Sukses

Macan di Kebun Binatang Ohio Mati Usai Terinfeksi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Seekor harimau di kebun binatang Ohio, Amerika Serikat, mati setelah menderita pneumonia yang disebabkan oleh Covid-19. Hal ini diumumkan oleh pihak kebun binatang itu pada Rabu (29/6/2022).

Jupiter, harimau Amur berusia 14 tahun, meninggal hari Minggu (26/6/2022), tulis Columbus Zoo and Aquarium dalam sebuah posting Facebook. Menurut pihak kebun binatang, Jupiter telah menjalani pengobatan jangka panjang untuk penyakit kronis yang mendasarinya, yang membuatnya lebih rentan terhadap virus ini.

Harimau itu adalah hewan pertama di kebun binatang yang mati karena Covid-19, katanya. Pihak kebun binatang mengatakan Jupiter awalnya dilaporkan sakit pada 22 Juni silam. Harimau itu tidak mau makan dan enggan bergerak, berdiri, atau berinteraksi dengan penjaga.

"Ketika ini berlanjut ke hari berikutnya, Jupiter dibius untuk pemeriksaan dan perawatan," kata pihak kebun binatang dilansir dari NBC News

Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa hewan tersebut memiliki infeksi dan pengobatan pun diberikan.

"Sayangnya, Jupiter tidak membaik dengan perawatan ini dan tetap enggan untuk bergerak dan makan," kata pihak kebun binatang.

Hari berikutnya, harimau itu diberi perawatan tambahan dan menjalani lebih banyak tes diagnostik. Dia tampak stabil, tetapi meninggal semalam, katanya. Kebun binatang mengatakan bahwa sebagai tindakan pencegahan, staf yang bekerja dengan kucing, kera besar, dan mustelid, seperti berang-berang dan serigala, akan diminta untuk mengenakan masker ketika berada dalam jarak enam kaki dari hewan karena hewan-hewan ini lebih rentan untuk tertular Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Buat Pengunjung Kebun Binatang Sedih

Jupiter lahir di Kebun Binatang Moskow pada 9 Juli 2007, dan tiba di Kebun Binatang dan Akuarium Columbus pada 19 Maret 2015, setelah menghabiskan beberapa waktu di Kebun Binatang Dvur Kralove di Republik Ceko, kata kebun binatang Columbus.

Harimau itu menjadi bapak sembilan anak, dengan enam dilahirkan di kebun binatang Columbus, yang menurut para pejabat berkontribusi untuk masa depan dari spesies yang terancam punah ini.

"Tim perawatan Jupiter mengingatnya sebagai harimau besar dan mengesankan yang menyukai ikan, tidur di gua habitat, bermain dengan kotak kardus, dan berinteraksi dengan barang favorit lainnya, dia seberat 75 pon yang berat bagi penjaga untuk dipindahkan. tapi sesuatu yang dibawanya seperti tidak ada bobotnya," kata pihak kebun binatang.

"Jupiter akan sangat dirindukan," kata pihak kebun binatang yang mengundang para pengikutnya untuk berbagi kenangan favorit mereka tentang harimau di bagian komentar.

Postingan tersebut menerima ratusan komentar, dengan banyak yang mengingat pertemuan mereka dengan harimau itu.

"Dia adalah harimau yang cantik. Saya ingat pertama kali keluarga saya melihatnya setelah dia tiba di kebun binatang, kami sangat terkejut betapa kerasnya dia!! Saya sangat menyesal atas kehilangan Anda," tulis seseorang.

"Hatiku hancur, dia adalah hewan pribadi favoritku di Kebun Binatang, aku senang bisa mengenalnya selama 7 tahun terakhir dan mengingat foto-foto menakjubkan yang aku ambil dari Bocah Tampan ini," kata yang lain.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    COVID-19 omicron
  • harimau