Sukses

Pakar Ungkap Cara Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Terinfeksi Covid-19

Pakar mengungkapkan cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi covid-19, tidak ada habisnya berita palsu tentang cara terbaik untuk mengobati atau mencegah infeksi covid.

Para ahli di ZOE, aplikasi penelitian yang menjalankan studi terbesar di dunia tentang gejala covid dan nutrisi terkait covid, mengatakan bahwa data mereka menunjukkan bahwa membuat beberapa perubahan sederhana pada pola makan Anda dapat menurunkan peluang Anda untuk dirawat di rumah sakit hingga 40 persen.

Cara terbaik untuk meningkatkan respons sistem kekebalan Anda terhadap covid adalah dengan divaksinasi lengkap, namun Anda bisa mendapatkan dorongan tambahan dari mengubah pola makan normal Anda.

"Usus dan sistem kekebalan saling mendukung."

Para ahli di ZOE melanjutkan: "sistem kekebalan Anda membantu menjaga usus Anda tetap sehat, dan apa yang Anda makan dan minum dapat berdampak signifikan pada kekebalan Anda."

Sistem kekebalan tubuh Anda adalah sistem sel, organ, dan jaringan kompleks yang mendeteksi dan menetralisir patogen asing, seperti virus corona.

Meskipun para ilmuwan masih mengeksplorasi cara kompleks sistem kekebalan ini menghancurkan benda asing, penelitian ZOE menemukan hubungan antara kesehatan usus yang baik dan pertahanan alami yang lebih kuat terhadap infeksi serius.

Dalam studi jangka panjang mereka, ZOE menemukan bahwa ada 15 mikroba di usus Anda yang meningkatkan proses ini. Jadi, memiliki pola makan yang tidak sehat, atau minum antibiotik, dapat menghilangkan bakteri yang bermanfaat dan menyebabkan respons kekebalan yang berkurang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makan-makanan sehat

Untuk menjaga mikroba sehat ini, penelitian mereka menyarankan makan makanan yang sehat, kaya akan:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Biji-bijian utuh
  • Ikan berminyak atau kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Banyak makanan fermentasi yang ramah usus

 

Makan makanan yang sehat, dengan makanan yang meningkatkan mikroba ini, sejalan dengan penurunan berat badan dan kesehatan fisik yang lebih baik secara keseluruhan.

Tinjauan British Medical Journal terhadap 54 penelitian berbeda menemukan bahwa orang gemuk 45 persen lebih mungkin tertular covid, serta lebih mungkin mengembangkan gejala serius dan meninggal karena virus.

Ada banyak suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap virus corona, tetapi para ahli data di ZOE memperingatkan tentang pengesahan manfaat kesehatan, dengan mengatakan: "Produsen yang mengklaim suplemen mereka melawan COVID kemungkinan hanya mencari untuk menghasilkan uang.

"Ini bukan untuk mengatakan bahwa suplemen mereka berbahaya, tetapi mereka bukan pengganti untuk divaksinasi dan mengambil tindakan pencegahan lain yang terbukti ampuh, seperti memakai masker."

3 dari 5 halaman

4 Trik Menurunkan Berat Badan ala Orang Jepang

 Memiliki tubuh langsing dan ideal tentu menjadi idaman banyak individu, khususnya kaum hawa. Berbagai cara pun dilakukan agar memiliki tubuh impian, mulai dari diet, olahraga dan pola hidup sehat.

Sementara makan yang seimbang dan latihan fisik setiap hari adalah kunci untuk menurunkan berat badan, tapi jika Anda sulit menerapkannya dalam kehidupanmu, maka Anda bisa mencoba trik orang Jepang untuk membantu mengurangi kelebihan berat badan di tubuhmu.

Orang Asia, khususnya Jepang dikenal panjang umur dan bahagia yang disertai penampilan fisik yang menunjang. Rahasianya terletak pada ritual sehat khusus mereka.

Untuk itu, ketahui beberapa trik orang Jepang yag akan membantumu dalam meningkatkan penurunan berat badan, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (13/7/2022).

1. Konsumsilah satu porsi sayuran terlebih dahulu

Budaya makan orang Jepang berfokus pada mengonsumsi sayuran terlebih dahulu sebelum menikmati makanan lain.

Memiliki porsi sayuran yang baik sebelum makan bisa membuat Anda merasa lebih kenyang. Oleh karena itu, kendalikan porsinya.

Selain itu, menurut orang Jepang, mengonsumsi sayuran saat perut kosong bisa mencegah lonjakan kadar gula dalam tubuh dan pelepasan insulin secara massal, sehingga membantu menurunkan berat badan.

4 dari 5 halaman

2. Jangan minum air atau minuman apa pun saat makan

Makan sambil minum bisa membahayakan atau mengganggu sistem pencernaanmu. Air mengimbangi Ph asam lambung yang membuatnya sangat sulit bagi tubuh untuk memecah makanan.

Di Jepang, orang biasanya tidak menambahkan air atau minuman apa pun ke dalam makanan mereka dan bahkan jika mereka menambahkan sup panas yang pedas.

Juga, pastikan bahwa selain makan, Anda meraih minuman yang menghidrasi sehat dan menghindari teh atau kopi yang kaya kafein.

 

3. Mandi air panas

Mandi air panas membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, melancarkan pencernaan dan membantu detoksifikasi pori-pori yang selanjutnya membantu menurunkan berat badan.

Di Jepang, orang-orang bersantai di pemandian setengah badan selama 20-30 menit di mana mereka mengisi bak mandi menjadi dua sehingga ketinggian air di bawah area jantung.

Mandi air panas juga memberi kita relaksasi yang membuat tidur lebih nyenyak, yang semuanya membantu mengatur berat badan.

 

5 dari 5 halaman

4. Kunyah makanan Anda dengan benar

Teknik penurunan berat badan Jepang percaya dalam membangun tubuh yang sehat dan bisa memacu proses penurunan berat badan dan untuk ini, mereka meningkatkan metabolisme mereka dengan mengadopsi kebiasaan sehat.

Ini adalah salah satu trik terbaik untuk orang yang mengonsumsi makanan dalam porsi besar dan tidak bisa mengontrol ukuran porsinya.

Mengunyah makanan Anda dengan benar membawa perasaan kenyang dan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, memperlancar proses pencernaan. Di sisi lain, jika Anda tidak mengunyah makanan dengan benar, itu akan membuat pencernaan makanan menjadi sulit karena air liur tidak akan bisa memecah makanan dengan benar. Pastikan Anda mengunyah setiap gigitan sebanyak 30 kali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • COVID

  • kekebalan Tubuh