Sukses

Studi Ungkap Alasan Mengapa Beberapa Orang Rentan Alami Long Covid

Penelitian ungkap faktor risiko tertentu dan juga mengklaim bahwa gen memiliki peran mengapa beberapa orang rentan derita Long Covid.

Liputan6.com, Jakarta Memahami virus SARs-CoV-2 atau Covid-19 dan implikasinya tetap menjadi tugas bagi banyak ilmuwan dan profesional medis. Dengan berbagai varian yang muncul berulang kali, para pembuat vaksin juga menghadapi cukup banyak tantangan. 

Tetapi saat ini, salah satu kekhawatiran utama para ahli kesehatan dan masyarakat umum adalah Long Covid, suatu kondisi yang terjadi pada orang yang memiliki riwayat infeksi virus corona dan masih berjuang melawan efek yang sama.

Terlepas dari apakah seseorang mengalami gejala berat atau ringan, kondisi Covid-19 yang lama atau pasca Covid-19 dapat menyerang siapa saja. Tidak ada yang tahu siapa yang mungkin lebih rentan terhadapnya. Namun, penelitian telah membuat daftar faktor risiko tertentu dan juga mengklaim bahwa gen memiliki peran di dalamnya.

Dalam sebuah studi terobosan besar, yang merupakan salah satu studi pertama yang menghubungkan gen terkait Covid dengan fungsi biologis tertentu, tim peneliti dari University of Sheffield dan Stanford University di AS menemukan bahwa ada indikator genetik spesifik pada orang yang mengalami Long Covid. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell Systems, menggunakan pembelajaran mesin dan mendeteksi lebih dari 1.000 gen yang terkait dengan perkembangan kasus Covid-19 parah yang memerlukan intervensi medis intensif atau berakibat fatal.

"Selama penelitian kami menemukan arsitektur genetik yang mendasari infeksi virus corona, dan menemukan bahwa 1.000 gen ini menyumbang tiga perempat dari penggerak genetik untuk Covid-19 yang parah. Ini penting dalam memahami mengapa beberapa orang memiliki gejala Covid-19 yang lebih parah daripada yang lain," kata Dokter Johnathan Cooper-Knock, Dosen Klinis NIHR di Departemen Ilmu Saraf di Universitas Sheffield dan rekan penulis studi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran genetika menentukan risiko Covid-19 yang parah

Penulis penelitian menggunakan banyak kumpulan data besar untuk memecahkan kode genetika di balik infeksi Covid-19 yang parah. Menurut kumpulan data pertama yang berisi informasi genetik dari jaringan paru-paru manusia yang sehat, terdapat ekspresi gen pada 19 jenis sel paru-paru yang berbeda, termasuk sel epitel yang melapisi saluran pernapasan dan merupakan dinding pertahanan pertama terhadap infeksi.

Para peneliti melihat data lain dari Inisiatif Genetika Host Covid-19 yang membantu mengidentifikasi petunjuk genetik dalam data mutasi DNA, yang disebut polimorfisme nukleotida tunggal. Ini menurut para ilmuwan dapat menunjukkan jika seseorang berisiko lebih besar terkena Covid parah.

Mereka terus melacak mutasi dan menyimpulkan bahwa variasi yaitu mutasi yang terus muncul atau tidak ada pada mereka yang memiliki infeksi parah, mungkin berada di balik keparahan infeksi.

Namun, mutasi genetik bisa sulit untuk ditafsirkan sendiri, itulah sebabnya para peneliti memilih untuk tumpang tindih dengan genom spesifik sel. Ini membantu para peneliti untuk menentukan gen mana yang tidak berfungsi dan di dalam tipe sel mana.

3 dari 3 halaman

Gejala Covid yang parah terkait dengan sel kekebalan yang melemah

Para peneliti, dengan bantuan alat pembelajaran mesin mereka, menentukan bahwa Covid-19 yang parah sebagian besar terkait dengan respons yang melemah dari dua sel kekebalan yang terkenal sel pembunuh alami (NK) dan sel T.

Sel NK, yang dibawa manusia sejak lahir dan merupakan garis pertahanan pertama tubuh melawan infeksi, dikenal karena kemampuannya menghancurkan virus dan sel kanker. Sel NK juga membantu menghasilkan serangkaian protein sistem kekebalan yang disebut sitokin. Salah satu sitokin, interferon gamma, adalah penggerak utama sel kekebalan. Bertindak bersama dengan interferon gamma, sel NK memasang pertahanan langsung dan terkoordinasi terhadap infeksi virus," kata Dokter Cooper-Knock.

"Sel NK seperti jenderal yang mengarahkan perang. Mereka memobilisasi sel kekebalan lain, memberi tahu mereka ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan. Kami menemukan bahwa pada orang dengan infeksi virus corona yang parah, gen kritis dalam sel NK diekspresikan lebih sedikit, jadi ada lebih sedikit respons imun yang kuat. Sel tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan," tambahnya.

Penulis senior studi Profesor Michael P Snyder dari University of Stanford mencatat kesamaan antara gen risiko COVID-19 dan varian berbahaya dari gen BRCA, yang digunakan untuk mempengaruhi beberapa orang terhadap kanker payudara dan ovarium.

Profesor Snyder mengatakan, "Temuan kami meletakkan dasar untuk tes genetik yang dapat memprediksi siapa yang lahir dengan peningkatan risiko Covid-19 parah. Bayangkan ada 1.000 perubahan DNA yang terkait dengan Covid-19 yang parah. Jika Anda memiliki 585 dari perubahan ini, itu mungkin membuat Anda sangat rentan, dan Anda ingin mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid