Sukses

Cegah Kanker hingga Turunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Berikut ini 8 manfaat wortel untuk kesehatan tubuh manusia

Liputan6.com, Jakarta - Wortel merupakan sayuran yang berasal dari umbi-umbian. Sayuran ini memiliki nama latin Daucus Carota. Wortel pertama kali ditanam di area yang saat ini kita kenal dengan nama Afghanistan, sekitar tahun 900-an. Saat itu, wortel memiliki rasa yang cenderung pahit seperti kayu.

Sebelum wortel oranye yang wangi muncul, para petani terlebih dahulu mengembangkan berbagai jenis wortel. Mulai dari wortel ungu, merah, kuning dan putih. Wortel yang ada sekarang konon dikembangkan oleh para petani di Belanda pada abad ke-16.

Dilansir dari laman Web MD, Jumat (12/8/2022), wortel kaya akan kandungan vitamin A. Wortel juga mengandung air antara 86-95%. Selain itu, umbi satu ini juga mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram wortel terkandung:

- Kalori sebanyak 41

- Air kurang lebih 88%

- Protein sebanyak 0,9 gram

- Karbohidrat sebanyak 9,6 gram

- Gula sebanyak 4,7 gram

- Serat sebanyak 2,8 gram

- Lemak sebanyak 0.2 gram

Sementara itu, kandungan vitamin dalam 1 cup (sekitar 50 gram) wortel mampu memenuhi 73% kebutuhan harian vitamin A, 9% kebutuhan harian vitamin K, 8% kebutuhan potasium dan serat, 5% kebutuhan harian vitamin C dan 2% kebutuhan harian kalsium dan zat besi.

Ya, wortel memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini penjelasan tentang 8 manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, wortel merupakan salah satu bahan makanan yang sangat bagus dimasukkan ke dalam menu diet harian.

Anda bisa menjadikannya salad, sup, atau mengolahnya menjadi jus. Ini karena wortel secara alami rendah kalori dan penuh nutrisi yang dapat membantu upaya penurunan berat badan Anda.

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kandungan karotenoid atau vitamin A. Mengonsumsi wortel tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan mata, tapi juga bisa mencegah berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan mata (seperti rabun senja).

Rabun senja merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan melihat saat berada di ruangan gelap. Selain itu, kandungan karotenoid dan zeaxanthin dalam wortel juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Wortel memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini tidak hanya mampu membantu melancarkan proses pencernaan makanan, tapi juga membersihkan usus secara efektif. Serat juga bermanfaat dalam mengatur kadar gula darah dan menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam wortel yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Misalnya saja kandungan polifenol dalam wortel yang telah terbukti meningkatkan sekresi empedu, yang menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Serat dalam wortel juga membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, satu wortel berukuran sedang menyediakan sekitar 4% kebutuhan kalium harian seseorang. Kalium diketahui dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, dan masalah kardiovaskular lainnya.

5. Mencegah Kanker

Wortel mengandung senyawa anti kanker berupa falcarinol, yang dapat membantu menghancurkan sel kanker. Penelitian menemukan bahwa wortel dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru-paru.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Wortel mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan (seperti vitamin B6 dan K, kalium, serta fosfor). Di mana kandungan nutrisi tersebut berkontribusi pada kesehatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis.

4 dari 4 halaman

7. Mengendalikan Gula Darah

Pengidap diabetes disarankan untuk mengonsumsi sayuran non-tepung, termasuk wortel. Ini karena serat dalam wortel dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Wortel juga kaya akan vitamin A dan beta-karoten, yang menurut penelitian dapat menurunkan risiko diabetes.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang terkandung di dalam wortel adalah vitamin C. Selain dapat melawan radikal bebas, vitamin C juga mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah infeksi. Sehingga dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.