Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Biji Labu Bagi Kesehatan, Bantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun ukurannya kecil, biji labu sangat kaya nutrisi.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun ukurannya kecil, biji labu sangat kaya nutrisi. Dengan memakan biji labu, Anda bisa mendapatkan sejumlah besar lemak sehat, magnesium dan seng.

Biji labu dikemas dengan nutrisi, kalori, lemak, protein dan serat. Ada pula vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang semuanya hadir dalam konsentrasi variable dalam biji labu.

Selain itu, biji labu juga mengandung sejumlah mineral lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, seng dan lainnya.

Karena adanya karotenoid dan vitamin E, biji labu memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Senyawa anti-inflamasi ini juga melindungi tubuh kita dari bahaya yang bisa ditimbulkan oleh radikal bebas. Akibatnya, biji labu melindungi kita dari berbagai penyakit.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari biji labu, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (25/8/2022).

1. Tingkatkan imunitas

Nutrisi seng dan vitamin E yang ditemukan dalam biji labu mendukung sistem kekebalan yang lebih kuat. Vitamin E memiliki kemampuan untuk meningkatkan respons kekebalan dan menjaga dari berbagai penyakit menular.

Ini juga merupakan antioksidan kuat yang menjaga sel-sel sehat dalam tubuh kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Seng melindungi tubuh kita dari invasi patogen, alergi dan peradangan, menghindari infeksi dan meningkatkan kekebalan di sekitar. Selain itu, biji labu memiliki efek antimikroba, antijamur dan antivirus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tingkatkan kualitas tidur

Biji labu mengandung asam amino triptofan, yang bermanfaat untuk tidur. Ini adalah blok bangunan melatonin dan serotonin.

Melatonin dan serotonin keduanya membantu dalam induksi tidur.

3. Bantu menurunkan berat badan

Biji labu merupakan sumber protein dan serat yang baik. Mereka memperpanjang rasa kenyang, menyebabkan kita makan lebih sedikit dan akhirnya menghasilkan lebih sedikit kalori yang tertelan. Penurunan berat badan dibantu oleh ini.

3 dari 4 halaman

4. Membantu dalam pengelolaan diabetes

Magnesium berlimpah dalam biji labu. Magnesium membantu menurunkan gula darah, yang bermanfaat bagi mereka yang mengalami diabetes melitus.

Anda bisa memasukkan biji labu untuk diet diabetesmu karena biji labuh efektif dalam pengobatan diabetes.

5. Melindungi dari kanker

Mengkonsumsi biji labu dalam jumlah yang cukup bisa menurunkan kanker kolorektal, payudara dan perut. Ini karena kandungan antioksidan yang kaya dalam bijinya.

Karotenoid yang terkandung dalam biji labu juga bisa menangkal kanker prostat.

4 dari 4 halaman

6. Pelindung jantung

Hati kita sangat diuntungkan jika memakan biji labuh. Mereka termasuk antioksidan yang melindungi hati dari beberapa penyakit.

Karena magnesium dalam biji labu, tekanan darah kita berkurang. Selanjutnya, magnesium menurunkan kadar trigliserida dan LDL (kolesterol jahat). Akibatnya, ada kemungkinan lebih rendah terkena penyakit jantung. Selain itu, serat dalam biji labu bisa menurunkan kolesterol dan melindungi jantung kita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.