Sukses

5 Latihan Penurunan Berat Badan Ini Dapat Dilakukan dalam 30 Menit

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghancurkan lemak tubuh ada sejumlah faktor yang berperan. Cara yang baik untuk menghilangkan kelebihan kalori adalah dengan berolahraga secara teratur.

Berapa banyak berat badan yang Anda turunkan tergantung pada jumlah olahraga yang ingin Anda lakukan dan seberapa konsisten Anda dengan diet Anda.

Bila dikombinasikan dengan rencana diet sehat, olahraga dapat membantu mencapai tubuh impian lebih cepat.

Jika Anda benar-benar ingin melihat hasil yang tercermin pada skala dan terus membuat kemajuan dari waktu ke waktu, Anda harus berkomitmen untuk berolahraga setidaknya empat hingga lima hari seminggu.

Latihan yang membakar kalori paling banyak selama 30 menit meliputi:

  • Lari (16 km/jam) - 733 kalori
  • Latihan Elliptical - 466 kalori
  • Sepeda statis - 444 kalori
  • Step aerobic - 422 kalori
  • Berjalan – 200 kalori

 

“Pertama-tama, lari intensitas rendah yang lambat, umumnya berdurasi lebih dari 30 menit, cenderung mengirim tubuh Anda ke dalam penyimpanan lemak yang terbakar sebagai bahan bakar daripada karbohidrat,” kata Runners World.

“Lari membanjiri tubuh Anda dengan adrenalin, merangsang pelepasan lemak dari sel-sel Anda, yang dipecah dengan berlari.'

“Ini berarti Anda akan membakar lemak dengan cepat selama satu setengah bulan pertama ini.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Manfaat berjalan kaki

Membakar 200 kalori dalam 30 menit berjalan kaki mungkin tidak sebanyak latihan lainnya, tetapi dampak rendahnya seringkali sangat direkomendasikan oleh para ahli.

Berjalan dapat membantu mencegah beberapa kehilangan otot yang mungkin terjadi saat memotong kalori untuk menurunkan berat badan.

Ini membantu meminimalkan penurunan tingkat metabolisme yang terjadi saat Anda menurunkan berat badan, membuat berat badan ideal lebih mudah untuk dipertahankan.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Penelitian dari Lawrence Berkely National Laboratory menemukan bahwa pejalan kaki cepat memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan pelari.

Mereka sampai pada kesimpulan ini dengan membandingkan data dari dua penelitian terhadap 33.060 pelari dan 15.045 pejalan kaki.

Para ilmuwan menemukan bahwa dengan jumlah energi yang sama yang digunakan, pejalan kaki menuai jauh lebih banyak manfaat jantung daripada pelari.

Risiko penyakit jantung berkurang 4,5% untuk pelari dibandingkan dengan 9,3% untuk pejalan kaki.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat bersepeda

Harvard Health juga menemukan manfaat bersepeda tidak hanya untuk menghilangkan lemak.

Para peneliti menemukan bahwa orang dengan berat 70 kg dapat membakar sekitar 260 kalori per 30 menit bersepeda dengan kecepatan sedang, atau hingga 298 kalori per 30 menit dengan kecepatan sedang.

Tidak hanya itu, bersepeda ternyata juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan, menurunkan gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4 dari 5 halaman

5 Rahasia Menumbuhkan Rambut Sehat Secara Alami

Memiliki rambut tebal dan indah tentu diidamkan banyak individu, khususnya kaum hawa. Beberapa dari kita beruntung dilahirkan dengan rambut tebal dan berkilau alami, tapi bagi segelintir individu, perlu usaha untuk memiliki rambut impian.

Rata-rata, rambut tumbuh sekitar 0,5 inci per bulan. Itu setara dengan sekitar 6 inci pertumbuhan rambut setiap tahun.

Namun seringkali, pertumbuhan itu terasa minimal, terutama ketika kebanyakan individu kehilangan antara 50 dan 100 helai rambut setiap hari.

Untuk itu, ketahui beberapa rahasia menumbuhkan rambut sehat, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (25/6/2022).

1. Menggunakan jus bawang

Bawang memang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Namun ternyata bawang juga bisa membantumu mendapat rambut indah yang Anda impikan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jus bawang bisa ditambahkan ke rutinitas perawatan rambutmu.

Sebagai permulaan, Journal of Dermatology percaya bahwa mengoleskan jus bawang ke kulit kepala bisa membantu pertumbuhan kembali rambut.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa individu dengan alopecia areata yang mengoleskan jus bawang dua kali sehari ke kulit kepala mereka melihat pertumbuhan rambut setelah dua minggu.

2. Pijat kulit kepala

Salah satu dari banyak cara untuk mempercepat proses pertumbuhan dan membuat rambutmu lebih panjang dalam waktu singkat yakni dengan memijat kulit kepalamu.

Tujuan dari pijatan yakni untuk meregangkan sel-sel folikel rambut dan memicunya untuk menghasilkan rambut individu yang lebih tebal.

Menurut sebuah studi tahun 2019, hampir 69% peserta melaporkan bahwa alopecia mereka telah membaik berkat rutin memijat kulit kepala.

5 dari 5 halaman

3. Menggunakan minyak rosemary

Jika Anda menginginkan untaian tebal, kemungkinan besar Anda mencari produk dan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa minyak esensial rosemary sama efektifnya dengan minoxidil (obat yang digunakan untuk menyembuhkan rambut yang menipis).

4. Mengurai rambut sebelum tidur

Anda harus terlebih dahulu mengurai rambutmu sebelum menatanya. Mengurai rambut di malam hari menjamin rambut tetap bebas kusut saat tidur dan agar menata rambut lebih mudah di pagi hari.

Untuk memastikan rambut bebas rusak, luangkan waktumu, kerjakan dalam bagian-bagian kecil, melembabkan rambutmu, gunakan sisir kayu bergigi lebar, dan mulai dari ujung rambut sebelum ke atas.

5. Meninggalkan sampo

Meninggalkan sampo dalam rutinitas perawatan rambut memang terdengar mustahil bagi banyak individu. Tapi sampo menjadi produk kebersihan yang tidak perlu karena baru ada sejak tahun 1930.

Juga, sampo standar bisa merusak rambut dengan menghilangkan minyak alami sehat yang diproduksi oleh kulit kepala.