Sukses

WHO Peringatkan Kemungkinan Munculnya Lebih Banyak Varian Covid-19 Berbahaya

WHO telah memperingatkan bahwa kemungkinan munculnya varian virus corona yang lebih mematikan dan lebih menular tetap ada dan mendesak semua untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Liputan6.com, Jakarta - Bahkan ketika infeksi COVID-19 dan kematian terkait terus menurun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa kemungkinan munculnya varian virus corona yang lebih mematikan dan lebih menular tetap ada dan mendesak semua untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

“Subvarian Omicron lebih menular daripada pendahulunya, & risiko varian yang lebih menular & lebih berbahaya tetap ada,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers mingguan terkait COVID, Rabu (31/8/2022).

Dia lebih lanjut memperingatkan bahwa kasus tersebut kemungkinan akan meningkat lagi dalam beberapa bulan mendatang.

“Kami sekarang melihat penurunan yang disambut baik dalam kematian COVID-19 yang dilaporkan secara global. Namun, dengan cuaca yang lebih dingin mendekat di belahan bumi utara, masuk akal untuk mengharapkan peningkatan rawat inap dan kematian dalam beberapa bulan mendatang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hidup dengan COVID-19

WHO sebelumnya telah menunjukkan bahwa di tahun-tahun mendatang, kita harus hidup dengan COVID-19. "Hidup dengan COVID-19 tidak berarti berpura-pura pandemi berakhir. Jika Anda berjalan di tengah hujan tanpa payung, berpura-pura tidak hujan tidak akan membantu Anda. Anda akan tetap basah kuyup. Demikian juga, berpura-pura virus mematikan tidak beredar adalah risiko besar,” jelasnya dilansir dari Livemint

“Hidup dengan COVID-19 berarti mengambil tindakan pencegahan sederhana untuk menghindari terinfeksi, atau jika Anda terinfeksi, agar tidak sakit parah/sekarat. Saya meminta semua pemerintah memperbarui kebijakan mereka untuk memanfaatkan alat penyelamat jiwa dengan sebaik-baiknya untuk mengelola COVID-19 secara bertanggung jawab," kata kepala WHO itu.

3 dari 3 halaman

Tentang vaksinasi COVID-19

Mengenai vaksinasi COVID-19, kata Tedros, angkanya, bahkan di negara-negara kaya, masih terlalu rendah, mencatat bahwa 30% petugas kesehatan dan 20% orang tua tetap tidak diimunisasi.

"Kesenjangan vaksinasi ini menimbulkan risiko bagi kita semua. Silakan divaksinasi dan booster jika direkomendasikan untuk memilikinya."

WHO mengatakan ada 4,5 juta kasus baru COVID-19 yang dilaporkan pekan lalu, turun 16% dari minggu sebelumnya. Kematian juga turun 13%, dengan sekitar 13.500 kematian. WHO mengatakan infeksi COVID-19 turun di mana-mana di dunia sementara kematian menurun di mana-mana kecuali Asia Tenggara, di mana mereka naik 15% dan di Pasifik Barat, di mana mereka naik 3%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama-nama baru untuk varian virus corona SARS-CoV-2 yang terdeteksi di berbagai negara.

    Varian Covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • virus corona