Sukses

Kasus Positif Covid-19 di Inggris Meningkat Lantaran Varian BA.4 dan BA.5?

Inggris mungkin sedang berada di awal gelombang baru infeksi Covid-19 yang didorong oleh BA.4 dan BA.5.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mengira Covid-19 sudah hilang, pikirkan lagi. Tanda-tanda awal menunjukkan bahwa beberapa negara justru mengalami peningkatan kasus positif, salah satunya ialah Inggris

Inggris mungkin berada di awal gelombang baru infeksi Covid-19 yang didorong oleh BA.4 dan BA.5 sementara data baru menunjukkan varian ini mungkin telah berevolusi untuk mendukung infeksi jaringan paru-paru, yang dapat membuatnya lebih berbahaya.

Jadi apa yang bisa kita harapkan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang? Meskipun BA.2 terus menjadi penyebab sebagian besar infeksi Inggris, data dari Kantor Statistik Nasional hingga 2 Juni menunjukkan bahwa kasus Covid-19 mungkin mulai meningkat lagi di Inggris dan Irlandia Utara, didorong oleh peningkatan BA.4 dan infeksi BA.5. 

Juga mendapatkan tempat di Inggris adalah BA.5.1 (anak dari BA.5), dan subvarian BA.2.12.1 (strain Covid dominan AS), yang dipantau oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

BA.4 dan BA.5 secara resmi ditunjuk sebagai varian yang menjadi perhatian di Inggris pada 20 Mei, setelah pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan selama Januari dan Februari tahun ini.

Menurut data ONS terbaru, sekitar satu dari 70 orang di Inggris diperkirakan memiliki Covid-19 dalam seminggu hingga 2 Juni. Di Irlandia Utara sekitar satu dari 65, di Wales sekitar satu dari 75 dan di Skotlandia sekitar satu dari 40.

Di Afrika Selatan, BA.4 dan BA.5 bertanggung jawab atas gelombang kedua infeksi Omicron yang dimulai pada awal Mei, yang sekarang tampaknya mulai mereda. Namun, Afrika Selatan tidak terkena varian BA.2 yang sangat menular dengan cara yang sama di Inggris, dan para ilmuwan berharap bahwa tingkat kekebalan yang tinggi dari infeksi baru-baru ini dengan BA.2 dan vaksin penguat mungkin cukup untuk mencegah penyakit yang lebih baru ini. 

Namun, dengan berkurangnya kekebalan dari dosis vaksin ketiga di sebagian besar kelompok populasi, dan hanya di atas 75-an, dan kelompok yang sangat rentan telah ditawari dosis "penguat musim semi", ini tidak dapat dijamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infeksi alami dengan Omicron tidak menghasilkan respon imun yang kuat

Infeksi baru-baru ini dengan varian BA.1 atau BA.2 Omicron tidak selalu melindungi terhadap infeksi ulang dengan BA.4 atau BA.5. Menurut penelitian yang diterbitkan di Science pada hari Selasa (14/6/2022), infeksi alami dengan Omicron tidak menghasilkan respon imun yang kuat, terlepas dari apakah para ilmuwan melihat antibodi atau sel-T, yang berarti bahwa orang yang telah pulih dari infeksi Omicron dapat dengan cepat terinfeksi kembali. 

Temuan dari Prof Danny Altmann di Imperial College London dan rekan-rekannya, dapat membantu menjelaskan mengapa tingkat infeksi tetap tinggi di negara-negara seperti Inggris, meskipun sudah banyak yang terinfeksi.

Menurut data awal dari Kei Sato di University of Tokyo dan rekan, BA.4, BA.5 dan BA.2.12.1 mungkin telah berevolusi untuk mendukung infeksi sel paru-paru, daripada jaringan saluran pernapasan bagian atas  membuatnya lebih mirip dengan varian sebelumnya, seperti Alpha atau Delta. 

Kecenderungan varian Omicron sebelumnya untuk lebih memilih menginfeksi jaringan non-paru mungkin menjadi salah satu alasan mengapa infeksi cenderung lebih ringan pada kebanyakan orang.

“Sepertinya hal-hal ini beralih kembali ke bentuk infeksi yang lebih berbahaya, jadi turun ke paru-paru,” kata Dr Stephen Griffin, ahli virologi di University of Leeds.

Eksperimen Sato menunjukkan bahwa BA.4, BA.5 dan BA.2.12.1 mereplikasi lebih efisien dalam sel paru-paru manusia daripada BA.2, sementara eksperimen lebih lanjut pada hamster menunjukkan bahwa BA.4 dan BA.5 dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

3 dari 4 halaman

Memiliki jumlah reproduksi yang lebih tinggi daripada BA.2

Varian ini juga tampaknya memiliki jumlah reproduksi yang lebih tinggi daripada BA.2, sementara percobaan lebih lanjut oleh lab Sato menunjukkan bahwa BA.4 dan BA.5 mungkin resisten terhadap kekebalan yang disebabkan oleh infeksi Omicron sebelumnya (mirip dengan temuan Altmann).

Secara keseluruhan, penyelidikan kami menunjukkan bahwa risiko varian Omicron [ini], terutama BA.4 dan BA.5, terhadap kesehatan global berpotensi lebih besar daripada BA.2 asli,” kata Sato dilansir dari The Guardian.

Itu juga memberi bayaran pada gagasan bahwa virus itu hampir berubah menjadi flu biasa. "Jelas tidak, dan tidak ada tekanan untuk melakukan itu, sungguh," kata Griffin.

Meski begitu, munculnya BA.4 BA.5 dan subvarian lainnya tidak berarti menempatkan kita kembali ke titik awal. Populasi Inggris, pada umumnya, sangat divaksinasi, dan infeksi sebelumnya dengan varian lain juga akan diperhitungkan. Namun, mereka yang belum divaksinasi tetap rentan.

4 dari 4 halaman

BA.4 dan 5 tidak terlalu mematikan

Prof Tulio de Oliveira, direktur Center for Epidemic Response and Innovation di Stellenbosch University di Afrika Selatan, menunjukkan bahwa gelombang BA.4 dan 5 tidak terlalu mematikan dibandingkan gelombang sebelumnya yang menghantam negaranya. Sebagian, ini bisa jadi karena bangsal Covid-19 rumah sakit sebagian besar kosong ketika dimulai, tetapi itu juga mungkin akibat dari tingkat kekebalan populasi yang tinggi.

Namun, rawat inap dan kematian hanyalah sebagian dari gambaran. Kasus Long Covid terus meningkat di Inggris. Menurut data ONS terbaru, 2 juta orang di Inggris diperkirakan hidup dengan Long Covid angka tertinggi sejak survei resmi dimulai.

Jadi, apa yang harus dilakukan? Data tentang kemanjuran booster terhadap subvarian yang lebih baru ini masih kurang, tetapi jika pengalaman sebelumnya diperlukan, kemungkinan besar mereka akan mengembalikan perlindungan kekebalan setidaknya terhadap rawat inap dan kematian. Dosis keempat diharapkan akan ditawarkan kepada lansia di atas 65-an, pekerja kesehatan dan perawatan sosial garis depan, penghuni dan staf rumah perawatan, dan orang-orang yang rentan secara klinis mulai musim gugur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.