. Mulai Langkah Kecil

Dilansir dari Healthline, Bigham merekomendasikan untuk melakukan meditasi selama 5 hingga 15 menit selama tiga kali setiap minggu bagi para pemula. Konsistenlah dan jadikan meditasi sebagai bagian dari rutinitas. 

Bagi para pemula mungkin memang sulit untuk duduk tenang dan memusatkan pikiran . Tak apa, cobalah untuk tetap duduk tenang dan nikmati saja meditasi yang dilakukan. Dengan sendirinya kamu akan mengikuti alurnya. 

Pelan-pelan tapi pasti. Ketika sudah terbiasa dan mulai menemukan titik nyaman dalam bermeditasi kamu bisa perlahan-lahan menaikkan durasi meditasi sesuai kebutuhanmu. Umumnya, meditasi dapat dilakukan hingga 30 menit. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menentukan Waktu yang Tepat

Kamu dapat melakukan meditasi kapanpun selama dirimu merasa nyaman untuk melakukannya di waktu tersebut. Jangan sampai dirimu merasa frustasi dan tak termotivasi karena jadwal meditasi yang kamu paksakan untuk dirimu sendiri. 

Bagi para pemula tak usah bingung. Untuk tahu kapan waktu terbaik melakukan meditasi, cobalah untuk bermeditasi di tiga waktu. Kamu bisa mencoba bermeditasi ketiga baru bangun pagi, malam sebelum tidur, ataupun ketika sedang istirahat kerja. 

Kapanpun waktu yang kamu pilih, lakukanlah. Konsistensi membantu menjadikan meditasi sebagai habit dan rutinitas harian yang menyenangkan.

3 dari 5 halaman

3. Ciptakan Kenyamanan

Kenyamanan menjadi salah satu pokok dalam meditasi. Tak hanya posisi duduk, menyalakan lilin, memutar musik, dan ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup dapat membantu meningkatkan fokus dalam bermeditasi. 

Kamu bisa menata ruangan dan menciptakan kenyamanan sesuai dengan prefensimu. 

4 dari 5 halaman

4. Ikuti Panduan Meditasi

Jika kamu masih bingung untuk memulai meditasi sendiri, cobalah membuka panduan meditasi yang tersebar di Youtube atau pun podcast. Ada banyak video-video dan suara dari para ahli meditasi dari medium tersebut yang membantu bagaimana harus mengarahkan dirimu dalam bermeditasi. 

5 dari 5 halaman

5. Konsisten dan Komitmen

Untuk menjadikan meditasi sebagai habit butuh konsistensi. Kamu harus berkomitmen pula pada alasan yang kamu pilih saat memulainya. Sangat disayangkan bila kamu hanya semangat bermeditasi di awal saja tetapi berhenti di tengah jalan. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.