Sukses

Siapa yang Paling Berisiko Terkena Long Covid? Berikut Penjelasan Ahli

Studi menunjukkan bahwa wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk memiliki gejala Long Covid.

Liputan6.com, Jakarta Bagi jutaan orang, COVID-19 tidak berakhir dengan hanya sebuah hasil tes negatif. Berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah jejak virus menghilang dari hidung dan tenggorokan, gejala dapat bertahan atau kembali. Yang baru mungkin muncul dan bertahan selama berbulan-bulan. 

Orang-orang yang menderita COVID dalam jangka panjang enggan untuk menjalaninya untuk jangka panjang — dan masih belum jelas siapa yang berisiko paling tinggi untuk kondisi tersebut.

Para peneliti belum memiliki definisi resmi untuk gejala Long Covid, dan gejalanya sangat luas. Beberapa orang berjuang dengan kelelahan ekstrem yang mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. Orang lain tidak dapat berkonsentrasi atau berjuang dengan ingatan di tengah kabut otak yang tebal. Yang lain lagi mengalami kerusakan organ atau batuk terus-menerus dan kesulitan bernapas.

“Ada berbagai macam cara orang dapat mengalami Long Covid, bukan hanya satu hal,” kata Leora Horwitz, seorang dokter penyakit dalam di New York University Langone Health. “Itulah yang membuatnya sangat sulit untuk dipelajari.”

Spektrum gejala ini membuat menentukan siapa yang berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan jangka panjang dari penyakit ini menjadi sangat sulit. Beberapa kondisi pasca-COVID mungkin berasal dari kerusakan akibat virus atau stres karena dirawat di rumah sakit karena penyakit parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petunjuk umum tentang siapa yang berisiko

Dalam kasus lain, respons imun tubuh sendiri terhadap virus dapat menyebabkan kerusakan. Atau virus mungkin bersembunyi di suatu tempat di dalam tubuh, mungkin di usus, membantu gejala itu bertahan. Penyebab yang berbeda mungkin memiliki kelompok risiko yang berbeda, kata Hannah Davis, salah satu pendiri Patient-Led Research Collaborative, sebuah kelompok penelitian dan advokasi yang mempelajari Long Covid.

Ada beberapa petunjuk umum tentang siapa yang berisiko. Studi menunjukkan bahwa wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk memiliki gejala Long Covid. Pasien COVID-19 dengan lebih dari lima gejala pada minggu pertama infeksi atau kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya seperti asma mungkin lebih mungkin berkembang menjadi COVID-19 yang berkepanjangan.

Usia juga tampaknya menjadi faktor risiko, meskipun hasilnya beragam mengenai apakah beban jatuh pada orang tua atau orang paruh baya. Populasi yang secara keseluruhan terkena COVID-19 secara tidak proporsional, termasuk orang kulit hitam dan Hispanik, mungkin juga menghadapi perbedaan untuk COVID-19 yang berkepanjangan.

 

3 dari 3 halaman

Vaksinasi

Dan sementara vaksinasi tampaknya melindungi orang dari pengembangan Long Covid, Horwitz mengatakan, masih belum jelas seberapa banyak. Usia adalah faktor risiko untuk COVID-19 yang parah, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mencantumkan lebih dari 30 masalah kesehatan, termasuk kanker dan penyakit paru-paru, yang juga meningkatkan risiko. 

“Begitu banyak peneliti berasumsi bahwa [faktor risiko] itu akan sama untuk Long Covid dan tidak ada dasar ilmiah untuk itu,” kata Davis. Ada banyak lagi yang bisa dilewatkan oleh para peneliti dalam hal Long Covid.

Dengan menggunakan catatan dan pemeriksaan kesehatan, serta pengetahuan tentang penyakit dengan gejala yang mirip dengan Long Covid, para ahli sedang mencari faktor risiko tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid

  • Long COVID-19