Sukses

FDA Beberkan Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Anak di Bawah 5 Tahun

Kedua vaksin dikatakan menghasilkan efek samping ringan pada anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menandatangani vaksin untuk orang Amerika yang berusia di bawah 5 tahun, yang memungkinkan suntikan untuk segera dimulai.

Langkah itu dilakukan sehari setelah Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) mengeluarkan tiga otorisasi baru untuk vaksin Covid-19. FDA pada hari Jumat (17/6/22) mengizinkan suntikan Pfizer untuk anak-anak antara 6 bulan dan 4 tahun, dan suntikan Moderna untuk anak-anak antara 6 bulan dan 5 tahun. 

Selain itu, vaksin Moderna sudah diberi lampu hijau untuk anak-anak berusia 6 hingga 17 tahun. Sebelumnya, satu-satunya vaksin yang tersedia untuk kelompok usia tersebut adalah vaksin Pfizer, yang disahkan FDA tahun lalu untuk anak-anak berusia 5 tahun ke atas.

Administrasi Biden berjanji untuk mulai mengirimkan hingga 10 juta dosis ke negara bagian, apotek, dan pusat kesehatan masyarakat segera setelah otorisasi FDA.

"Kami berharap vaksinasi akan dimulai dengan sungguh-sungguh paling cepat Selasa (21/6/22), dan benar-benar bergulir sepanjang minggu itu," kata Dr. Ashish Jha, koordinator tanggap Covid-19 Gedung Putih, pada briefing awal bulan ini. 

Dia mencatat bahwa banyak kantor dokter mungkin ditutup untuk liburan federal Juneteenth pada hari Senin. Inilah yang harus diketahui orang tua tentang pilihan vaksin mereka, jadwal peluncuran dan efek samping yang diharapkan dari suntikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Perbedaan Antara Kedua Vaksin?

Vaksin pediatrik Pfizer dan Moderna berbeda dalam beberapa hal. Pfizer adalah seri tiga dosis, dengan dua suntikan pertama diberikan dalam jarak tiga minggu dan suntikan ketiga setidaknya dua bulan setelah yang kedua. 

Setiap dosis sepersepuluh dari versi dewasa. Vaksin Moderna terdiri dari dua dosis yang diberikan dengan selang waktu empat minggu. Setiap dosis adalah seperempat dari dosis dewasa.

"Karena ada tiga dosis, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kekebalan di antara anak-anak dalam kelompok usia ini yang menerima vaksin Pfizer," kata Dr. Cody Meissner, kepala penyakit menular pediatrik di Rumah Sakit Anak Tufts di Boston. Meissner berada di panel penasihat FDA yang mengevaluasi vaksin pada hari Rabu.

Kedua suntikan juga menunjukkan khasiat yang berbeda dalam uji klinis. Vaksin Pfizer mengurangi risiko infeksi simtomatik hingga 80% pada anak-anak antara usia 6 bulan dan 4 tahun. 

Tapi itu berdasarkan sejumlah kecil kasus: Tiga kasus bergejala muncul pada kelompok yang divaksinasi, sementara ada tujuh kasus pada kelompok plasebo. Vaksin Moderna memiliki efikasi 37% pada anak usia 2 sampai 5 tahun, dan 51% pada anak usia 6 sampai 23 bulan. Meissner mengatakan sulit untuk membandingkan efektivitas suntikan sampai ada lebih banyak data kehidupan nyata.

"Saya akan mengalami kesulitan memutuskan mana dari dua vaksin yang akan direkomendasikan," katanya.

"Statistik bisa mempermainkan Anda ketika jumlahnya kecil," tambah Meissner. "Keduanya tampaknya merangsang respons antibodi yang cukup bagus."

3 dari 3 halaman

Efek Samping dari Vaksin Pfizer dan Moderna

Kedua vaksin menghasilkan efek samping ringan pada anak kecil. Banyak peserta uji coba mengalami iritabilitas, kantuk, dan nyeri di tempat suntikan. Dalam percobaan Moderna, 21% hingga 26% anak-anak usia 6 bulan hingga 5 tahun mengalami demam setelah setiap dosis, tingkat yang lebih tinggi daripada yang dilaporkan di kalangan remaja dan orang dewasa.

Demam lebih jarang terjadi pada uji coba Pfizer. Sekitar 7% anak berusia 6 hingga 23 bulan melaporkan demam setelah setiap dosis. Hampir 45% anak usia 2 hingga 4 tahun dalam uji coba Pfizer mengalami kelelahan, dibandingkan dengan 62% anak berusia 3 hingga 5 tahun dalam uji coba Moderna.

Tidak ada percobaan yang melaporkan kasus miokarditis - radang otot jantung. Tetapi FDA mengatakan tidak ada cukup data untuk menentukan risiko miokarditis di antara anak kecil yang menerima vaksin ini. Miokarditis adalah risiko yang diketahui untuk vaksin Pfizer dan Moderna pada orang dewasa dan remaja — terutama untuk pria muda.

Meissner mengatakan dia memilih untuk merekomendasikan kedua vaksin untuk anak-anak karena beberapa anak memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya, termasuk obesitas, penyakit sel sabit dan penyakit jantung, yang dapat menempatkan mereka pada risiko Covid yang parah.

"Risiko bahaya dari vaksin sangat, sangat rendah, tetapi juga penting bagi ibu untuk memahami bahwa risiko penyakit serius dari infeksi sangat, sangat rendah," katanya.

Anak-anak dari segala usia membentuk 1% hingga 5% dari total rawat inap Covid di AS, menurut laporan terbaru dari American Academy of Pediatrics.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.