Sukses

Anjing Diklaim Bisa Mendeteksi Covid-19 dengan Akurasi Tinggi Lewat Keringat

Sebuah penelitian menawarkan bukti lebih lanjut bahwa anjing memang dapat dilatih untuk mendeteksi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pertanyaan tentang apakah anjing dapat mengendus Covid-19 dan seberapa baiknya, telah menarik minat para peneliti sejak awal pandemi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Rabu (1/6/2022), di jurnal Plos One menawarkan bukti lebih lanjut bahwa anjing memang dapat dilatih untuk mendeteksi Covid-19. Anjing-anjing yang diuji dalam penelitian secara akurat mengidentifikasi 97 persen kasus positif setelah mengendus sampel keringat manusia.

Itu membuat mereka lebih sensitif daripada beberapa tes antigen cepat. Sampel dikumpulkan di pusat-pusat komunitas di Paris dari campuran kasus bergejala dan tanpa gejala, serta orang sehat tanpa Covid-19.

Para peneliti menemukan anjing menjadi sangat baik dalam mendeteksi infeksi tanpa gejala, dengan sensitivitas mendekati 100 persen.

Dilansir NBC News, Jumat (3/6/2022), studi sebelumnya juga menyoroti keterampilan anjing ini. Para peneliti di Florida tahun lalu menemukan bahwa anjing dapat memprediksi tes positif Covid-19 dengan akurasi 73 hingga 93 persen setelah satu bulan pelatihan. Dalam sebuah penelitian di Inggris, anjing secara akurat menunjukkan 82 hingga 94 persen kasus positif.

Studi baru dilakukan pada awal 2021, sehingga anjing-anjing itu mengidentifikasi virus corona asli. Dominique Grandjean, salah satu penulis studi dan seorang profesor di Alfort National Veterinary School di Prancis, mengatakan dia sekarang sedang memeriksa seberapa baik anjing menangkap varian.

Grandjean mengatakan temuannya menunjukkan bahwa anjing mungkin berguna untuk mendeteksi Covid-19 di bandara, panti jompo, sekolah, atau acara olahraga. Anjing telah membantu mengendus Covid-19 di bandara di Arab Saudi, Finlandia, dan Uni Emirat Arab.

Anjing hanya membutuhkan beberapa molekul untuk mengidentifikasi kasus positif, kata Grandjean. Namun Dr Cynthia Otto, direktur Penn Vet Working Dog Center di University of Pennsylvania, mengatakan sulit melatih anjing untuk mendeteksi Covid-19 di dunia nyata.

"Yang ideal, adalah bahwa anjing itu hanya berdiri di sana, seseorang lewat, dan mereka berkata, 'Ya, tidak, ya, tidak, ya, tidak,'" kata Otto. "Itu pada akhirnya bisa dilakukan, tetapi memastikan itu dilakukan dengan semua kontrol yang tepat dan jaminan kualitas dan keamanan - ini adalah langkah besar. Saya belum melihat siapa pun yang mengusulkan bagaimana membuat transisi itu dengan cara yang ilmiah dan aman."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara yang kurang invasif untuk mendeteksi Covid?

Untuk studi baru, para peneliti melatih lima anjing dengan memberi mereka hadiah mainan karena mendeteksi sampel positif Covid-19.

Anjing-anjing itu kemudian mengendus 335 sampel keringat, 109 di antaranya positif pada tes laboratorium PCR. Setiap sampel ditempatkan dalam kotak kecil di belakang kerucut, dengan kerucut berbaris di baris 10. Jika seekor anjing mengira mendeteksi kasus positif, ia akan duduk.

Grandjean memperkirakan hanya butuh 15 detik bagi anjing untuk menganalisis 20 sampel Covid-19 . Ketika mengkategorikan sampel negatif yang dikenal sebagai spesifisitas dalam pengujian anjing-anjing itu sedikit kurang akurat. Mereka mengidentifikasi 91 persen sampel bebas Covid-19 dengan benar, yang berarti mereka memberikan beberapa positif palsu.

Namun, kata Grandjean, anjing menawarkan beberapa keuntungan untuk pengujian Covid-19. Mereka kurang invasif daripada swab hidung atau tenggorokan dan memberikan hasil yang lebih cepat (tidak termasuk waktu pelatihan).

Baik Grandjean dan Otto juga mengatakan bahwa anjing telah menunjukkan kemampuan untuk mendeteksi infeksi lebih awal dalam perjalanan penyakit seseorang daripada tes PCR. Dalam banyak kasus, Grandjean berhipotesis, seseorang yang dites negatif pada PCR tetapi positif menurut penilaian anjing kemungkinan akan dites positif pada PCR dua hari kemudian.

Otto mengatakan bahwa anjing mungkin menjadi alat penyaringan yang berguna untuk menandai kasus potensial yang nantinya dapat dikonfirmasi di laboratorium.

3 dari 3 halaman

Cara anjing mengendus Covid-19

Sebelum pandemi, Grandjean mempelajari apakah anjing bisa mengendus kanker usus besar. Pada 2020, ia mengalihkan fokusnya ke Covid-19. Penelitiannya melibatkan labrador, German shepherds dan Belgian shepherds, dan dia sebelumnya menemukan bahwa anjing dapat mendeteksi Covid-19 dari mengendus masker seseorang.

Sebagian alasan anjing dapat melakukan itu, kata Grandjean, adalah karena mereka memiliki organ di hidung mereka yang disebut organ Jacobson, yang membantu mereka mengidentifikasi bau yang tampaknya tidak berbau bagi manusia. Begitulah cara anjing menangkap protein virus corona.

Anjing juga dapat mencium bau senyawa organik yang mudah menguap, atau gas yang ditemukan di udara yang dihembuskan, air liur, atau keringat. Grandjean mengatakan Covid-19 memiliki senyawa organik volatil tertentu yang dideteksi anjing, tetapi mereka tidak tahu persis apa itu secara kimiawi.

Grandjean mengatakan ras apa pun dapat mendeteksi Covid-19 jika senang bermain dan tidak memiliki moncong yang memendek. Hewan lain, seperti kucing, memiliki indera penciuman yang sama kuatnya, tambahnya, tetapi anjing lebih mudah dilatih.

Namun, proses pelatihannya sangat teknis, kata Otto. Bau luar dapat mengganggu, dan tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah anjing mencari aroma yang tepat. Anjing diajari menggunakan penguatan positif, strategi serupa digunakan untuk melatih mereka menemukan rayap atau mengendus narkoba. Tapi tentu saja, tidak semua anjing menyukai hadiah yang sama, kata Otto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.