Sukses

Waspada, Kuku Putih Pucat Bisa Jadi Gejala Gagal Jantung atau Penyakit Liver

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia adalah entitas ajaib yang sering dapat memberikan sejumlah petunjuk dan gejala yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Dari perubahan tekstur kulit hingga sensasi yang tidak biasa dan perubahan kuku; petunjuknya ada. Mengetahui apa yang mungkin ditunjukkan oleh perubahan ini adalah langkah pertama menuju kehidupan yang lebih sehat dan berpotensi menyelamatkan nyawa.

Perubahan kuku adalah cara sederhana untuk memeriksa kesehatan Anda dan dapat menunjukkan kekurangan vitamin, masalah dengan hati atau kondisi jantung yang serius. Pakar kesehatan memperingatkan jika bercak kuku Anda berubah menjadi warna pucat atau putih, itu tidak boleh diabaikan.

Kuku pucat

Meskipun mereka dapat memiliki banyak penyebab lain, jari tangan dan kuku pucat adalah tanda umum penuaan, kata para ahli kesehatan. Dalam satu survei terhadap pasien di atas usia 60 tahun, hampir tiga dari empat orang mengalami kuku pucat dan kusam.

Namun, kuku pucat dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius pada beberapa individu. Menurut WebMD, kuku yang sangat pucat terkadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti:

  • Anemia
  • Gagal jantung kongestif
  • Penyakit hati/liver
  • Malnutrisi 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Kuku putih

Namun, jika kuku sebagian besar berwarna putih, dengan pinggiran yang lebih gelap, ini dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Pemutihan kuku secara keseluruhan umumnya terlihat pada kasus-kasus masalah ginjal, di mana ada kekurangan protein dalam tubuh.

“Kuku putih dengan pita merah muda di bagian atas dasar kuku disebut kuku Terry, dan mungkin menandakan kondisi kesehatan yang serius,” kata On Health.

Situs itu menambahkan: "Area bulan sabit putih di dasar kuku Anda disebut lunula, bahasa Latin untuk "bulan kecil."

"Dengan kuku Terry, lunula tidak bisa dibedakan dari sisa kuku dan ketika ini muncul, itu menunjukkan pembuluh darah tubuh Anda telah berubah di bawah kuku Anda."

Meskipun kuku Terry mungkin menunjukkan kondisi serius, itu juga dapat muncul pada manula sebagai bagian normal dari penuaan Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda melihat ada perubahan pada warna kuku Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau hati.

Gagal jantung kongestif terjadi ketika ruang ventrikel jantung tidak lagi memompa darah sebagaimana mestinya. Ini biasanya akibat jantung menjadi terlalu kaku, atau menjadi rusak karena kondisi lain yang mendasarinya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, perubahan warna pada kuku Anda disebabkan oleh "pengurangan vaskularisasi" akibat ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif, serta "pertumbuhan jaringan ikat yang berlebihan."

3 dari 5 halaman

Kecanduan Kafein, Ini Tanda-Tanda Anda Minum Terlalu Banyak Kopi

Baik itu secangkir kopi panas yang mengepul atau secangkir teh yang menyegarkan, minuman berkafein adalah rutinitas bagi banyak orang.

Dengan kemudahan mendapatkan kopi yang siap minum dan cara menjadi pilihan untuk membuat kita merasa lebih waspada, tak heran jika kita begitu sering mengonsumsi kafein.

Bagaimanapun, kafein bisa bekerja bak narkoba, dan narkoba bisa membuat ketagihan. Dan siapa pun yang menelan terlalu banyak mempertaruhkan kesehatan mereka.

Kecanduan kafein: apa itu?

Untuk digolongkan sebagai 'kecanduan', berarti seseorang mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dan berbahaya dari hari ke hari - dan melakukannya dalam jumlah sedemikian rupa sehingga memiliki efek negatif pada interaksi sosial, kesehatan mereka, dan area lain dalam kehidupan mereka.

Untuk meningkatkan energi dengan cepat, banyak dari kita bergantung pada kafein, yang dalam jumlah sedang tidak berbahaya.

Tetapi mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak sehat bisa menjadi sangat berbahaya, menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Menurut NHS Tayside, jika Anda terbiasa mengonsumsi stimulan ini dalam jumlah besar, Anda harus berhati-hati untuk menguranginya terlalu cepat, karena hal itu dapat menyebabkan sakit kepala penarikan, biasanya terjadi sekitar 18 jam kemudian.

4 dari 5 halaman

Ini hanya stimulan ringan - bisakah kafein benar-benar berbahaya?

Pasti bisa, tapi hanya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ini dapat menempatkan ketegangan yang tidak semestinya pada jantung dan menyebabkan tekanan darah meningkat. Demikian menurut organisasi medis Mayo Clinic.

Efek samping lainnya termasuk:

  • insomnia
  • kecemasan
  • masalah pencernaan
  • kerusakan otot

 

Banyak gejala kandung kemih dan usus diperparah oleh kafein, sementara kafein tersebut bisa sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil, menyusui atau mencoba untuk hamil.

NHS mengatakan: "Kadar kafein yang tinggi dapat menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir rendah, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari.

"Kadar kafein yang tinggi juga dapat menyebabkan keguguran. Periksa label minuman energi karena mereka sering mengatakan minuman itu tidak cocok untuk anak-anak atau wanita hamil."

Apa risiko lain dari minuman berkafein?

Minuman berkafein dapat menyebabkan kerusakan melalui bahan-bahan lainnya, tidak hanya dari kafein.

Victoria Taylor, ahli diet British Heart Foundation, mengatakan: "Gula, sirup, susu murni, lemak jenuh dan krim menambah kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol."

Jadi berapa jumlah kafein yang masuk akal?

Victoria mengatakan jumlah yang tepat dan dapat memaafkan adalah sekitar empat hingga lima cangkir teh atau kopi sehari.

Dia berkata: "Penelitian menunjukkan bahwa tingkat asupan kafein ini seharusnya tidak merusak kesehatan jantung Anda, memengaruhi kadar kolesterol atau irama jantung Anda."

Namun, NHS menunjukkan bahwa: "Kafein memengaruhi beberapa orang lebih dari yang lain, dan efeknya dapat bergantung pada seberapa banyak kafein yang biasanya Anda konsumsi."

Adapun minuman energi, orang tidak boleh menelan lebih dari 400ml per hari.

5 dari 5 halaman

Cara mengurangi kafein ke tingkat yang sehat

Jika Anda berencana untuk mengurangi kafein, Anda mungkin lebih baik melakukannya perlahan-lahan, mungkin dengan mengurangi asupan Anda setengah cangkir sehari selama periode tujuh hari.

Menurut selebaran pengurangan kafein NHS, ini akan memungkinkan Anda untuk membangun ke tingkat di mana Anda mengonsumsi kurang dari lima minuman yang mengandung kafein seminggu.

Pilihan lain adalah beralih ke teh dan kopi rendah kafein, teh buah atau herbal, atau jenis minuman lainnya.

Tingkat kafein yang sehat dalam tubuh telah memberikan beberapa manfaat, menurut Mayo Clinic, termasuk beberapa perlindungan terhadap:

  • Diabetes tipe 2
  • penyakit Parkinson
  • Penyakit hati, termasuk kanker hati
  • Serangan jantung dan stroke